Saturday, 14 July 2018

Menutup Syawal Dengan Silaturahim Di DNeven Bakehouse Surabaya



Tinggal di Kota Surabaya itu gampang-gampang susah terutama saat idulfitri. Tahun ini karena sudah pulang ke Surabaya for good, jadi merasakan kembali sepinya hari raya di kota kelahiran. Serta tidak lagi merasakan bingung membawakan oleh-oleh untuk rekan di rantau. Bagaimana tidak sepi kalau semua teman pulang ke kampung halaman masing-masing dan saudara yang sudah menikah juga semua berlebaran di kampung halaman istri atau suaminya. Pada akhirnya saya survive dengan mengunjungi tempat wisata di Surabaya.

Lalu pada suatu hari yang cerah saya mendapat pesan dari teman-teman Blitz yang mengajak kumpul di akhir Bulan Syawal, . Katanya pengin arisan dan silaturahim karena teman-teman sudah balik mudik dan bali dari libur lebarannya. Setelah oke, ternyata lokasi yang terpilih adalah bakehouse spiku Surabaya yang terkenal itu. Setelah lama LDR dari Surabaya tentunya semua merindukan kuliner Surabaya yang otentik.

Nama lokasi tempat kami kumpul-kumpul adalah DNeven Bakehouse Surabaya. Lokasinya di sekitaran Jalan Ngagel Jaya Tengah, sangat gampang dicari dan dari google maps juga sudah ada tanda lokasinya dengan jelas. Ditambah lagi daerah Ngagel adalah tempat saya banyak menghabiskan waktu di awal-awal perkuliahan dulu. Duh rasanya arisan sambil nostalgia.
Kudapan Arisan
Image source: Dokumentasi Pribadi
Luar biasanya teman-teman Blitz ini kalau janjian enggak ngaret, kami janjian pukul 9 pagi dan saya datang sebelum pukul sembilan juga sudah datang semua. Saat saya hendak masuk ke DNeven ternyata barengan dengan pemiliknya, yaitu Kakak Daniel. Karena kebetulan ketemu jadi sekalian kami minta Kak Daniel untuk ikut meramaikan acara kami dengan bercerita tentang sejarah DNeven ini.

“Apa sih yang ada di benak teman-teman kalau mendengar kata spekkoek?”

Disambut dengan berbagai jawaban dari teman-teman tentang spiku Surabaya atau spekkoek ini, ada yang menjawab lapis Surabaya, kue enak, kue tradisional,  kue kekinian, kue mewah dan masih banyak lagi. Tapi bagi saya yang asli Surabaya spekkoek adalah kue yang dikenang. Dikenang bagaimana? Kue ini sudah ada sejak zaman oma dan opa kita dahulu sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Bisa dibilang resep legendaris yang punya kekuatan di standar takaran bahan-bahannya sehingga bisa menghadirkan rasa yang mewah dan rasanya bisa diingat dengan jelas alias dikenang. Bisa bandingkan sendiri spekkoek yang memang resep otentik dengan spiku-spikuan lainnya.
Bersama Owner dan
Menariknya di DNeven Bakehouse ini baru buka tahun 2017 tapi DNeven sendiri sudah ada sejak tahun 2002. Menurut cerita Kak Daniel, seluruh keluarganya memang bergerak di bidang kuliner terutama fokus pada roti dan kue. Sehingga spekkoek DNeven juga punya pendirian pada rasa yang otentik.

Meskipun rasanya otentik sekali bukan berarti DNeven Bakehouse tidak bisa berkreasi. Mereka justru memiliki beberapa varian yang bisa dibilang kekinian tapi tetap saja tidak meninggalkan kesan bahwa spekkoek itu rasanya harus nendang banget. Bahkan membawa DNeven dalam obrolan saya bersama seorang teman di Jepang yang papanya mantan chef international, dia sendiri juga suka memasak dan sangat memperhatikan makanan. Dia setuju bahwa spiku atau spekkoek adalah resep otentik, rasanya harus nendang dan bisa direkam oleh lidah yang kekuatannya memang terletak di standar kualitas dan kuantitas bahan baku. Jika tidak maka rasanya akan ambyar kayak hati jomblo lihat gebetan punya pacar, hahaha...  bolehlah ya saya bahas sedikit tentang varian spiku di DNeven.

