Wednesday, 10 February 2016

My Life As An Ingress Agent: Level 8

Setelah kemarin cerita sedikit tentang apa itu Ingress dan bagaimana saya bisa kecantol di game ini, sekarang saya mau share tentang rasanya ada di level 8. Orang bilang berada di level 8 seperti di level dewa karena sudah bisa mandiri buat destroy portal lawan dan saatnya membantu agent lain untuk leveling. Sebagai seorang plurker, saya rasa mencapai level 8 sama seperti mencapai nirvana. Menuju level 9 dan seterusnya tidak hanya membutuhkan AP saja tapi juga badge atau lencana sebagai persyaratannya. Kalau level 1-8 kita ngoyo activity untuk mendapatkan AP, maka saya rasa kita lebih menikmati permainan ini setelah level 8. Menikmati sensasi menetralkan portal lawan, membuat control field, waspada jika ada agent lawan di sekitar kita. Saat menikmati permainan tidak akan terasa kalau sedikit demi sedikit badge yang menjadi syarat naik level akan terbuka.

Scanner Mas Gandhung ( alias GanGeong alias JanPerson) Saat Level 8
Sebenarnya saat level 4 pun sudah sering dimention sama agent faction sebelah yang daopsnya di daerah rumah saya. Maklum bisa dibilang cuma saya agent yang mainnya di sekitar situ. Tapi itu rasanya menyenangkan sekaligus menegangkan. Saat berhenti untuk capture ataupun destroy portal selalu melihat sekeliling siapa tahu di dekat ada agent lawan yang juga sedang berhenti di dekat portal yang sama. Seperti kejadian saat saya level awal dan pergi ke suatu tempat dengan dibonceng ayah saya. Karena tidak sedang menyetir jadinya saya hacking portal sambil jalan dan gak sadar kalau ada agent lawan yang mengintip di sekitar saya saat di lampu merah. Taunya waktu saya main di daerah rumahnya dan disuruh mampir ke rumahnya (tapi enggak jadi mampir sih) cuma diceritain lewat comm. Yang satu lagi saat tengah malam pulang kumpul tipis-tipis saya destroy di dekat Dunkin’ Donuts dekat rumah saya tiba-tiba satu reso yang hancur terisi lagi. Eh di depan saya ada agent lawan. Aslinya mau nyapa tapi berhubung perut saya mules enggak karuan, jadi buru-buru pergi dan dia yang sempat lihat saya di motor menyangka saya terbang bersama motor saya. Nyahaha... Sorry bro daripada gawat di saya kan ya. Sebenernya masih banyak lagi kejadian lucu-lucu sama agent dari faction sebelah tapi yasudahlah cukup itu saja ceritanya.

Dimana saja dan kapan saja saat bermain, siapkan diri untuk bertemu lawan main kita saat di jalan. Siap-siap dicurigai satpam atau warga sekitar karena sering berhenti di titik yang sama, tapi jangan sampai melibatkan diri dalam bahaya karena game.

Setelah level 8 kegiatan yang sering dilakukan adalah kumpul tipis-tipis yang biasanya untuk farming item. Namanya saja sering kumpul-kumpul jadinya sedikit memahami bagaimana karakter masing-masing. Nanti lah saya ceritakan bagaimana komunitas saya yang ini di postingan lain.

Apa Bedanya Sudah dan Belum Level 8?

Ada apa sih dengan level 8 sampai dirasa begitu istimewa? Oh banyak, dari mulai yang memang nyata karena faktor Ingress sendiri sampai yang dari faktor diri kita sendiri. Haha... Contoh perbedaan level 8 ke atas (FYI Ingress ini sampai level 16) dan yang belum level 8 seperti ini:
  1. Meskipun level tertinggi adalah level 16 tapi untuk item dalam game maksimal adalah level 8. Kita bisa menggunakan item sesuai level saat ini atau di bawah kita. Jadi poin pentingnya kita bisa mencicipi item tertinggi terutama senjata.
  2.  Sebelum level 8 kalau main kurang woles alias ngoyo. Ya karena faktor pengin cepet-cepet bisa pakai item level 8. Sesungguhnya nembak portal lawan pakai XMP8 itu greget!
  3. Sebelum level 8 kalau main ada yang nemenin dan ngajarin, setelah level 8 main sendiri dan saatnya membantu yang belum level 8 lainnya.
  4.  Sebelum level 8 kalau punya portal atas nama kita rasanya bangga banget, tapi setelah level 8 ya biasa aja tuh. Haha...
  5. Sebelum level 8 bakal semangat keliling menyambangi portal-portal sejauh mata memandang. Setelah level 8 kadang semangat kadang biasa aja tuh. Yang penting bisa bikin CF 
  6. Sebelum level 8 kalau portalnya didestroy bisa baper dan dendam tapi kalau sudah level 8? Yaelah... Game gampang ini, ntar juga bisa direbut 
  7.  Dan... biasanya sebelum level 8 kalau bingung banget sama cara mainnya bakal cepet-cepet tutup scanner. Kalau sudah level 8 paling mentok mager di level 11. Saya meng-amin-kan yang ini karena juga mengalai hal yang sama. Haha...

Baiklah... Itu beberapa point yang saya tangkap dari perbedaan antara yang belum level 8 dan yang sudah level 8. FYI, poin-poin di atas itu kontribusi pemikiran dari Enlightened Family Jogja-Jateng. Terima kasih juga kepada @JanPerson karena sudah menanyakan kepada  mereka. Eh ternyata emang semuanya pernah saya rasakan perbedaanya. Kalau kalian apa ya perbedaan yang dirasakan?