Saturday, 12 July 2014

Menikmati Cita Rasa Jepang di Marugame Udon dan Tempura Surabaya

Press conference Marugame Udon dan Tempura TP 3 (03/07/2014)

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 3 Juli 2014, saya berkesempatan menghadiri press conference pembukaan Marugame Udon di Tunjungan Plaza 3 lantai 5 Surabaya. Namanya saja press conference tentunya dihadiri oleh berbagai media cetak maupun elektronik, dan saya sendiri tentunya dari blogger. Restoran ini sebelumnya telah sukses dengan 7 outletnya yang tersebar di Jakarta. Sedangkan yang di TP 3 ini adalah outlet pertama Marugame Udon di Surabaya. Menurut Iwan Liono selaku Marugame Nasional Operation Manager, rencananya di Surabaya sendiri akan dibuka 6 outlet. Wah semoga sukses dan kita tunggu perkembangannya. Oh ya, Marugame Udon dan Tempura TP 3 ini sudah dibuka untuk umum sejak tanggal 5 Juli 2014 lalu. Jangan khawatir kalau kesulitan menemukan tempat ini, karena dari eskalator sudah terlihat dengan jelas. 

Marugame Udon dan Tempura merupakan restoran Jepang dibawah Pt. Sriboga Marugame Indonesia (anak perusahaan PT. Sriboga Group). PT. Sriboga Marugame Indonesia (SMI) ini membawahi Pizza Hut restoran, PHD, dan Marugame Udon sendiri. Restoran ini merupakan franchise dari Marugame Siemen yang berada di bawah naungan Toridoll Corporation yang berdiri pada tahun 1990, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis restauran di Kobe, Jepang. Saat dikonfirmasi status sertifikasi halal untuk Marugame Udon, Budi Setiawan selaku Departement Head Development PT. SMI menjelaskan bahwa proses sertifikasi halal dari MUI sedang berjalan. Beliau juga menambahkan jika persyaratan untuk produk-produk dari PT. SMI sendiri adalah harus halal. 

Iwan Liono, Hajime Kondoh, Budi Setiawan bersama para pegawai
di open kitchen Marugame Udon dan Tempura (03/07/2014)
Marugame Udon yang hadir di Surabaya ini juga memiliki konsep yang sama, yaitu Open Kitchen, Freshly Cooked, dan Self Service jadi konsumen bisa melihat secara langsung proses memasak makanan yang mereka pesan. Konsep freshly cooked terlihat saat konsumen memesan udon dan tempura akan langsung dimasak. Apabila udon yang didisplay lebih dari 20 menit akan langsung ditarik dan diganti dengan yang baru.. Sedangkan konsep self service terlihat dari konsumen yang dipersilakan untuk mengantre di di udon station untuk memilih udon, selanjutnya adalah tempura station dimana konsumen bisa memilih sendiri berbagai macam tempura yang tersedia. Setelah memesan makanan, konsumen dipersilakan menuju kasir dan memilih minum yang diinginkan. Yang unik di Marugame Udon ini selanjutnya adalah terdapat meja kodimen yang menyediakan berbagai macam tambahan pelengkap makanan seperti irisan cabe rawit, daun bawang, wijen, jahe, sampai tenkatsu atau remah-remah tempura yang kriuk.

Marugame Udon memiliki 8 jenis udon, 10 jenis tempura, dan 4 jenis nasi. Ketika konsumen memesan makanan, pegawai akan dengan sigap memberi tahu menu-menu yang menjadi favorit di Marugame Udon. Untuk ocha sendiri, Marugame Udon memberikan konsep gratis isi ulang. Dan saya akui ocha Marugame Udon ini sangat nikmat. Untuk harga menu udon dan nasi sendiri mulai dari Rp 33.000 - Rp 50.000, sedangkan kamage udon paket family harganya Rp 85.000. Untuk tempura sendiri harganya mulai dari Rp 7.000 - Rp 14.000/pcs.
Contoh menu Marugame Udon dan Tempura
Setelah press conference peserta media dipersilakan untuk mengambil takjil dari PHD berupa puding vanilla, coklat, dan mocca serta tortilla bites yang bikin ketagihan. Waktu itu tentu saja saya memilih puding vanilla yang jadi favorit saya dan buavita guava untuk pembatal puasa. Setelah itu tentu saja para peserta dipersilakan untuk memilih udon yang ingin mereka cicipi. Saya memilih untuk mencicipi beef curry udon, yaitu udon dengan lembaran daging sukiyaki yang disiram dengan kuah kari yang kental. Untuk tempura saya memilih kakiage atau tempura sayur yang memiliki ukuran sebesar buah jeruk yang besar dan tempura nasi jepang yang dibalut kulit tahu.
Beef Curry Udon, Tempura, dan Ocha yang jadi menu buka puasa saya

Untuk Curry Udon rasanya memang juara, kenyalnya udon dipadu dengan gurihnya kari kental menjadi perpaduan rasa yang khas. Tempura yang saya pesan juga enak rasanya. Kakiagenya kriuk dan yang paling saya suka rasa lembut dari kulit tahu yang membalut manisnya nasi Jepang. Kapan-kapan saya mau coba Niku Udon dan tempura-tempura yang lain. Akhir kata, saya suka dengan menu-menu yang saya pesan. Memang juara tekstur dan rasanya. Terima kasih Marugame Udon dan Tempura TP 3 yang sudah mempersilakan saya sebagai blogger untuk hadir dan mencicipi menu-menu di sana. Semoga sukses selalu. 

2 comments:

  1. mak,,,sebenarnya aku udah daftar acara ini,,,mau ikutan,,tapi jauh dari rumah mak,,jadinya nggak ikut,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aslinya diundang yang tanggal 4 mak tapi pas tanggal 3 itu dua jam sebelum acara ditelpon disuruh datang ke konferensi persnya. Coba aja KEB bebarengan ke sana, bisa bukber gratis kita. hehe..

      Delete