Wednesday, 16 May 2018

Konsumsi Buah Sehat Dan Aman Dari Sunpride Selama Ramadan




Selamat menyambut bulan suci Ramadan teman-teman. Sudah punya persiapan khusus untuk menjalani puasa kali ini? Kalau saya alhamdulillah sudah, termasuk rencana-rencana mengatur olahraga dan asupan makanan selama berpuasa. Semoga juga bisa semakin mendekatkan diri pada Tuhan.

Sejak beberapa Ramadan lalu saya rajin menyetok kurma dan buah-buahan yang lain selama ramadan. Karena saya jarang dan kurang sukan makan dan minum manis jadinya kaget jika dipaksa oleh Ibu untuk mengkonsumsi yang manis-manis selama Ramadan. Lalu saya menemukan cara yang tepat untuk bisa tetap segar dan tidak lemas selama puasa di kota yang terkenal super panas dan gerah ini, yaitu dengan mendapatkan asupan gula dari buah segar. Cara ini tidak sengaja saya praktikkan selama beberapa Ramadan karena tahun 2015 lalu iseng mencari caption yang pas untuk foto buah-buahan saya. Karena saya jadi tahu mengkonsumsi sesuatu yang manis itu memang perlu tapi tidak boleh salah memilih. Misalnya olahan makanan manis yang mengandung banyak gula sering menjadi pilihan sebagian besar orang untuk bisa segar kembali setelah puasa seharian. Ternyata olahan gula yang kita makan justru bisa meningkatkan insulin yang belum stabil setelah berpuasa lalu dengan cepat juga membuang gula yang masuk. Dianjurkan untuk berbuka dengan makanan yang mengandung fruktosa seperti buah segar karena tidak akan menimbulkan “kekagetan” pada tubuh kita.

Begitulah cerita panjang nan agak alay yang mengawali saya gemar makan buah di Bulan Ramadan untuk menolong saya yang kurang suka manis-manis. Selain kurma yang saya sukai seperti sahabat baik yang cenderung menuju friendzone adalah buah pisang. Pisang adalah sahabat baik saya yang menemani saya kuliah maupun touring dan saya putuskan jadi teman selama puasa juga. Tapi kalau berbuka temannya dimakan, hehe... Biasanya saya cari yang pasti-pasti saja. Pasti ada dan pasti terjaga kulitasnya, yaitu Pisang Cavendish dari Sunpride yang tinggal ke mini market terdekat sudah pasti ada.

Setelah sekian lama bersahabat dekat dengan Pisang Cavendish dari Sunpride saya baru tahu kalau dia punya prestasi luar biasa bersama teman-temannya yang lain seperti Nanas Honi dan Guava Crystal. Pisang Cavendish Sunpride dan teman-temannya itu ternyata punya sertifikat Global GAP yang menjamin produk buah-buahan segar tersebut amat sangat aman untuk kita konsumsi. Nah ada baiknya kalau kita gali tentang Global GAP ini.

Apa Itu Global GAP?

Global GAP adalah singkatan dari Global Good Agricultural Practice, yaitu sistem sertifikasi Internasional yang menerapkan pendekatan sistem produksi untuk memastikan buah yang kita konsumsi ini aman dimakan. Jadi no more khawatir-khawatir dengan buah yang kita makan itu ditanamnya bagaimana dan kebersihannya bagaimana. Karena Pisang Cavendish, Nanas Honi, dan Guava Crystal dari Sunpride ini diperlakukan dengan penuh kasih sayang bahkan sejak mereka masih dalam angan sampai ke pembibitan dan sampai ke tangan kita.

Selain itu, saya sebagai mantan Urban Planner yang memperhatikan sekali tentang sustainable lingkungan juga sangat mengapresiasi komitmen dari PT. Sewu Segar Nusantara selaku pemegang merk Sunpride dan Perkebunan PT. Nusantara Tropical Farm dalam upayanya mendapatkan sertifikasi Global GAP ini. Mereka berkomitmen untuk menghadirkan buah lokal dengan kulitas Internasional serta menjaga keberlanjutan lingkungan perkebunan. Selain menjaga keamanan mutu buah yang kita makan dengan adanya Global GAP berarti mereka menerapkan sistem pertanian yang mengadopsi praktek budidaya berkelanjutan alias tidak merusak lingkungan selama kegiatan pertanian berlangsung. Setidaknya ada 4 (empat) poin utama yang diatur dalam standar GAP, yaitu: keamanan pangan, keramahan lingkungan, keamanan dan kesejahteraan, serta ketertelursuran.

Keamanan Pangan
Kualitas terbaik yang kita tahu dari Sunpride tidak menggunakan GMO (Genetic Modified Organism) atau rekayasa untuk mendapatkan bibit unggul. Semua teknologi yang digunakan untuk mendapatkan bibit unggul menggunakan teknologi yang ramah.  Serta seluruh prosesnya mulai dari pembibitan sampai pasca panen diperhatikan kebersihan dan keamanan pangannya.

Keramahan Lingkungan
Keramahan lingkungan yang dimaksud adalah sistem pertanian yang aman, tidak mencemari lingkungan karena penggunaan pupuk yang diatur ketat, dan menjamin satwa liat di dekat perkebunan juga tetap lestari.

Keamanan dan Kesejahteraan
Yang ini adalah poin yang melindungi para pekerja di sana yang berjasa besar menghadirkan buah-buahan untuk kita setiap hari. Tenaga  kerja di perkebunan buah Sunpride menggunakan perlengkapan dan perlindungan sesuai standar Internasional serta mengikuti peraturan pemerintah untuk menjamin kesejahteraan para pekerja.

Ketertelusuran
Ketertelusuran atau Traceability ini berarti bahwa buah dari produk Sunpride ini dapat kita telusuri dari perkebunan yang mana, kapan mulai dipetik, dan kapan mulai ditaman. Sehingga jika terjadi masalah di kemudian hari bisa ditelusuri dengan baik.

Global GAP
Global GAP

Global GAP


Ternyata buah dari Sunpride yang kita konsumsi ini di baliknya melalui perjalanan panjang demi kebaikan kita semua. Demi manusia yaitu konsumen dan produsen, demi lingkungan, dan demi anak cucu di masa depan agar masih bisa menikmati lingkungan yang sama baiknya seperti yang kita nikmati sekarang. Betapa mulianya komitmen dari Sunpride, semoga semakin berkah ya di Bulan Ramadan ini.