Thursday, 29 October 2015

Why Diet? Because Why Not?

Why Diet? Because Why Not?

Sumber gambar: renovit-multivitamin.com


Diet, bagi sebagian orang sebagai sesuatu pantangan karena dianggap tidak bisa menikmati hidup. Bagi sebagian lainnya mengganggap itu jalan untuk hidup sehat. Dan sebagian lainnya lagi menjalaninya demi terlihat lebih menarik. Masing-masing orang punya alasan sendiri mengapa menjalani diet dan mengapa tidak menjalani. Tapi sebenernya apa sih diet itu?

Menurut KBBI diet adalah aturan makan khusus untuk kesehatan dan sebagainya, biasanya dilakukan atas petunjuk dokter. Umumnya orang-orang memaknai diet adalah usaha untuk menurunkan atau mengurangi berat badan. Orang yang sedang menderita penyakit tertentu juga biasanya disarankan untuk diet mengurangi asupan makanan tertentu juga. Atau diet demi kesehatan dompet? Hahaha diet tipe ini pasti sebagian besar pernah melakukannya.

Diet, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba. Mengapa? Apa karena sedang kecewa atau bentuk pelarian patah hati? Hahaha semua orang terdekat saya bertanya demikian. Enggak, meskipun tidak ada cerita patah hati saya tetap akan diet. Bukan karena ingin kurus tapi karena ingin hidup sehat dengan pola makan yang sehat, itu saja. Singkat kata saya merasakan tidak enak dengan metabolisme saya. Tahun ini memang saya kurang piknik sepertinya jadi kurang gerak. Beh kurang piknik apanya? Wekekek... Saya piknik tapi jarang nulis di blog.

 Jadi Ndah diet macam apa yang kamu lakukan? Ok sis dan bro, saya diet mayo. Iya diet yang cuma 13 hari itu dan  hits di kalangan penggiat diet. Bagi yang belum tau apa itu diet mayo? Jadi diet mayo adalah suatu metode diet yang dipaparkan oleh sebuah klinik bernama Mayo di Amerika sono. Diet ini intinya ngatur pola makan dan dilarang makan garam selama 13 hari. Diet ini menjanjikan pengurangan berat badan 5-8 kg selama 13 hari. Yang namanya diet pasti semuanya harus tahan godaan apapun termasuk diet mayo. Penting diketahui bahwa diet ini hanya boleh dilakukan setahun sekali. Saya gak akan cerita panjang lebar tentang detil diet ini karena berjuta artikel tentang panduan diet ini ada di mesin pencari. Singkat cerita saya hanya berhasil menyelesaikan diet ini sampai hari ke-11 karena pada hari ke-12 ibu saya berulang tahun dan ya you know lah apa yang orang lakukan untuk merayakan ulang tahun keluarga dekat. Singkat cerita lagi saya berhasil dapat bonus berkurangnya berat badan sebanyak 5 kg. Alhamdulillah lumayan... Dan setelahnya saya tiap hari olah raga mulai dari lari dan mainan barbel.
Menu Diet Mayo yang Saya Gunakan


So, why you diet? Because why not? Hehe... sebenernya selain ingin sehat sampai nanti umur saya berakhir. Saya tidak ingin menjadi sakit dan menyusahkan orang lain, saya tidak ingin sakit dan membuat orang-orang yang menyayangi saya menjadi sedih. Jadi, saya pikir diet mayo menjadi pembuka saya untuk mulai memperhatikan kesehatan. Toh diet mayo hanya 13 hari dan setelahnya saya jadi rajin menghitung kalori yang masuk dan keluar. Tidak seprofesional itu juga sih, hanya mengira-ngira. Tidak separanoid itu juga harus menghindari makan ini itu, cukup makan yang halalan toyiban saja. Dan setelahnya saya bersyukur diberikan cukup waktu untuk berolah raga.

Saya punya beberapa poin penting dalam menjalankan diet, tentuna ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Ini dia poin-poinnya:
  1.  Niat, sudah pasti harus kuat karena kita yang akan menjalani.
  2. Konsultasi dengan dokter atau ahlinya. Sebisa mungkin dikonsultasikan terlebih dahulu agar tahu kondisi tubuh kita seperti apa dan pola diet yang cocok seperti apa. Salah-salah nanti malah mengganggu keseimbangan gizi kita.
  3. Cari partner diet. Terkadang diet sendirian itu membosankan dan membuat kita mudah menyerah. Dengan adanya partner yang juga sedang menjalankan diet bisa berguna untuk saling mengingatkan dan memberi semangat. Tapi jangan malah cheating dengan partner lho.
  4. Ceritakan tentang pada orang-orang di sekitarmu atau yang kamu temui setiap hari bahwa kamu sedang menjalankan program diet, terutama orang-orang yang tinggal satu rumah. Seperti yang saya ceritakan di atas, sebagian orang menganggap diet sebagai hal yang konyol. Itu karena mereka merasa tidak perlu melakukannya dan belum pernah melakukannya. Berbeda dengan orang yang memang perlu dan berniat melakukan diet. Jadi beri pengertian pada orang-orang di sekitar kamu tentang program diet seperti apa yang sedang kamu lakukan. Tujuannya adalah agar mereka mengerti dan mendukung kita, bukan malah digoda untuk menyerah atau cheating. Saya sendiri alhamdulillah didukung ayah dan ibu meskipun kakak pada awalnya sempat meragukan. Tapi kembali lagi semuanya pada poin penting pertama, yaitu niat.
  5. Jangan lupa olah raga, karena sangat membantu untuk menyeimbangkan metabolisme. Selain itu olah raga dapat membantu usaha mengurangi berat badan ataupun menjaga berat badan. 
Anyway kamu turun berapa kilogram dari usahamu itu dan dari berapa ke berapa? Alhamdulillah banyak meskipun belum ideal dan saya masih wanita pada umumnya yang tidak suka ditanya berapa berat badannya. Hahaha...

9 comments:

  1. biasanya hari ini ngomong mau diet, hari selanjutnya apa apa dimakan :v

    ReplyDelete
  2. Diet tuuuh memang gimanaaa gitu yaa.. Beraat tapi perlu yaa hehehe. Saya juga ngg pernah diet yg bener walaupun berat badan di atas normal hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. seumur-umur diet yang niat ya mayo ini saya. hehehe... Setelah diet jadi menyadari pentingnya diet.

      Delete
  3. wahhh kalo aku mesti paling susah untuk mendapatkan NIAT jalani diet itu sendiri hahaha
    selamat berdiet, semoga berhasil. kalo aku mah kagak tau kapan bisa jalani diet kayak ente ndah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diet pertama sudah berhasil. Tinggal pola selanjutnya aja. Haha...

      Delete
  4. Hai, Mbak. Kita samaaaa... Saya juga nyoba diet mayo dan berhenti di hari ke 11 juga. Sayangnya padahal 2 hari lagi selesai. Tapi mau gimana lagi saya sangat merindukan garam. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Saking rindunya sampai berpikir mending gak makan daripada makan gak ketemu garam.

      Delete
  5. Suamiku tak minta diet enggak mau, jadi dia pake puasa senin kamis saja...suskes ya mba dietnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak saya juga puasa senin kamis aja. Yang penting makanannya di jaga :)

      Delete