Tuesday, 11 October 2016

Menjelajahi Kota Surabaya Dengan Aplikasi My Blue Bird

Pak Kurniawan Selaku GM Blue Bird Surabaya Menjelaskan Tentang My Blue Bird
image source: D. Indah Nurma

Hari sabtu lalu tanggal 8 Oktober 2016 bertempat di Resto Nine Mayjen Sungkono, Blue Bird mengajak rekan-rekan media dan blogger untuk mencoba aplikasi My Blue Bird dengan cara menjelajahi Kota Surabaya. Blue Bird sendiri merupakan perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang memiliki 15 anak perusahaan dan tersebar di 18 lokasi di Indonesia. Blur bird juga memiliki 4 merek utama yang mereka kembangkan, yaitu layanan taksi reguler ( di bawah merek Blue Bird dan Pusaka); layanan taksi eksekutif ( di bawah merek Silver Bird); layanan kendaraan limusin dan sewa mobil (di bawah merek Golden Bird); layanan sewa bus (di bawah merek Big Bird).

Pada tahun ini bagi Blue Bird merupakan Tahun Mendengarkan. Dari banyaknya masukan dari masyarakat, akhirnya Blue Bird meluncurkan aplikasi My Blue Bird. Beberapa fitur yang saat ini bisa kita nikmati di aplikasi ini adalah:
1. Booking taksi dan tracking driver yang bisa kita gunakan untuk memesan taksi dan mengetahui lokasi driver kita. Ketika sudah ada driver yang menerima pesanan kita, maka akan muncul nomor lambung taksi yang kita pesan. Jadi saat menunggu taksi, kita tidak lagi menebak-nebak itu taksi yang kita pesan atau bukan.
2. Share My Journey. Dalam perjalanan menggunakan taksi yang kita pesan tadi, kita bisa memberi kabar keluarga atau kerabat dimana atau sampai dimana perjalanan kita menggunakan taksi Blue Bird.
3. Advance Booking merupakan fitur pemesanan taksi untuk waktu yang bisa kita tentukan (bukan untuk saat itu juga).
4. Cashless payment, yakni fitur pembayaran yang disisipkan pada metode pembayaran taksi melalui aplikasi My Blue Bird. Jadi kita bisa melakukan pembayaran selain dengan menggunakan uang cash.

Jelajah Kota Surabaya bersama aplikasi My Blue Bird yang saya ikuti hari sabtu lalu adalah untuk mengenali dan mencoba fitur-fitur dari aplikasi. Seluruh peserta dari rekan media dan blogger membagi diri dalam tim. Satu tim terdiri dari 4 orang. Dan tim saya bersama Dito, Mbak Fitri, dan Mbak Dewi mendapat nama tim Silver Bird. Lokasi-lokasi yang dituju dalam jelajah ini adalah 4 icon Kota Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Taman Bungkul, dan Kebun Binatang Surabaya, kemudian kembali lagi finish di Resto Nine.

Dalam jelajah kali ini, transportasi yang digunakan tentunya taksi Blue Bird yang kita pesan menggunakan aplikasi My Blue Bird. Pertama yang kita lakukan adalah booking taksi dengan menggunakan pilihan pembayaran cashless dalam bentuk e-voucher. Jika melakukan pembayaran menggunakan e-voucher maka saat kita sudah menemukan driver akan muncul passcode voucher di driver pada aplikasi My Blue Bird. Passcode ini nanti harus kita beritahukan pada driver sebelum melakukan perjalanan (sebelum argo berjalan). Lalu di lokasi pertama juga kami melakukan advance booking untuk ganti taksi di Monumen Kapal Selam yang kami pesan untuk 40 menit lagi.

Saat kami keluar Resto Nine, kami langsung menemukan nomor lambung taksi yang sudah dipesan. Sebelum memulai perjalanan, kami memberitahukan pada driver, passcode untuk pembayaran kami. Setelah itu langsung menuju Tugu Pahlawan dan menjalankan beberapa misi yang sudah ditentukan. Yang pertama kami memberitahu lokasi perjalanan kami dengan Share My Journey pada admin yang akan menilai lomba kali ini. Lalu berfoto-foto dengan macam-macam pose di Tugu Pahlawan. Ada banyak dong fotonya, dan semua kami kirimkan ke admin, haha. Lalu setelah itu kami menuju Monumen Kapal Selam dan kembali menggunakan fitur Share My Journey, lalu berfoto ria seperti turis tapi tak lupa menunjukkan aplikasi My Blue Bird di ponsel kami. Dan di sini, kami ganti taksi dengan yang sudah kami pesan sebelumnya. Bagian paling capek adalah saat di lokasi ketiga, Taman Bungkul. Tempat parkir yang harusnya masuk sebelum taman, kami kebablasan. Daripada membuang waktu, kami turun dan saya minta bapak driver untuk putar di jalan setelahnya lalu menunggu kami di samping taman. Kami keluar taksi dalam keadaan gerimis dan lari-larian agar tidak tersusul tim lain. Dam di situ saya merasakan hasil dari 1 bulan bolos jogging. Yap, setelah melakukan Share My Journey lagi, kami pun berfoto sampai puas untuk dikirimkan ke admin dan di antara kami tidak ada yang fotogenic. Yah... setelah berfoto, kami lari ke samping taman dan kebetulan taksi kami juga baru sampai. Lalu kami langsung melanjutkan ke lokasi terakhir. Kebun Binatan Surabaya, yang juga di depannya punya landmark Suro dan Boyo. Ternyata kami yang pertama sampai, tidak lupa Share My Journey ke admin untuk terakhir dan kami menjalankan misi berfoto di dua icon, yang pertama di depan patung Suro dan Boyo lalu yang kedua di depan tulisan Kebun Binatan Surabaya. Okesip, tidak membuang waktu, saat tiba tim lain kami langsung masuk taksi lagi untuk kembali ke Resto Nine sebagai tempat start dan finish. Walaupun tidak diminta, kami tetap mengirimkan Share My Journey ke admin, biar mereka tahu kami sudah kembali dengan selamat. 
Penilaian dari juri sepertinya bukan hanya kecepatan tapi juga ketepatan melakukan misi. Kami sih yakin sudah cepat dan tepat tapi tidak yakin menang karena tidak heboh, kaku, dan terlalu niat (hanya berpatokan pada rules. Setelah syarat terpenuhi langsung menuju lokasi-lokasi lain). Rupanya sudah ditakdirkan, bahwa lari-larian di bawah hujan bisa dibayar dengan senym lima jari. Setelah pengumuman juara 3 dan 2, kami tidak menyangkan jika tim Silver Bird yang mendapatkan juara pertama dan hadian e-voucher senilai 1 juta rupiah untuk masing-masing orang. Terima kasih, hadiahnya sudah saya terima. Enak nih, bisa nganterin mama ke pasar naik taksi, hahaha...

Foto kiriman D Indah Nurma (@dindahnurma) pada


cara menggunakan fitur paymen e-voucher
image source: Blue Bird Group

Jadi begitulah cara Blue Bird mengenalkan aplikasi My Blue Bird pada rekan media dan blogger. Saya yang malas menggunakan karena mungkin ribet dan biasanya lewat telepon saja bisa menggunakan aplikasi mulai sekarang. Selamat menikmati naik taksi buat seluruh pemenang. Dan untuk rekan-rekan se-tim Silver Bird, terima kasih telah jadi tim yang menyenangkan. 

2 comments:

  1. Aplikasi My Bluebird mudah banget diaplikasikan. Saya juga pakai Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membantu sekali, apalagi ada estimasi harga ke tempat tujuan.

      Delete