Wednesday, 10 April 2019

Sentuhan Cinta Johnson’s Untuk Membangun Kedekatan Ibu Dan Bayi



Saya mengikuti diskusi, banyak berdiskusi dengan kakak ipar, dan membaca tentang pentingnya fase emas anak dalam 1000 hari pertama kehidupan atau 1000 HPK. Dalam tulisan sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai pentingnya memenuhi nutrisi seimbang pada 1000 HPK dan juga pentingnya memberikan dukungan kepada ibu di 1000 HPK si anak.

Pertumbuhan selain secara fisik juga tidak boleh dilupakan bahwa pertumbuhan psikis anak juga sangat penting. Selama ini yang saya ketahui bahwa memberikan nutrisi yang cukup pada 1000 HPK anak sangat wajib agar anak terhindar dari stunting dan tumbuh dengan baik. Ternyata ada hal penting lain yang harus diperhatikan, yaitu dalam 1000 HPK pertumbuhan psikis juga berlangsung dan sama-sama penting untuk diperhatikan.

Ternyata memang antara pemenuhan nutrisi seimbang pada 1000 HPK dan memberikan dukungan kepada ibu di 1000 HPK si anak sangat berkaitan erat. Memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan fisik si bayi dan mendukung ibunya agar bisa selalu dalam keadaan baik untuk berkomunikasi membangun kedekatan dengan anak sedari masa dalam kandungan.

Sentuhan Cinta Johnson’s

Sentuhan Cinta Johnson's
image source: dok pri

Hari minggu lalu (6/4/2019) Johnson’s mengadakan Johnson’s Sentuhan Cinta bersama para ibu dan calon ibu di Surabaya. Dalam salah satu sesi acara ini ada sesi bersama dokter spesialis anak yaitu dr. Dyah Retno Wulan, S.pA. dan beliau juga mengatakan bahwa masa emas bayi atau 1000 HPK terjadi sejak 9 bulan dalam kandungan.

Dalam kampanye Sentuhan Cinta Johnson’s ini Johnson’s mengajak para ibu di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat bayi dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya dalam periode emas.  Dokter Dyah Retno Wulan juga mengatakan bahwa hal penting dalam periode emas bayi tidak hanya kecukupan nutrisi saja namun afeksi melalui sentuhan cinta ibu juga sangat penting untuk pertumbuhan psikologis anak.

Program Sentuhan Cinta Johnson’s adalah buah komitmen JOHNSON’S dalam meningkatkan kualitas hidup bayi.  Sentuhan cinta yang dikampanyekan oleh JOHNSON’s adalah melalui ritual pijat bayi dan mandi bayi. Tentunya ritual ini juga memiliki panduan khusus alias tidak sembarangan, tata caranya sudah diatur, tidak hanya itu saat melakukan ritual ini ibu juga bisa berkomunikasi dengan anak yang dapat membangun kedekatan bayi terhadap ibunya.

Dalam menjalankan program ini, JOHNSON’s bekerja sama dengan Habitat For Humanity untuk membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Indonesia, salah satunya yang akan datang adalah di Desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.  Tidak hanya itu, JOHNSON’s juga mengajak para ibu untuk berpartisipasi dengan cara berdonasi melalui pembelian produk di Alfamart atau Shopee senilai minimun 25 ribu rupiah. Secara otomatis para ibu sudah turut menyumbangkan 500 rupiah untuk membangun Posyandu di Randusongo, Gresik.

Pentingnya Pijat Bayi Dengan Benar

Pijat Bayi
image source: JOHNSON'S BABY

Pernah dengar bahwa manusia setiap hari sejak dilahirkan itu selalu belajar?  Iya, bayi sejak dilahirkan juga belajar tapi dengan cara yang sangat berbeda, yaitu melalui panca inderanya. Oleh karena itu dokter Dyah juga menyampaikan jika tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (kecerdasan emosi, fisik, mental).

