Saturday, 18 November 2017

Chiking Ayam Top Dubai Hadirkan Aroma Khas Timur Tengah di Plaza Surabaya


Chiking Surabaya Plaza
Image source: Dok. Pribadi

Sudah pernah minum kopi yang ada rempah-rempahnya? Sejauh ini saya hanya dengar saat jalan-jalan di Kampung Arab Surabaya dan di game android tentang kafe yang saya mainkan. Tapi tanggal 14 November lalu saya akhirnya bisa merasakan bagaimana khasnya kopi dengan rempah-rempah. Saya berkesempatan hadir di pembukaan Chiking Ayam Top Dubai yang ke-4 di Indonesia. Store Chiking ke-4 di Surabaya ini ada di Plaza Surabaya atau yang biasa disebut Delta Plaza dan mulai dibuka untuk umum sejak 16 November 2017. Sebelumnya Chiking telah membuka store mereka di Royal Plaza surabaya, Mall@Bassura Jakarta, dan Lulu Hypermarket Qbig City BSD City Tangerang. Letak Chiking di Plaza Surabaya sendiri mudah sekali ditemukan, yaitu di sebelah kanan pintu utama.

Chiking ini adalah brand Quick Service Restaurant Internasional halal pertama yang mulanya dibuka di Dubai. Gerai Chiking sendiri pertama kali dibuka pada tahun 2000 dan sejak saat itu berkembang di 10 negara dengan 100 gerai, seperti Dubai, Oman, India, Afghanistan, Maldives, Ivory Coast, Pakistan, Malaysia, Indonesia dan United Kingdom. Dan kabarnya sedang akan membuka lagi gerai mereka di Indonesia, yaitu Bekasi dan kota lain.
 
Kopi Arab Chiking
              Image source: Dok. Pribadi
Jadi bagaimana rasa dari Chiking Ayam Top Dubai ini? Jujur saya sengaja membiarkan perut dalam keadaan lapar agar rasa dari menu Chiking yang akan saya coba ini bisa maksimal. Healah... hehe. Saat datang saya ditawari untuk memilih menu kopi atau teh panas Chiking. Dan saya memilih kopi karena setiap hari sudah ngeteh dan saya juga suka kopi sih. Dan saat kopinya datang sudah tercium aroma yang berbeda. Yang saya tebak kopi ini ditambah rempah-rempah di dalamnya. Selain di rumah, jika di luar saya biasanya tidak menambahkan gula dalam kopi saya. Jujur saya baru pertama mencoba kopi dengan rempah-rempah. Ternyata enak banget dan enak di badan. Setelah saya amati ternyata Chiking menambahkan Cardamom atau kapulaga yang merupakan rempah-rempah yang lazim digunakan di India dan beberapa negara di Asia. FYI, cardamom ini ada yang jenisnya untuk makanan dan minuman. Dan informasi paling penting nih, cardamom itu terkenal sebagai one of the most expensive spices bersama dengan saffron. Hehe... saya agak hafal soal rempah-rempah di minuman. Dan saya lebih memilih untuk tidak menambahkan gula di kopi rempah milik Chiking ini.
 
Chiking Rice, Flamming Grilled Chicken,  dan Dubai Breeze
   Image source: Dok. Pribadi

Ayman Juga Suka
              Image source: Dok. Pribadi

Lalu menu utama yang saya coba adalah Flaming Grilled Chicken dengan Chiking Rice yang khas. Yang pertama saya amati adalah si Chiking Rice yang berwarna kuning dan biasa disebut nasi kuning Chiking. Ternyata mereka menggunakan jenis brasmati dan dibumbui dengan rempah yang enggak lebay. Jadi saat Grilled Chickennya dimakan bersama nasi, rasanya masih dominan. Grilled Chickennya sendiri yang saya rasakan mereka juga pakai bumbu dari rempah-rempah yang juga sudah lazim digunakan di Timur Tengah. Dagingnya sendiri sangat juicy dan waktu saya potong menggunakan sendok dia enggak berontak dan terpotong dengan sempurna. Oh dan minuman yang disajikan untuk pendampingnya adalah sejenis mocktail khas Dubai yang segar banget dengan perpaduan daun mint dan lemon yang diberi nama Dubai Breeze. Ada dua varian rasa yaitu Passion Fruit dan Green Apple. Menurut saya mereka ini seperti saling mengimbangi antara makanan dan minumannya.
 
Menu Chiking Ayam Top Dubai

Setelah penasaran dan mencoba sendiri saya jadi mengerti mengapa mereka bisa berkembang dan bertahan di banyak negara dalam waktu beberapa tahun. Mereka menghadirkan konsep mereka sendri dalam Quick Service Restaurant. Chiking Ayam Top Dubai memberikan cita rasa yang baru dan berbeda, yaitu cita rasa khas Timur Tengah yang hadir dalam restoran layanan cepat. Selama ini yang kita tahu restoran dengan pelayanan seperti ini belum ada yang menghadirkan menu khas dari tempat tertentu. Jadi wajar menurut saya jika Chiking bisa mengambil hati para pelanggannya. Lalu apakah saya akan kembali lagi? Ya karena masih banyak menu Chiking yang belum saya coba. Seperti Royal Wrap, Royal Chunchy, Tandori Burger dan masih banyak lainnya. Saya yakin menu lainnya juga menghadirkan cita rasa lain dari yang pernah saya coba sebelumnya.