Thursday, 8 March 2018

Varian Baru Lapis Kukus Surabaya Pahlawan Rasa Terang Bulan

Perkenalan Varian LKS Pahlawan Terang Bulan
image: dok pribadi



Yang tinggal di Surabaya atau yang sering berkunjung ke Surabaya pasti tidak asing dengan salah satu kue yang bernama Lapis Kukus Surabaya Pahlawan. Kalau saya sih memang tidak asing, selain di dekat rumah saya ada outlet yang menjual Lapis Kukus Surabaya Pahlawan juga waktu dulu masih merantau, saya selalu bawa kue ini untuk dibagikan ke rekan saya di perantauan. Bahkan kalau keluarga saya mengadakan hajatan juga biasanya memberikan Lapis Kukus Surabaya Pahlawan ini sebagai suguhannya. Varian yang sering saya beli adalah yang  original dan brownies. Tapi ada juga varian lain seperti chocopandan dan cheese.

Pada hari minggu, 4 Maret 2018 kemarin LKS Pahlawan ini meluncurkan satu varian baru. Bertempat di Tugu Pahlawan Surabaya, acara peluncuran varian baru ini juga digelar sangat meriah bersamaan dengan pengundian 1 unit mobil sebagai acara tahunan LKS Pahlawan. Perkenalan varian baru ini ternyata disambut sangat luar biasa dari masyarakat. Terbukti karena antrean promo beli satu gratis satu untuk varian baru ini sangat panjang. Mungkin karena varian Terang Bulan ini pada hari itu hanya ada di Tugu Pahlawan alias belum dijual di store manapun.
 
Antrean Pembeli LKS Pahlawan Terang Bulan
Image: dok pribadi
Setelah saya mencicipi varian terang bulan ini saya juga jadi merasa beruntung karena termasuk salah satu yang pertama kali mencoba. Awalnya saya merasa aneh dengan melihat kue lapis kukus tapi diberi taburan kacang dan diberi nama Terang Bulan. Kan Terang Bulan atau orang di luar Surabaya menyebutnya sebagai martabak manis maupun kue Bandung itu adonan dan cara memasaknya sama sekali berbeda dengan lapis kukus. Mungkin karena selama ini saya jarang suka roti atau kue dengan isian kacang jadi agak ragu di awal. Waktu launching juga banyak yang bertanya kenapa dinamakan Terang Bulan, apakah karena taburan kacang? Tapi oleh owner dijawab dengan sangat singkat, intinya kita disuruh mencoba maka akan tahu kenapa dinamakan Terang Bulan. Sekilas tampilan kue ini seperti kue lapis kukus varian lain. Kuenya sendiri ada coklat dan bagian atas rasa terang bulan. Di antaranya ada lapisan cokelat keju dan di atasnya ada cream dan taburan kacang.
 
image: LKS Pahlawan

Kesan saya saat pertama kali mencicipi adalah kaget. Iya jujur saja saya kaget karena rasanya di luar dugaan saya. Dan saya langsung menangkap ini benar-benar terang bulan dengan tekstur lapis kukus. Intinya LKS Pahlawan Terang Bulan ini enak, enak banget malah menurut saya yang selalu tidak suka makan roti isi kacang. Kacangnya tidak seperti dugaan saya, tidak meninggalkan kesan membosankan dan ogah dicoba lagi. Saya sendiri juga heran kenapa bisa kue lapis kukus punya aroma dan rasa yang mirip sekali dengan Terang Bulan? Setelah saya teliti pelan-pelan, dari penilaian awam saya adalah karena beberapa hal. Yang pertama tentu harus dari adonan dulu, lapisan kua bagian atas yang dinamakan terang bulan sepertinya memang mengadopsi bahan dan rasa dari terang bulan asli hanya cara memasaknya saja yang berbeda. Lalu lapisan antara kue coklat dan terang bulannya ada coklat dan keju yang mirip lumer-lumernya terang bulan asli. Terakhir, tentu saja karena toping kacangnya. Terang bulan saat ini kan topingnya macam-macam, tapi LKS Pahlawan mengadaptasi dari Terang Bulan yang memang otentik.
Tampilan box LKS Pahlawan Terang Bulan
Image: dok pribadi

LKS Pahlawan Terang Bulan
Image: dok pribadi
Potongan LKS Pahlawan Terang Bulan
Image: dok pribadi


Jadi kalau mau bawa oleh-oleh bolehlah mampir ke LKS Pahlawan. Saya rekomendasi yang varian Terang Bulan ini karena sepertinya belum ada di tempat lain. Harga untuk varian ini adalah Rp 29.000,- dan untuk saat ini hanya ada di outlet resmi belum ada di outlet yang menjadi mitra LKS Pahlawan. Untuk info  lebih lanjut cek saja berbagai sosial media milik LKS Pahlawan. Selamat mencoba.A

No comments:

Post a Comment