Saturday, 10 March 2018

Menemani Boy Group BTOB Untuk Mengenalkan Pariwisata Korea


BTOB Brother Act
Image From BTOB

Blog post saya kali ini merupakan full curhatan dan mohon maaf apabila mengandung ke-norak-an. Sebelumnya saya sama sekali tidak pernah menyinggung hobi saya tentang musik, drama, ataupun segala sesuatu yang berbau Korea. Tapi sesungguhnya saya menyukai musik dari negeri pada oppa itu. Dan dramanya? Jangan ditanya, sebagian besar kaum hawa pasti suka dan sebagian kecil lainnya malu-malu untuk bilang suka. Hah... Mungkin berawal dari suka nonton drama Korea bersama teman-teman kuliah saya. Lalu suka dengan original sound track dari drama akhirnya kepo dengan musik Korea jadinya berakhir dengan ngefans berat sama boy group yang bernama Born to Beat atau BTOB. Awalnya saya susah sekali untuk menyukai musik-musik K-pop karena mungkin jenis musiknya terlalu up beat yang tidak cocok di telinga saya yang dari kecil dicekoki lagu-lagu Ebiet G. Ade oleh orang tua dan sudah besar dengarnya Fiersa Besari. Sedangkan BTOB ini juara sekali dengan jenis musiknya yang ballad jadi bagi saya meskipun tidak tahu artinya tapi bisa dapat maknanya. Lalu mulai dengar lagu mereka yang bergenre rock ballad dan sejak saat itu mulai bisa mengikuti alur musik beberapa grup idol.

Kenalan Dulu Sama BTOB

Kenalannya singkat saja ya, nanti poin utama curhatan saya keburu basi. Jadi BTOB ini terdiri dari 7 orang laki-laki dengan pembagian posisi 4 orang sebagai vokalis dan 3 orang sebagai rapper.

1.       Seo Eunkwang
Eunkwang oppa ini sebagai leader dan vokalis. Kualitas suaranya bikin saya merinding. Yang belakangan saya tahu suara seperti malaikat itu ternyata diwarisinya dari ibunya. Pokoknya secara personality juga sangat bagus, suka beramal, sabar yang ditunjukkan dengan cara tidak pernah marah kepada anggota lainnya. Selalu punya cara untuk menegur dan mengingatkan. Semua itu diwariskan oleh Ibunya. Jika boleh punya keluarga ke-tiga saya ingin diangkat jadi anak dan adik di keluarganya. Haha... BTW coba cek video ini, kalian pasti akan merasakan kehangatan suara Eunkwang dan Ibunya. Awas jangan kaget.

2.       Lee Minhyuk
Minhyuk oppa ini punya hari lahir yang hanya beda beberapa hari dengan Eunkwang oppa. Posisinya sebagai rapper sekaligus visual dari grup yang artinya secara fisik tidak diragukan ketampanannya. Tapi jangan salah, rapper satu ini gak Cuma jago ngerap tapi nyanyi juga. Dulu hampir debut sebagai vokalis tapi dia memilih untuk posisi rapper. Gaya rapnya tegas dan sangat cepat, keren lah pokoknya. Punya badan atletis dan paling bisa melakukan segala macam olahraga.
3.       Lee Changsub
Changsub ini punya tahun lahir yang sama dengan saya tapi lebih tua dia 8 bulan. Jadi saya masih bisa panggil oppa. Ya begitulah... Orang ini adalah bias saya. Punya satu orang adik perempuan yang bercita-cita menikah dengan Eunkwang. Dengan posisinya sebagai vokalis, kualitas suara jangan ditanya lagi. Dulu dia adalah atlet skateboard tapi mengubah cita-cita menjadi penyanyi. Sepanjang 2017 dia juga bermain di 3 panggung musikal. Kalau ditanya apa yang saya suka darinya? Pokoknya banyak sekali dan salah satunya kepribadiannya yang bisa menempatkan diri sebagai idol maupun orang biasa.
4.       Im Hyunsik
Im Hyunsik  dengan posisi vokalis mendapat julukan Father of Music-nya BTOB. Karena hampir semua lagu-lagu BTOB adalah karyanya bersama Jung Ilhoon. Yang paling baru adalah album Brother Act dengan title track ”Missing You” yang mendapat respon sangat luar biasa dari fans maupun non fans. Sebenarnya semua anggota selalu berpartisipasi dalam membuat lagu dan lirik dari semua album mereka. Im Hyunsik juga anak dari seorang penyanyi senior Im Jihoon, jadi tidak heran bakatnya didapat dari mana.
5.       Peniel D. Shin
Peniel atau yang punya nama Korea Shin Dong Geun adalah satu-satunya member berkewarganegaraan Amerika. Orang tuanya adalah orang Korea tapi mereka sudah lama menetap di Chicago. Peniel juga pernah menjadi idol pria pertama yang tidak punya rambut alias botak karena alasan kesehatan. Tapi meskipun begitu dia tidak pernah kehilangan fans dan tetap mempesona. Menurut saya juga begitu. Peniel juga menulis sendiri bagian rap miliknya di setiap lagu BTOB.
6.       Jung Ilhoon
Jung Ilhoon yang seorang rapper juga berkontribusi banyak terhadap pembuatan album BTOB. Bahkan namanya terdapat di daftar idol pria yang punya hak cipta terbanyak dari lagu-lagu yang dia buat. Belum lama ini mengeluarkan album solo Big Wave yang semua lagunya tentu saja dia sendiri yang membuat. Punya seorang kakak penyanyi solo dengan panggilan JOO yang ternyata menghabiskan masa kecil sejak usia 3 tahun di Cilegon, Indonesia untuk mengikuti ayahnya bekerja.
7.       Yook Sungjae
Yang terakhir adalah member termuda yang mungkin non k-popers banyak mengenal dia di beberapa drama. Drama hitsnya yang terakhir adalah Goblin, dia berperan sebagai Yoo Deokhwa. Posisinya di grup adalah sebagai vokalis dan sangat menyukai Changsub. Lucunya mereka sering tidak akur tapi juga tidak bisa berpisah. Orang bilang dia sangat tampan tapi kelakuannya juga gila dan aneh.