Charcoal Cheese Spekkoek
Charcoal Cheese Spekkoek
Nah varian ini saya baca dari review di google maps DNeven adalah yang paling banyak dibeli. Saya selalu hobi membaca review google untuk lokasi-lokasi yang akan saya datangi. Waktu saya baca review DNeven ternyata banyak yang memuji Charcoal Cheese Spekkoek ini. Pewarna hitam dari charcoal ini zaman sekarang sudah lazim kita jumpai di berbagai makanan seperti dough pizaa, bun burger dan masih banyak lagi..
Namanya saja charcoal cheese spekkoek, yang digunakan untuk lapis tengahnya adalah cheesecake yang lembut dan enak, yang penting rasanya tidak balapan dengan si charcoal yang mengapitnya. Selai yang digunakan untuk olesan antara charcoal adalah selai blueberry. Pokoknya mah bagian charcoalnya mantap seperti layaknya spiku yang sudah saya sebutkan di atas.

The King Spekkoek

Selain charcoal cheese, best seller selanjutnya dari DNeven adalah The King Spekkoek ini. Yang tebuat dari durian asli. Yang digunakan adalah durian Medan dengan rasa yang kuat.  Keiknya sendiri perpaduan dari resep otentik spiku khas DNeven dan juga campuran durian. Lalu yang bikin lebih premium adalah olesan yang dipakai di antara keiknya adalah selai durian asli yang diolah sendiri dari 100% daging durian. Jadi bukan krim-krim rasa durian begitu. Para pecinta durian harus coba ini. Dan saya sudah berhasil mengiming-imingi teman saya yang pecinta durian di Malaysia dengan spiku durian DNeven ini, hahaha...

Classic Original  Spekkoek
Kalau cari yang rasanya khas original spiku Surabaya ya varian ini pilihannya. Mungkin bisa dijadikan khazanah untuk memperkaya indra pengecap dan bisa membedakan the real spekkoek itu seperti apa. Jadi yang original ini adalah keik vanilla dan keik coklat yang di antaranya menggunakan pelapis selai stroberi.

Old Style Spekkoek
Masih senada dengan yang klasik, varian ini juga favorit sejak zaman dahulu kala. Bedanya ada di keik yang tengah. Kalau classic original spekkoek menggunakan keik coklat, di varian ini mereka menggunakan keik cinnamon alias kayu manis. Wah saya juga favorit dengan kayu manis ini. Biasanya saya gunakan untuk campuran teh hangat. Selain itu bagian atanya juga ditaburi dengan raisins.

Tripple Chocolate dan Tripple Vanilla Spekkoek
Mendengar kata triple ini pasti sudah tau dong berarti 3 lapis keiknya adalah coklat dan vanilla. Jadi para pecinta coklat dan vanilla juga dimanjakan oleh DNeven Bakehouse.  DNeven membawa flavor kesukaan sejuta umat untuk dipadukan dengan spiku khas Surabaya yang resep asli. Jadi tidak perlu kehilangan kesempatan untuk menikmati rasa favorit sekaligus rasa khas dari spiku.

Ladies & Gentleman Spekkoek

Ladies & Gentleman Spekkoek terdengar kayak MC mau mulai acara ya? Haha... unik sekali kan? Saya sendiri have no idea saat mendengar nama varian ini kalau tidak sekalian melihat wujud asli spikunya. Ternyata varian ini adalah kolaborasi antara keik green tea dan kopi dengan selai kopi juga tentunya. Keik kopi menjadi layer bagian tengah dari varian ini. Rasa kopinya strong dan berkelas seperti pria lembut dan berkarakter. Dan green teanya tentu saja nikmat ngeblend banget sama kopinya. Yah kalau dipikir-pikir varian rasa spekkoek dari DNeven ini lengkap dan unpredictable lah. Kurang rasaku padanya aja nih yang gak ada di DNeven Bakehouse.

