Tuesday, 3 May 2016

Daftar Alat Makan Bayi Ini Harus Anda Beli

Muhammad Al-Fatih Besari
Image Source: D Indah Nurma

Sebagai sebuah anugrah yang begitu indah, Anda harus dengan sungguh-sungguh menjaganya agar ia dapat tumbuh serta berkembang dengan baik. Hal ini bisa Anda cerminkan dengan membeli berbagai daftar alat makan bayi yang sesuai. Menjadi seorang ibu tentu adalah hal yang menyenangkan. Namun, bagaimana jadinya jika Anda belum siap menyambut kedatangannya. Sebetulnya, apa saja perlengkapan makanan yang ia butuhkan?

Pertama ialah celemek bayi. Perlengkapan makan yang paling murah ialah celemek bayi. Celemek ini merupakan alat makan yang Anda perlukan saat sedang menyuapinya. Perlengkapan makan ini terbuat dari katun yang lembut, ia memiliki fungsi untuk mencegah makanan belepotan di bajunya saat Anda menyuapinya. Hadirnya celemek akan membantu perut buah hati Anda kenyang tanpa sisa noda ceceran makanan di pakaian dan wajahnya.

Daftar alat makan bayi yang lainnya ialah piring bayi. Piring bayi ini harus Anda siapkan. Umumnya ia akan menggunakan piring ini ketika sudah belajar mengkonsumsi berbagai makanan padat seperti bubur bayi di usia 6 bulan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda segera melengkapi kebutuhannya. Pilih piring yang memiliki bahan dari silikon yang memiliki tekstur permukaan yang lebih lembut. Pastikan pula peralatan makan yang Anda beli tidak memiliki kandungan pewarna atau senyawa kimia yang dapat membahayakan buah hati Anda.

Selanjutnya ada sendok bayi. Bila Anda ingin melatih buah hati Anda untuk mengunyah makanan selain ASI pada usianya yang ke 7 bulan, Anda dapat membeli perlengkapan makan seperti sendok. Saat akan membeli sendok, pilih sendok yang benar-benar aman, contohnya dengan bahan silikon yang mempunyai tekstur yang lebih lembut di permukaannya. Namun, Anda juga harus memperhatikan saat membeli sendok. Jangan pilih sendok yang mempunyai cekungan dalam agar buah hati Anda dapat menjangkau makanan dengan mudah.

Salah satu perlengkapan yang tidak boleh dilupakan ialah dot bayi. Perlengkapan makan yang diperlukan saat Anda membiasakan bayi minum dari botolnya ialah dot. Dot ini sebetulnya juga mempunyai sebuah kekuatan yang ajaib yang dapat menenangkannya saat sedang rewel. Penggunaan dot bayi ini sebetulnya dapat mengembangkan pertumbuhan otot yang berada di bagian bawah rahang dengan sangat baik. Perlengkapan ini biasanya tersedia di dalam berbagai macam bentuk dan jenis sesuai dengan usianya.

Terakhir ialah botol bayi. Perlengkapan ini bahkan yang harus Anda sediakan ketika bayi akan lahir. Untuk memilih botol, perhatikan usia ketika Anda memilih perlengkapan ini. Untuk perlengkapan di usia di bawah 6 bulan, Anda dapat memilih botol yang sudah dilengkapi dengan dot hisap dikarenakan dapat mengurangi resiko tersedak saat ia akan minum.


Dengan daftar alat makan bayi yang berada di atas, tentu saja Anda akan lebih mudah membeli alat makan yang sesuai. Terkadang, karena begitu semangatnya akan menjadi orang tua, banyak pasangan yang membeli alat makan dalam jumlah yang banyak, selain jumlah yang banyak mereka membeli alat makan hanya berdasarkan bentuk dan harga. Sebaiknya, saat Anda akan membeli alat makan, Anda tidak perlu membeli dengan cukup banyak karena dari bulan ke bulan porsi makan bayi akan bertambah, besar kemungkinan jika ia juga akan berganti wadah, selain itu jangan hanya mempertimbangkan bentuk. Pertimbangkan pula keamanan, hingga bahan pembuat alat makan bayi. Jangan sampai Anda membeli alat makan yang memiliki kandungan berbahaya di dalamnya.