Saturday, 22 November 2014

Pengalaman Baru di Starbucks Rest Area Gempol KM 26

Store Starbucks KM 26
Foto Oleh: D. Indah Nurma

Starbucks di rest area Gempol KM 26 merupakan store pertama di luar Jabodetabek yang memiliki layanan drive thru. Jadi ke sini bukan dalam rangka perjalanan ke luar kota tapi sengaja mencoba store baru ajakan dari starbucks pada Komunitas Emak-Emak Blogger di Surabaya. Senang sekali karena kebetulan juga menyukai kopi, ya meskipun pengetahuan tentang kopi masih dangkal sih hehe. Store di sini dibuka sejak 1 November 2014. Saya kira rangkaian acaranya akan membosankan, seperti mendengarkan sejarah starbucks atau pembukaan di sini. Ternyata seru sekali karena selain icip-icip juga diajak coffee tasting dan mencoba layanan drive thru. 

Coffee Tasting
Foto Oleh: D. Indah Nurma
Coffee tasting di store starbucks ini bersama coffee master Zendy. Sebenarnya ritual coffee tasting ini dilakukan di pagi hari di masing-masing store. Kali ini kami tasting kopi Sumatera yang dipadukan dengan cinnamon chocolate marbel cake. Langkah coffee tasting ini menyenangkan sekali apalagi kopinya pahit. Pertama kita smell atau hirup aroma kopinya yang kata penjelasan Kak Zendy mirip seperti bau tanah sehabis hujan yang suka bikin galau jomblo itu, haha. Eh bener lho setelah saya hirup saya beneran galau, eh... maksudnya beneran mirip aroma tanah setelah diguuyur hujan. Yang kedua adalah slurp atau seruput sampai terasa strongnya di tenggorokan. Terakhir kita locate on the tongue, maksudnya adalah kita rasakan dulu dan tidak buru-buru di telan. Tujuannya adalah mengetahui tingkat keasaman kopi yang sedang kita cicipi. Untuk kopi Sumatera ini ketika diminum tidak liurly haha kata Kak Zendy sih, jadi tidak terlalu tinggi keasamannya. FYI liurly adalah keadaan dimana ketika kita memasukkan makanan atau minuman ke dalam mulut dan memicu kita mengeluarkan liur, seperti kita makan yang asam-asam. Nah mudahnya disebut liurly kan? haha. Lalu setelahnya kita padukan dengan si cinnamon chocolate marbel cake dan terbukti rasa kopi yang pahit jadi balance dengan makanannya. Baiklah bisa kita sebut kopi dan makanannya adalah berjodoh. Baru pertama kali sih ikut coffee tasting begini dan seperti keinginan saya terkabulkan untuk melakukan hal seperti ini. Tuh di sini juga sepakat sekali sama saya kalau kopi itu tidak harus manis. Jadi teringat cappucino saya di sebuah kafe di Jogja yang dituangi gula oleh teman saya, setelah itu saya gadang-gadang kopi pahit itu nikmat, haha.

Makanan dan minuman untuk coffee tasting
Karena ini adalah store pertama di luar Jabodetabek yang mempunyai layanan drive thru jadi saya juga gak mau ketinggalan mencoba layanan yang satu ini. Betapa lucunya, setelah kita sudah ngopi di dalam kita malah drive thru. Jadi ingat waktu saya dan teman saya ditolak di drive thru salah satu restoran cepat saji karena jalan kaki, yaah abis mobilnya kadung parkir jauh, wkwkwk. Jadi drive thru di sini jangan takut kita musti panggil-panggil kakak-kakak Starbucksnya jika tidak di tempat. Cakep banget karena sebelum pemesanan ada sensor logam yang mendeteksi ada mobil yang mendekat, jadi kakak-kakaknya akan siap menyambut pesanan kita. Untuk pesan kita bisa langsung melalui alat yang untuk komunikasi dengan pegawai yang ada di dalam (apaan sih ndah itu nama alatnya? hehe) lalu pesanan kita siap dan bisa diambil. Karena ini di Tol jadi ya memang harapannya bisa memenuhi untuk yang ingin buru-buru dan ingin istirahat. Ada cafe ada drive thru, cakep banget mengerti kebutuhan orang-orang yang melintasi Tol. Catatan penting untuk yang mau menikmati layanan drive thru, nggak bisa pakai bus ya :D Yakali selain ada batas ketinggian kendaraan, masa nanti mau pesen satu-satu semua orang dalam bus, wkwkwk.
Drive Thru Store Starbucks KM 26
Foto Oleh: D. Indah Nurma

Ssssttt.... selain dua pengalaman itu, tentunya kami dijamu habis-habisan dengan berbagai macam makanan dan minuman. Terutama makanannya ya... ada beberapa jenis. Cinnamon chocolate marbel cake, cinnamon rolls, smoke beef quiche, sandwich tuna, dan apa lagi ya sampai lupa. Kakak.... take away boleh ya haha. Lalu saya pesan lagi yang rasa kopinya strong yaitu Ristretto Bianco. Tidak-tidak kasihan yang diet... Yaudahlah anggap saja khilaf dan mari kita ngiler bersama dengan cek foto-fotonya aja. Akhir kata, terima kasih untuk pengalaman baru nyobain drive thru dan terutama coffee tasting yang super seru.

Kak Ryan yang bikin latte art
Foto Oleh: D. Indah Nurma


Ristretto Bianco dan Smoke Beef QuicheFoto Oleh: D. Indah Nurma
Latte art dari Starbucks
Foto Oleh: D. Indah Nurma