Thursday, 9 January 2014

Wisata Bangkalan: Pantai Siring Kemuning

Eksplorasi tiada henti!
Kali ini saya masih saja tergoda untuk mencari surga di pulau seberang kota saya, ya Pulau Madura. Konon kata mesin pencari di internet di sana banyak terdapat tetesan surga yang jatuh ke Bumi. Tapi malu rasanya karena gajah di pelupuk tak terlihat, entahlah peribahasa ini tepat atau tidak tapi blog yang saya gadang-gadang dengan judul I Love Surabaya malah belum menjelajah lebih dalam tentang Surabaya. 
Awal dari keinginan untuk mengunjungi Pantai Siring Kemuning ini adalah karena beberapa kali diajak ke tempat pengobatan alternatif di kabupaten Bangkalan. Saat perjalanan beberapa kali mendengar dan melihat deburan ombak, saya menduga kalau ada pantai yang bisa di dekat sana. Kesempatan kali ini saya melakukan perjalanan bersama seorang sepupu dan sahabat partner trip saya, yaitu Yuyung. Modal saya dalam perjalanan kali ini adalah motor yang prima, kesehatan, uang secukupnya, dan tentunya pengetahuan dari beberapa ulasan di blog pribadi orang serta rute yang didapat dari google maps. Saya nyatakan modal peta itu cukup membantu.
Dengan mengendarai kendaraan bermotor, kita bisa menempuh Pantai Siring Kemuning sekitar 1 jam persajalanan dari Kota Bangkalan. Lokasi wisata ini termasuk dalam Kecamatan Tanjung Bumi. Kalau dari Surabaya kita mencari arah menuju Jalan Raya Klampis mengikuti jalan ke Jalan Raya Sepulu sampai masuk Kecamatan Tanjung Bumi dan di sebelah kiri kita akan menemui gapura yang menunjukkan masuk Pantai Siring Kemuning. Kalau pembaca bingung, buru-buru deh buka google maps yang menunjukkan lokasi Pantai Siring Kemuning dan tinggal mencari gapura yang saya maksudkan tadi ketika di sana.
Sebenarnya tidak terlalu jauh namun karena kondisi jalan yang lumayan rusak saat saya ke sana jadi harus hati-hati dengan menurunkan kecepatan kendaraan kalau tidak ingin terperosok. Yaaa buat saya lumayan menyakitkan karena tangan saya yang bekas kecelakaan masih ngilu kalau nyetir kena getaran jalan berlubang atau rusak. Waktu itu juga saya tidak bisa gantian dengan Yuyung karena membonceng sepupu saya. Sebenarnya sepupu saya sudah bisa membawa motor tapi dia masih di bawah umur. Kalau saya biarkan, wah bisa-bisa saya dipidana. haha... Curhat sedikit lah, sepupu saya ini adalah anak darri Pakde saya, cuma dia masih duduk di bangku kelas 8 SMP. Kalau menurut silsilah saya harus memanggil dia Mas atau kakak. Dia memanggil saya harusnya adik, tapi kami ini lucu karena masing-masing memanggil dengan nama saja. Orang lain yang mendengarkan kami saling memanggil pasti mengira kalau kami tidak memiliki sopan santun. Satu lagi, kalau diingat-ingat dulu waktu dia bayi saya yang sering menggendong dan mencuci popoknya namun sekarang tingginya sudah melebihi saya dansudah bisa memboncengkan saya naik motor. Terharu, hehe... kayak saya ini ibunya saja karena senang melihatnya tumbuh baik dan berprestasi.
Kembali ke soal Siring Kemuning. Menurut informasi yang saya dapatkan kalau di sana adalah pantai yang sepi tapi ternyata lebih sepi dari Pantai Lombang yang pernah saya kunjungi di Kabupaten Sumenep. Karena secara umum pantai ini terdapat di bagian utara Pulau Madura dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa, harusnya memiliki air yang bening. Mungkin bukan mujur kami datang di setelah turun hujan di sana, ternyata setelah turun hujan memang air laut akan terlihat agak keruh terkena kandungan pasir yang agak berlumpur. Semoga suatu saat dapat mengunjungi lagi pantai ini saat bukan musim penghujan biar bisa membuktikan kalau benar-benar memiliki air yang jernih. Sepi sih sepi bro, tapi mungkin karena saya datang ke sana terlalu pagi, early morning haha...  Jelas jam 7an sudah sampai sana. Akhir kata saya akan mengakhiri tulisan ini dengan foto. Haha...
Ini Sepupu Saya: Mifta

She is our photographer

Photo by: Yuyung

Photo by: Yuyung


10 comments:

  1. salah satu pantai yang aku kira tak seindah kenyataanya. pas berangkat sih ragu, takut pantainya gak sebagus yg ku bayangkang. eh ternyata, bagus juga tapi rodok butek yak hehe
    yuk mari ngeTrip lagi ndah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hehe... rentang waktu bulan ini sampai bulan depan ini wajib kayak'e aku yung, sekalian survey buat TA.

      Delete
  2. wah Indah jalan-jalan terus rek ... ini di Bangkalan nya jauh gak Ndah .. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1 jam dari pas masuk Bangkalan. Sebenarnya bukan jalan2 terus tapi berpetualang itu menantang. hehe...

      Delete
  3. pantainya bagus, mak..

    jalan-jalan nih di blognya mak indah.
    good luck for srikandi blogger 2014 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mak, hehe... Pertama kali ikut Srikandi Blogger nih mak.
      Selain Pulau Garam, Madura juga pulau dengan banyak pantai cantik mak. Coba kalau ke Sumenep.

      Delete
  4. Asyiiik, banget mak bisa berkesempatan menjelajah. jadi kepengeeen ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.... Iya mak, kalau ada kesempatan selalu pengen menjelajah meski masih amatiran. hehe

      Delete
  5. udah beberapa kali dateng kesana tapi sayang saat cuaca lagi gak bersahabat..

    coba ke sini Pantai Siring Kemuning Bangkalan , hasil jalan kita kesana.. :D

    ReplyDelete
  6. bisa dilalui bus besar kah kawan kalau kesana?

    ReplyDelete