Dokter Dyah juga menyinggung seperti yang saya bahas di awal tulisan ini. Bahwa bayi dalam 1000 HPK atau periode emas harus dipenuhi kebutuhannya, antara lain kebutuhan fisik, mental/emosonal, dan spiritual.
  • Fisik: Nutrisi, Higenis, perawatan fisik (kulit, rambut, dll), dan stimulasi fisik.
  • Mental/Emosional: melalui stimulasi multi sensori dan kasih sayang.
  • Spiritual: tentu saha secara agama dan nilai-nilai etika.
Stimulasi multi sensori ini yang akan saya bahas lebih lanjut dalam tulisan ini. Stimulasi multi sensori atau stimulasi indera memiliki beberapa manfaat, yaitu Bonding atau membentukan ikatan kedekatan ibu dan bayi serta bagi perkembangan fisik bayi dalam koordinasi mata-tangan termasuk memegang dan meraih objek.

Stimulasi multi sensori yang dijelaskan oleh dokter Dyah salah satunya dapat dilakukan melalui stimulasi Pijat Bayi. Pijat bayi sebagai momen untuk memperkaya pengalaman sensorial  dengan berbagai manfaat. Stimulasi pijat bisa lebih maksimal jika menggunakan minyak atau lotion saat memijat.

Manfaat Fisik Stimulasi Pijat Bayi

  • Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
  • Melancarkan sistem peredaran darah
  • Melancaran pernapasan
  • Meningkatkan berat badan dengan sehat
  • Meningkatkan sistem imun
  • Meningkatkan kualitas tidur untuk perkembangan memori bayi

Manfaat Emosional

  • Membuat ikatan/bonding ibu dan anak
  • Lebih mudah bersosialisasi (menjangkau, tersenyum, kontak mata)
  • Meredakan ketidaknyamanan saat tumbuh 
  • Menurunkan hormon stresor sehingga bayi tidak mudah rewel dan lebih rileks serta lebih riang
Setelah sesi dengan dokter Dyah berakhir, tibalah sesi yang juga sangat ditunggu, yaitu sesi belajar memijat bayi bersama para ahli dari JOHNSON’S. Dalam melakukan stimulasi pijat bayi  cukup bulan (aterm) dan BATITA terdapat 6 rangkaian teknik.


6 Rangkaian Teknik Stimulasi Pijat Bayi

  1. Pijatan Wajah
  2. Pijatan Dada
  3. Pijatan Perut
  4. Pijatan Tangan
  5. Pijatan Kaki
  6. Pijatan Punggung
Tapi yang harus diingat ada hal-hal yang harus dihindari saat melakukan pijat bayi. Sangat tidak dianjurkan untuk memijat bayi setelah makan atau minum. Tidak perlu membangunkan bayi dari tidur hanya untuk melakukan pijat karena justru bisa merusak mood bayi. Saat sakit juga tidak dianjurkan untuk memijat bayi, padahal pada masyarakat umumnya bayi yang sakit justru dibawa ke dukun bayi untuk dipijat. Sedangkan hal yang harus diperhatikan untuk ibu ketika akan memijat adalah perlu dipastikan untuk tidak memijat dalam keadaan kuku panjang dan memakai perhiasan di sekitar lengan dan jari.

Pijat bayi dianjurkan untuk dilakukan sehari dua kali, yaitu saat hendak mandi pagi dan sore saat bayi hendak tidur. Untuk mendapatkan manfaat stimulasi pijat bayi dengan maksimal dianjurkan menggunakan baby oil saat pagi dan lotion bayi saat sore. Prosesnya juga tidak lama hanya sekitar 15 menit, sambil memijat sambil berkomunikasi dengan baik. Yang perlu digarisbawahi adalah ketika bayi menangis, pijat tidak perlu diteruskan.

Tidak perlu risau jika terlewat acara Sentuhan Cinta Johnson’s kemarin, ibu-ibu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai langkah-langkah pijat bayi di website JOHNSON’S. Saya juga akan melampirkan video tutorial pijat bayi dari JOHNSON’S di akhir tulisan. Selamat membangun kedekatan dengan buah hati di periode emas bayi.



1 comment:

  1. Dulu anak pertama aku pijat bayi ke mbah mbah.. setelah tau ilmunya ternyata pijat bayi bisa dilakukan sendiri ya..

    ReplyDelete