Jadi mungkin itu sekilas perkenalan para anggota BTOB. Oh ya nama fandom mereka juga sangat cantik menurut saya, yaitu Melody. Saya sendiri selain bergabung di grup chat Melody kota saya, Melody Indonesia, juga Melody International. Mereka semua lucu dan menyenangkan sama seperti BTOB yang bisa disebut pelawak yang kebetulan punya kemampuan menyanyi sangat bagus dan juga tampan. Dan ini adalah salah satu lagu BTOB yang saya sukai. Memberikan semangat saat saya pernah tidak tahu harus apa lagi dalam hidup.


Jadi Bagian Dari Wow Korea Supporters 2018 Dan Menemani BTOB Memperkenalkan Pariwisata Korea

Nah ini nih, saya merasa seperti berjodoh dengan BTOB yang tanggal 27 Februari kemarin secara resmi diumumkan sebagai Duta Kehormatan atau Tourism Ambassadors oleh Korea Tourism Organization (KTO) untuk tahun 2018. Jadi mereka punya tugas untuk memperkenalkan tujuh konten utama pariwisata  yang ditawarkan Korea, yaitu pertunjukan, pasar tradisional, olahraga, pelayaran, acara, makanan, dan pengalaman langsung.  Selamat bertugas teman-teman BTOB. BTOB sendiri adalah grup kedua yang mendapatkan kehormatan ini setelah dulu ada Super Junior.
Lalu saya sendiri?
Saya yang berawal iseng mendaftarkan diri sebagai Wow Korea Supporters (WKS) Indonesia di tahun 2018, tidak menyangka bahwa ketertarikan saya terhadap budaya Korea ini ternyata diapresiasi juga. Awalnya sudah tidak punya bayangan apapun akan terpilih sebagai WKS 2018 tapi ternyata di pengumuman seleksi saya terpilih sebagai salah satu dari 25 orang. Dan bersamaan dengan opening ceremony Korea Festival oleh KTO di Surabaya kemarin (2 Maret 2018) juga diresmikan dan diperkenalkan sebagai WKS 2018 di Indonesia oleh KTO. Di perkenalan kemarin hanya dihadiri oleh 3 orang yang dari Surabaya. Jauh dari sisi lain saya selain senang jadi bagian dari WKS 2018 juga senang sesekali bisa naik panggu di atrium mall paling terkenal di Surabaya. Hehe... maaf alay.
Peresmian WKS 2018 oleh KTO di Korea Festival Surabaya

Sebenarnya Wow Korea Supporters itu apa? Wah saya yakin nih para blogger senior di lingkaran saya juga pernah ada yang jadi WKS di angkatan tahun-tahun sebelumnya. Jadi sederhananya anggota WKS ini turut mengenalkan pariwisata-pariwisata di Korea melalui Social Network Service SNS atau biasanya kita sebut sosial media. Rewardnya apa? Ada banyak sekali salah satunya dengan performa terbaik akan diajak keliling Korea. Keistimewaan yang terlihat oleh mata lainnya adalah diperkenalkan sebagai anggota WKS secara resmi, certificate of appoinment, dan jaket seragam yang ini saja sudah sangat seru bagi saya. Hehe... Doakan semoga bisa menjadi yang terbaik. WKS sendiri juga tidak hanya ada di Indonesia, negara-negara lain yang bekerja sama dengan Korea juga mengadakan hal serupa.

Certificate
                   Image source: dok Pribadi

Certificate 
                   Image source: dok Pribadi

Box Jaket
                    Image source: dok pribadi
Uniform WKS 2018


Jadi dengan dipilih menjadi anggota WKS 2018 oleh KTO dan dipilihnya BTOB sebagai Tourism Ambassadors 2018 oleh KTO adalah hal sederhana yang membahagiakan. Seperti takdir dan berjodoh dengan grup favorit saya. Mereka sepanjang tahun 2018 ini punya tugas untuk memperkenalkan pariwisata Korea dan saya juga begitu, tentunya dengan cara yang jauh berbeda ya, hahaha... Yang penting ada yang sama gitu lho. Bahkan kakak ipar saya yang tidak seberapa mengikuti dunia hiburan juga ikut bahagia, katanya saya punya takdir dan jodoh yang bagus dengan grup yang saya sukai.

