Friday, 2 September 2016

Review Game,My Cafe: Recipes & Stories



Nama: My Cafe: Recipes & Stories
Genre: Casual
Developer: Melsoft
Rate: 3+
Release: May, 2016


Sesuai dengan namanya, game ini merupakan game restaurant simulation. Kita sebagai pemilik dengan dibantu oleh Ann. Di game ini terdapat koin untuk membeli item seperti peralatan atau equipment kafe yang setiap level akan selalu ada perlatan baru. Cara mendapatkan koin selain dari hasil penjualan juga dari gift dan pemberian para pelanggan karena sudah membantu menyelesaikan setiap “curhatan” mereka. Selain itu ada diamond juga yang bisa digunakan untuk membeli rempah-rempah spesial yang bisa diracik menjadi menu spesial. Cara menambah diamond seperti pada game android umumnya yaitu dengan membeli. Bisa juga dari bonus harian, menonton iklan di game, dari gift dan juga pemberian pelanggan.
Ann Sebagai Asisten Kafe 

Yang menarik dari game ini adalah karena mereka mengusung tema recipes & stories yaitu pada setiap level atau basic equipment, kita harus menemukan susunan bahan-bahan yang tepat untuk menghasilkan satu menu. Untuk meracik menu-menu kita, akan ada salah satu pelanggan yang akan membantu memberikan tips racikan menu. Di dalam game pelanggan tersebut memiliki latar belakang mantan pemilik kafe yang sukses dan ingin kafe yang sedang kita jalankan juga menjadi sukses. Selain itu yang membedakan game ini dengan game restaurant simulation lainnya adalah karena memiliki cerita di dalamnya. Pada setiap level akan ada pelanggan baru yang datang dan masing-masing pelanggan memiliki keterkaitan cerita. Sebagai pengelola kafe yang selalu ramah, pelanggan selalu menceritakan setiap masalahnya dan kita diminta tolong untuk menyelesaikan. Setelah selesai akan ada hadiah yang mereka berikan. Entah diamond atau gift. Seperti cerita misteri pencurian lukisan di museum oleh pelanggan kita yang seorang polisi, dugaan awal pelakunya adalah salah satu pelanggan kita yang baru pindah ke kota dan merupakan suami dari seorang pelanggan setia bernama Marry Ditt. Untuk mengetahui potongan cerita dan menyelesaikan misteri tersebut kita biasanya diminta menyediakan suatu menu sehingga kita bisa menyelesaikan misi dan mendapat reward. Nah cerita-cerita yang dibawa oleh masing-masing pelanggan tersebut yang menjadi salah satu daya tarik dari game ini sehingga kita penasaran bagaimana akhirnya dan jadi terus memainkannya.
My Current Level While Writing This Article


Apakah game android ini menyebabkan kita kecanduan seperti yang lainnya? Menurut saja bisa ya dan bisa juga tidak. Karena kita tidak perlu setiap saat menatap layar untuk memainkannya. Ketika meninggalkan game juga kafe akan tetap berjalan dan memberikan laporan profit saat kita masuk game lagi. Kita hanya perlu memainkan jika ada yang harus diupgrade, menu delivery order, pelanggan yang minta menu spesial, atau saat semua item untuk menyelesaikan cerita dari pelanggan itu sudah terkumpul. Jadi tidak perlu setiap saat menatap layar ponsel. Untuk kecanduan sebenarnya bisa dibilang kita akan setia memainkannya karena penasaran dengan kelanjutan cerita dari para pelanggan kafe.


Jadi apa game restaurant simulation favoritmu?