Friday, 8 February 2019

Self Healing Yoga Untuk Mencegah Dan Menyembuhkan Kanker

world cancer day

World Cancer Day


Bulan lalu saya ingat persis waktu bangun tidur di pagi buta. Seperti biasa saya tak pernah jauh dari ponsel dan mengecek grup WA yang tiba-tiba penuh notifikasi dari salah satu grup sekolah. Tidak biasanya penuh seperti itu, antara firasat buruk saya baca pelan-pelan pesan yang masuk mulai dari atas. Ternyata kabar teman sebangku saya telah berpulang. Tidak jelas apa sebabnya, namun setelah melayat, saya menyimpulkan dari cerita Sang Ibu bahwa teman saya terkena kanker. 

Seumur hidupnya tak pernah mengeluh sakit, namun ketika sekali sakit mereka mendapat kabar bahwa sakitnya telah parah. Kondisinya terus menurun dengan cepat hingga akhirnya berpulang tanpa sempat ditangani lebih lanjut. Kata dokter yang menangani, karena kondisinya yang tidak juga prima maka dari itu penanganan kemoterapi tidak bisa diberikan. 

Kabar ini tentu menjadi kabar yang sangat mengejutkan buat saya dan pukulan berat buat keluarganya. Saya sendiri seumur hidup belum pernah bersinggungan dengan penyakit kanker. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2015 mencatat bahwa tidak kurang dari 8,8 juta manusia meninggal dunia karena kanker. Tentu data tersebut terus bertambah seiring waktu, salah satunya teman saya ini. Penyakit kanker menjadi salah satu dari enam penyakit mematikan yang mempengaruhi mortalitas dunia. 

30-50% dari kanker bisa dicegah. Salah satunya bisa dengan cara memberikan informasi dan mendukung gaya hidup sehat.  Oleh karena itu World Against for the New Millenium  di Paris menetapkan tanggal 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day. Saat itu Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Penelitian Kanker Internasional (International Agency for Research on Cancer) bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap bahaya penyakit ini dan mendukung para penyintas kanker. 

Dari tahun ke tahun saya turut serta dengan berbagai acara untuk mendukung para penyintas kanker. Tahun lalu saya bergabung dengan teman-teman komunitas untuk penggalangan dana bersama idol  Korea yang hasilnya kami berikan kepada salah satu yayasan penyintas kanker. Tahun ini 2019 saya kembali mengikuti peringatan Hari Kanker Sedunia bersama  Adi Husada Cancer Center (AHCC) di Hotel Wyndham Surabaya.
Yayasan Kanker Indonesia
Para Dokter Yang Hadir 

Pada tahun 2019 ini kegiatan yang dilakukan AHCC adalah Health Talk dengan tema “Self Healing With Yoga”  bersama dr. Astie Young, dipl. Codesco, CHt, MNLP, pakar dan instruktur Yoga serta founder METAMORPHOSIS (Clinic, Institute, Hypnobirthing Surabaya). Selain itu acara ini juga  dihadiri oleh Dr. Edhy Listyo, MARS, Q.I.A – Ketua Perkumpulan Adi Husada; Irawati Marga, MARS, Q.I.A, C.M.A – Direktur Utama @adhihusada.uw; Ibu Estiningtyas Nugraheni, SKM,. MARS – Pengurus Yayasan Kanker Indonesia Jawa Timur; perwakilan dokter AHCC dr. Bambang Widjanarko, Sp. Rad (K), Onk. Rad; dr. Lulus Handayani, Sp. Rad (K). Onk. Rad;  dr. Ulinta Purnawanti Pasaribu, Sp. Rad (K), Onk. Rad. 

Self Healing Yoga

Self Healing Yoga
Self Healing With Yoga 

Self Healing Yoga memang bukan kegiatan yang ajaib dan serta-merta mampu menyembuhkan penyakit kanker. Namun kegiatan ini turut serta dalam mendukung komitmen AHCC dalam upaya meningkatkan kesadaran, serta mendorong pencegahan kanker seperti tujuan utama Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day.