Setelah mencicipi  semua itu saya jadi haqqul yaqin DNeven ini sangat layak jadi bagian dari euphoria oleh-oleh khas Surabaya. Apalagi beberapa tahun ini Surabaya sudah banyak berkembang bidang jasa dan bisnisnya dan dampaknya juga postif terhadap tempat wisata di Surabaya. Sekarang orang-orang berkunjung ke Surabaya tidak hanya untuk kebutuhan bisnis tapi juga berwisata. Jadi opsi kuliner Surabaya juga semakin beragam. Para pengunjung sudah tidak lagi bingung menentukan pilihan oleh-oleh jika pergi ke Surabaya.

Kumpul-kumpul hari itu sangat berkesan sekali buat saya pribadi. Bisa berkumpul bersama rekan-rekan Blitz dan juga bertemu Kak Daniel yang akhirnya obrolan hari itu benar-benar Surabaya banget. Membahas perkembangan Surabaya akhir-akhir ini dan juga resep spiku Surabaya yang seharusnya. Dua hal favorit saya jadi satu pembahasan yaitu kuliner otentik dan Surabaya. Selain itu juga berkesempatan melihat Kakak Zaneta Illona Chandra selalu operational manager dari DNeven Bakehouse yang sedang melalukan finishing charcoal cheese spekkoek.

Setelah mencicipi berbagai varian DNeven di arisan kemarin dan juga berhasil mengiming-imingi teman-teman, saya jadi pede lah mau merekomendasikan ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang berkualitas. Bahan baku DNeven juga terjamin halal dan sehat depkes. Apalagi packagingnya yang saya bilang unik, lucu, sederhana, keren, tapi luxury. Selain itu spiku ini juga dikemas dengan metode vacuum sealing yang bikin awet dan aman untuk dibawa atau dikirim.
Packaging Dneven
Don’t worry be happy lah kalau teman-teman berkunjung ke Surabaya, beberapa hotel bekerja sama dengan DNeven Bakehouse, jadi kalau kalian menginap di Luminor Hotel, Fave Hotel, Zoom Hotel, Neo, dan Midtown Hotel, kalian bisa dapat diskon juga. Atau kalau kalian menginap di tempat saya juga bisa dapat diskon DNeven Bakehouse, hahaha... bercanda, tapi diskonnya serius sih. Enggak perlu ketemu saya, teman-teman yang baca artikel ini bisa dapat diskon 5%, tinggal sebutkan saja kode dindahnurma lovedneven. Seriusan ini, jadi bersyukur kan kalian baca artikel ini? Seperti saya yang bersyukur teman-teman mampir ke blog saya. Terima kasih...
Woman Squad
foto oleh Mas Zamroni


Dneven Bakehouse
Alamat: Jalan Ngagel Jaya Tengah 93 Surabaya, Indonesia
Jam operasional:  7am-7pm
Telp: 081 234 109 001
Website: www.dnevensurabaya.com
Instagram: dnevensurabaya


7 comments:

  1. Enaaaaak.. mrono maneh yuk ambek mampir sebelah e wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaakkk berburu gaun pengantiiiin :D

      Delete
    2. ehh aku langsung nyntolnya ke bakso. whhh iyaa...jadi sebelahnya ini yanh gaun pengantin itu kah??

      Delete
  2. lembut, padat tapi nggak nyereti.....kelas premium sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, walaupun padat berisi tapi lembut. Padahal umumnya klo spiku lembut kurang padat isinya. DNeven emang enakkkk

      Delete
  3. Asyik banget d'Neven ini
    Aku bener2 terpukau dgn yg rasa THE KING alias DUREN

    Nyaaaaammmmm

    ReplyDelete
  4. Sekarang lagi ngetrend juga ya kuliner berbahan charcoal. Penasaran nih kalau kue dikasih charcoal

    ReplyDelete