Monday, 7 September 2015

Tumpeng Gudeg Suroboyoan Pawon Rizq Bunda Ken

Full Team Konek Grebek KPK Bersama Bunda Ken
Foto Oleh: Dwi Puspita

Tumpeng kok gudeg? Gudeg kok Suroboyoan? Sabar sabar, semua keheranan ini akan saya jawab dengan hati-hati. Ceritanya di hari sabtu 5 September saya bersama teman-teman kompasianer dapat kesempatan mengunjungi Dapur Rizq Bunda Kenyang sedang naik daun dengan menu Gudegnya. Ya, kuliner khas Jogja tersebut kini melekat di Bunda Ken sebagai salah satu kuliner andalan dari dapur beliau. Pawon Rizq Bunda Ken juga resmi terdaftar sebagai vendor di grup Surabaya Kuliner. Awalnya saya kira tempat yang akan dikunjungi adalah sebuah warung makan atau restoran tapi ternyata adalah rumah Bunda Ken sendiri. Saat yang lain bingung mencari lokasi yang nampak sebagai rumah makan pada lazimnya, saya melihat mbak Dwi Puspita dan langsung ngeh itu lokasi yang dituju, haha. Jadi Bunda Ken ini hanya menerima pesanan sesuai order, tidak membuka rumah makan. Yang disuguhkan saat itu adalah Tumpeng Gudeg, Sosis Solo dan Risoles Mayonase, Let me review one by one, wkwkw.

Sosis Solo
Sosis Solo Bunda Ken
Foto Oleh: D. Indah Nurma
Bagi yang belum tahu apa itu Sosis Solo, jangan dibayangkan seperti sosis pada umumnya yang terbuat dari olahan daging sapi atau ayam yang berbentuk padat dan panjang. Sosis Solo ini mirip seperti risoles yang diisi dengan suwiran daging ayam seperti pada isian lemper. Jangan dibayangkan sampai jungkir balik, saya cantumkan gambarnya kok xD kalau soal rasanya saya ceritakan saja.

Sosis Solo dari Bunda Ken ini mudah digigit dan dinikmati alias kulitnya tidak alot atau keras, rasa isiannya pas banget bikin nagih tapi kurang banyak Bunda, hehe. Tepat jika dibilang makan sekali tidak akan cukup dan saya harus pandai menahan diri untuk bisa tetap menikmati hidangan utama berupa Nasi Gudegnya. Baiklah Bunda Ken saya beri nilai 8 dari skala 1-10 untuk Sosis Solo dan saya beri tangisan untuk Risoles Mayonasenya. Karena saya tidak sempat nyicipnya, huhu takut kemaruk dan kekenyangan soalnya. Dan untuk harga sendiri sangat rasional, yaitu Rp 3.500 untuk Sosis Solo dan Rp 4.000 untuk Risoles Mayonase dengan isian beef dan mayo. Oh ya, selain dengan isian tersebut, risolesnya ada juga yang isian jamur, ayam, dan jagung dengan harga Rp 3.500.

Tumpeng Gudeg
Tumpeng Gudeg
Foto Oleh: D. Indah Nurma

Tumpeng Gudeg? Terdengar ora umum ya? hehe tapi begitulah adanya. Tumpeng kali ini bukan nasi putih plus lauk urap atau nasi kuning dengan kering tempe tapi nasi putih dengan lauk gudegnya yang lengkap. Ini bukan kali pertama saya makan gudeg tapi tetap deg-degan dengan rasanya karena ya... ini kali kedua saya makan gudeg, haha. Karena lidah saya ini lidah Suroboyo asli jadi makan besar dengan menu yang manis itu agak gimana gitu ya. Ini juga alasan saya mengapa tidak pernah mencoba gudeg waktu pernah tinggal di Jogja. Dan kenapa di atas saya sebut ini Gudeg Suroboyoan? Karena Bunda Ken sudah mengolah gudegnya biar acceptable di lidah orang Surabaya. Dan bagaimana rasanya? Gudegnya asin dan pedas? Ya tentu saja tidak, gudegnya tetap manis tapi manis yang dapat diterima oleh lidah orang Surabaya. Seperti manisnya saya yang tidak berlebihan, eh kok narsis? haha. Kalau orang Jawa Tengah pasti bilang itu tidak seberapa manis, tapi bagi saya sweet enough lah. Selain gudeg yang dari nangka muda itu, pelengkap lainnya adalah krecek, ayam opor, tahu dan tempe bacem, serta telur pindang, Sebagai orang yang kurang suka olahan krecek, saya sampai nagih kreceknya Bunda Ken dan terbayang sampai sekarang waktu nulis ini. Bunda saya beri nilai 8,5 untuk Gudegnya yang juara ini. Cukup untuk menceritakan rasanya. Beralih ke harga olahan gudegnya. Berapa sih? Ternyata Tumpeng Gudeg yang bisa dinikmati 10-15 orang ini harganya Rp 275.000 lho. Sedangkan satu kemasan lauknya saja yang bisa disajikan untuk 5 orang harganya Rp 50.000. Harga yang sangat rasional untuk makanan istimewa. Oke Warga Surabaya selamat menikmati gudeg yang ciamso alias Ciamik Soro. Oh ya, penilaian rasa di atas adalah penilaian secara pribadi, kalau ingin tahu bagaimana rasanya silakan langsung mencoba sendiri.
Lauk Gudeg Untuk 5 Porsi
Foto Oleh: D. Indah Nurma

Info lainnya tentang Dapur Rizq Bunda Ken:
  • Bunda Ken hanya melayani pre order sesuai pesanan pelanggan ( tidak buka restoran)
  • Lokasi pemesanan di Ketintang Madya No 33 Surabaya
  • Contact Person Hp; 081332021330 dan Pin BB: 53DE8A35
  • Juga melayani nasi kotak, tumpeng nasi kuning dan putih, serta hantaran pernikahan atau lamaran.  
  • Yang paling penting termasuk Halal Food.

5 comments:

  1. Selamat Mbak untuk domain barunya, semoga semangat ngeblog semakin membara Dan salam kenal ^^

    Acara makan" selalu menggoda hehe

    ReplyDelete
  2. Rasanya lapar bgitu liat sosis solonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya pengen makan sosis solonya lagi :D

      Delete
  3. aku masih tergila-gila dgn risoles mayonaise nya :)

    ReplyDelete