Bagi yang bukan penyintas kanker, self healing yoga  ini dapat membantu mencegah datangnya penyakit, dan saat seseorang sudah terkena kanker teknik ini bisa menjadi pendukung selain pengobatan medis. Bagaimana bisa? Mudahnya keseimbangan keselarasan antara badan, pikiran, dan batin akan membuat manusia sehat secara holistik.

Pernah mendengan psychosomatic? 


Psychosomatic adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh faktor mental seperti stress dan kecemasan. Tidak hanya menimbulkan penyakit fisik tapi bisa lebih memperparah suatu penyakit yang sudah diderita oleh seseorang. Dan psychosomatic ini nyata adanya.

Stress dan cemas ini tidak bisa disembuhkan oleh orang lain karena yang bisa mengatasinya adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu self healing yoga  ini sebenarnya diperlukan oleh semua orang agar bisa menjauhkan pikiran-pikiran negatif kita terhadap suatu penyakit, termasuk kanker. Sedangkan bagi para penyintas kanker, yoga ini sangat diperlukan untuk membangun semangat bahwa mereka akan bisa sembuh. 

Yoga yang dilakkan untuk self healing  ini adalah jenis Yin Yoga. Yin Yoga ini adalah jenis yoga yang minim gerakan karena tujuannya memang untuk membuat kita rileks, tenang, dan menemukan diri sendiri. Prinsip gerakannya adalah gerakan perlahan dan lembut. Meskipun begitu, dalam gerakan Yin Yoga ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada jaringan-jaringan ikat dan persendian yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada penyintas kanker. 

Serangkaian gerakan self healing yoga ini dapat melatih kesadaran diri agar hidup selaras, ringan, dan ikhlas serta memelihara ketentraman dan kesehatan seutuhnya. Apalagi dalam Yin Yoga ini unsur pernapasan sangat penting. Napas yang membuat oksigen dan nutrisi mengalir deras ke seluruh bagian tubuh membuat batin dan raga menjadi tenang, selaras serta harmonis. 

Dapat berpikiran positif memang sangat bagus namun jangan sampai mengabaikan jika tanda-tanda kanker kita dapati pada diri kita. Meskipun begitu jangan sampai membuat kita stress dan cemas.  Pesan-pesan AHCC dan Ibu Estyningtyas dari  Yayasan Kanker Indonesia Jawa Timur di World Cancer Day:
  1. Jaga kesehatan dan hidup dengan seimbangJ
  2. ika berhadapan dengan tanda-tanda kanker, jangan panik dan pilih tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi mengenai kankeri
  3. ka sudah terkena kanker, jangan merasa sendirian ada banyak orang yang mampu menolong kita, keluarga yang mendukung, dokter yang tepat, dan Yayasan Kanker Indonesia juga bisa mendampingi.

Menerapkan gaya hidup sehat memang tidaklah mudah namun lebih tidak mudah lagi jika kita mengabaikan kesehatan dan tau-tau sudah terkena penyakit yang berbahaya. Mari kita hidup sehat dan terus mendukung para penyintas kanker di sekitar kita. 

8 comments:

  1. Ikut berdukacita.. semoga temanmu damai disana. Semoga kita juga dijauhkan dr penyakit ini.. semangat hidup sehat.

    ReplyDelete
  2. Penting banget, jangan merasa sendirian kalo kena penyakit2 begini,, Nice! Bismillah semoga selalu sehat dan dalam lindunganNya.

    ReplyDelete
  3. Asik kalo ada self-healing Yoga gini.
    Pan kapan mau ikutan juga aaahhh
    *bawa yoga mat*
    --kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Semua berawal dari hidup sehat mbak, tetapi kadang hidup sehat aja gak cukup, juga perlu ada asupan yang seimbang.

    ReplyDelete
  5. Wah, iya bener bgt kak, kita harus menerapkan gaya hidup sehat supaya terhindar dr kanker yah kak, thx infonya kak :)

    ReplyDelete
  6. Kanker emang jadi momok ya..

    Jadi memang harus selalu menjalani gaya hidup sehat..

    Nice artikel

    ReplyDelete
  7. Semoga Allah selalu melindungi kita dari berbagai penyakit.. Termasuk yang mematikan ini.. Aamiiin.

    ReplyDelete