Monday, 14 November 2016

Mengintip Keseruan Ingress XM Anomaly Satellite Via Noir Surabaya

Via Noir
Image Source: vianoirsurabaya.splashthat.com

Hari sabtu tanggal 12 November 2016 lalu Kota Surabaya kedatangan banyak tamu, bukan hanya dari penjuru tanah air tapi juga mancanegara. Tamu-tamu yang datang ini adalah para agent Ingress yang sengaja datang untuk mengikuti event Ingress XM Anomaly Satellite Via Noir di Surabaya. Selain di Surabaya, pada hari itu juga diadakan Via Noir di Seoul, Melbourne, Roma, Vilnius, Sofia, New Orleans, Chicago, dan Miami. Para peserta yang datang dari Indonesia sendiri selain dari kota-kota di Pulau Jawa, ada juga yang dari Sumatera, Bali, Kalimantan, maupun Sulawesi. Sedangkan yang dari luar Indonesia, ada yang datang dari Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, Jepang, Russia, dan masih banyak lainnya. Total peserta Via Noir Surabaya adalah sekitar 1300 agent.
Saya (enlightened) dan Ajo Kuan62 (resistance)
Image source: Koleksi foto pribadi

Enlightened dan Resistance Yang Akur
Image source: Koleksi foto pribadi



Foto kiriman Enlightened Surabaya (@enlightened.surabaya) pada


Lokasi Via Noir di Surabaya sendiri adalah area tengah kota Surabaya. Area bermain yang disebut playbox meliputi kawasan CBD Tunjungan Plaza, Walikota Mustajab, Jalan Pemuda, Yos Sudarso, Grahadi, Taman Apsari, Panglima Sudirman, Billiton, dan sekitaran Jalan Sulawesi. Untuk temppat berkumpul dan registrasi sendiri dilakukan di Gedung Nasional Indonesia. Lalu apa sih yang dilakukan dalam event ini? Kegiatan utama dalam acara ini tentu saja mendatangi portal-portal yang ada di Surabaya, menguasainya dengan perhitungan poin tertentu yang tentunya sudah diberitahukan dalam peraturan Anomaly sebelum acara dimulai. Dan masing-masing faksi tentunya juga sudah menyiapkan strategi terbaik untuk menjadi pemenang. Selain peserta yang secara langsung menjalankan misi di lapangan, juga ada agent yang bertugas dibalik layar yang biasanya disebut sebagai Intel Operator. Mereka ini bertugas untuk memberikan arahan kepada agent yang bertugas di lapangan agar bisa mendapatkan poin semaksimal mungkin untuk memenangkan faksi. Dan saya sendiri bertugas dibalik layar dengan beberapa teman lainnya. Hasil akhir dari Via Noir Surabaya dimenangkan oleh Faksi Resistance, sedangkan secara global dimenangkan oleh Enlightened.

Foto kiriman Enlightened Surabaya (@enlightened.surabaya) pada


Lokasi Yang Menjadi Area Bermain Saat Via Noir Surabaya

Bagi kami sendiri para agent Ingress di Surabaya, dengan adanya event XM Anomaly yang diadakan di Surabaya merupakan suatu kebanggaan. Karena permainan ini menuntut kita untuk mengeksplorasi suatu wilayah dan juga berinteraksi dengan orang lain, jadi secara tidak langsung bisa memperkenalkan Kota Surabaya sebagai kota yang nyaman dan aman. Meskipun begitu, dari Niantic juga menghimbau agar para agent bisa dewasa dalam memainkan permainan ini. Seperti tidak bertindak ceroboh dan waspada pada keadaan di sekitar. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun terlihat turut serta dalam Via Noir dan juga event Ingress lainnya, tentu saja dengan pengawasan orang tua yang bermain bersama mereka.

Setelah XM Anomaly Sattelite Via Noir di Surabaya berakhir, hari minggu 13 November dilanjutkan dengan Mission Day. Berbeda dengan Anomaly dimana dua faksi harus berperang untuk merebut kemenangan, Mission Day ini dibuat untuk benar-benar menikmati Kota Surabaya tanpa berperang. Para agent bisa melakukan minimal 6 dari 18 misi yang disediakan di hari itu. Misi ini tersebar di berbagai tempat ikonik Surabaya, seperti mengunjungi ikon patung Suroboyo di kebun binatang, Taman Bungkul, Gedung Wismilak, Monumen Perjuangan Polri, Monumen Kapal Selam, Balai Kota, Balai Pemuda, Taman Apsari, Taman Prestasi, dan juga Tugu Pahlawan.  Karena bermain lebih santai jadi para agent bisa lebih menikmati Kota Surabaya. Saya sendiri menjalankan Mission Day dengan teman dari faksi Resistance.

Menjalankan Mission Day Bersama di Monkasel
Image source: Koleksi foto pribadi
Agent Profil Saya Beserta Dua Baris Misi Yang Berhasil Saya Selesaikan di Mission Day


Dan setelah seluruh acara selesai, kami sebagai panitia merasakan lega sekaligus sedih. Lega karena acara bisa berjalan dengan sangat baik, dan sedih karena setelah ini tidak ada lagi kesibukan yang super heboh untuk mempersiapkan acara ini. Tapi kami semua sebagai panitia mengucapkan terima kasih atas turut serta semua agent dari Enlightened dan Resistance baik dari Indonesia dan luar Indonesia. Semoga Surabaya memberikan kesan dan kenangan yang baik.