Hal terakhir dari unek-unek yang mau saya bagi adalah tentang pandangan orang terhadap WKS Indonesia yang akan memperkenalkan pariwisata negara lain dan bukan negaranya. Please tolong yang memandang segala sesuatu dari sisi yang sempit. Mari kita pandang dari sisi positifnya. Dengan adanya program ini berarti hubungan kenegaraan antara Indonesia dan Korea telah terjalin dengan sangat baik. Mereka memberi perhatian dan menghargai kembali orang-orang dari luar negaranya yang juga menghargai budaya mereka. Di masa depan saya berharap juga Indonesia punya program serupa atau mungkin sudah punya.  Salam hangat saya untuk teman-teman WKS 2018 dari semua negara. Dan terima kasih telah membaca curhatan saya.


19 comments:

  1. Semoga jodoh beneran dan ketemu BTOB beneran.. aiyayayayay... ikut sennag untukmu, Ndah.. congrat ya, semoga lanjut ke babak selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih mama. Selagi hidup di bumi yg sama dan udara yg sama maka kemungkinan untuk bertemu (apalagi bersatu) bisa sangay mungkin. Haha...

      Delete
  2. Wach mantabb ya, bisa ketemuan sama Idola :d

    ReplyDelete
  3. Ini namanya dari hobi dan ngefans bisa mendatangkan rejeki

    ReplyDelete
  4. Waaahhh kereeenn. Temen saya yang ngfans berat sama BTOB pasti ngiri banget nih liat ini. Sukses yaaa

    ReplyDelete
  5. Aku belum terlalu paham sama BTOB ini mbak aku tahunya BTS hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu dipaksakan tahu sih. Makasih sudah mampir

      Delete
  6. Aku kenal btob karena kenal sunbaenim terlebih dahulu,beast. Dulu btob tyada bersinab, seakan belum punya feel dia mau kayak gimana sih grup btob. Jenis musiknya pasaran gitu, terus kepincut sama balad, lupa judulnya. Trus liat variety show, lah kok kocak. KepincKe deh sama mereka 😁😁

    ReplyDelete
  7. Ada banyak sekali salah satunya dengan performa terbaik akan diajak keliling Korea.. ikut mendo'akan smg dream come true ya.. Aamiin- cayyo.. fighting mba salam salute dan turut bahagia

    ReplyDelete
  8. Oalah jadi ini tentang festival korea yg di TP? Wooow

    ReplyDelete
  9. Entah mengapa saya kok kurang tertarik dg grup band korea, faktor usia sebenarnya bukan alasan, kenapa ya?
    Padahal cakep-cakep artisnya hehehe
    www.renidwiastuti.com

    ReplyDelete
  10. Hoooo makanya id twittermu ada melody'nya yak? Trus nyari twittermu kok gk ada 'Ndah? Eaaaa kepo trus hihihi

    ReplyDelete
  11. Seandainya, seandainya drama Ratu Jodha bikin acara beginian dan aku terpilih jadi duta nya aku bakal nulis postingan kayak gini juga, Ndah. Masalahnya aku gak paham Korea banget. Baca ini pun aku gak bisa menyeruakkan perasaan WOW ku. Kubingung gimana komennya. Yang pasti aku bahagia lihat temanku naik ke panggung dan kudoakan semoga bisa berangkat ke Korea. Bagian belakang ini yang aku mupeng. Gapapa deh gak suka Korea, tapi papa lah klo diajak ke Korea gratis. Siapa tau sepulang dari sana bisa muncu perasaan cinta terhadap artis Korea haha

    *duh komennya gak pilihan all/url 😭😌

    ReplyDelete
  12. Wah, biasku di BTOB Sung Jae karena dia rajin ngedrama sih, tapi Min Hyuk nge-rap nya juga okay dan bikin gemash :))

    Selamat udah terpilih jadi WKS yah, aku juga pernah terpilih jadi WKS tapi lupa tahun berapa hehehe.

    Semoga suatu saat bisa ketemu sama BTOB yah :)

    ReplyDelete
  13. aduh kerennya aku jadi pengen :D pengen ketemu BTOB, kapan yak ke indonesiaa

    ReplyDelete
  14. BTOB is my reason to love everything about korea and music of course. 😭😭

    ReplyDelete
  15. Halo kakk. Aku fans BTOB juga, tapi cuma silent fans sih. Satu-satunya grup kpop yg bikin semangat biar bisa giat lagi melakukan sesuatu. Suka banget sama Way Back Home + Fly Awayy.
    Senang baca artikel kakak. Semoga dijodohkan dengan oppa >_<

    ReplyDelete