No Baked Skippy Peanut Butter Sereal Kukis Untuk Buka Puasa


Assalamualaikum, selamat datang di dapur jomblo, hehe…

Beberapa waktu lalu saat hari pertama puasa ibu saya membeli kue kering alias kukis kacang. Ya kami sekeluarga sangat suka kue kacang. Dulu sebelum negara api menyerang alias sebelum semuanya sibuk dan malas bikin kue kering, saya dan ibu saya selalu membuat kue kering ini untuk hidangan hari raya idulfitri. 

Saya akui membuat kue kacang ini sangat ribet. Harus menggoreng kacangnya, harus pas tidak boleh terlalu mentah atau terlalu gosong. Lalu menumbuk kacangnya yang sepertinya tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar adalah selera keluarga kami. Belum lagi membuat adonan kue keringnya, dicetak, lalu dipanggang. Jangan bayangkan pemanggan listrik karena daya rumah kami tidak begitu besar, semua dipanggang memakai otang alias oven tangkring.

Akibat selalu buka puasa dengan teh yang tidak begitu manis dan kue kacang hasil beli itulah saya jadi ingin bikin sendiri lagi. Tapi ya membayangkan ribetnya proses di atas saya jadi nyerah duluan. Aduh belum berjuang kok sudah nyerah? Makanya jomblo terus kan, haha…

Tapi banyak jalan menuju Roma berarti banyak jalan juga bikin kukis kacang yang no ribet-ribet club. Selepas salat tarawih saya pergi ke mini market tetangga mencari selai SKIPPY yang sangat mudah ditemukan. Setelah tujuh kali mengitari rak mini market akhirnya saya memilih sereal multigrain untuk dijodohkan dengan si SKIPPY.

Resep No Baked Skippy Peanut Butter Sereal Kukis Untuk Buka Puasa

Bahan yang dibutuhkan:


  1. 3  sendok makan SKIPPY PEANUT BUTTER
  2. 2 sendok makan gula pasir
  3. 2 1/2 sendok makan butter
  4. 100 gram sereal multigrain
Sereal multigrain yang saya gunakan


Bahan dan takaran yang saya gunakan di atas adalah untuk dimakan sendiri. Jika ingin membuat lebih banyak bisa ditambahkan lagi sesuai kebutuhan. Saya memilih sereal multigrain agar kukisnya terasa lebih ringan, tidak berat seperti kue kacang kebanyakan.

Jika ingin mengganti dengan oatmeal juga bisa, gunakan yang instan atau quick cooki oatmeal. Jika punya sugar palm alias gula jawa akan lebih bagus untuk menggantikan gula pasir. Kalorinya jadi sedikit lebih rendah daripada gula pasir .

Cara membuat:


  1. Siapkan sauce pan atau panci apapun yang ada di rumah. Ya enggak usah terlalu ribet lah ya, hahaha.
  2. Masukkan butter dan gula pasir, lalu nyalakan kompor dengan api yang kecil saja.
  3. Sambil terus diaduk agar gula terlarut dan tidak gosong. Soalnya kalau gosok ribet gosokin pancinya.
  4. Pastikan semua sudah meleleh dengan sempurna, angkat panci dari kompor dan diamkan sebentar.
  5. Jangan lupa matikan kompor untuk menghemat gas elpiji. Ya… aslinya kalau panci enggak diangkat dari kompor juga tidak apa-apa sih. Tinggal tunggu tidak berbuih lagi saja.
  6. Selanjutnya masukkan SKIPPY Peanut Butter ke dalam panci berisi butter dan gula yang sudah dilelehkan tadi.
  7. Lalu tuangkan sereal multigrain ke dalam panci tadi dan aduk sampai merata. Pastikan tidak ada bagian sereal yang tidak terkena lelehan gula, butter, dan SKIPPY tadi.
  8. Nah bagian paling penting lainnya ini adalah mencetak adonan. Bisa dengan Loyang yang dilapisi dengan kertas kue, kalau ingin lebih cantik dan estetik bisa dengan kertas kue yang berbentuk cup kecil-kecil itu. Berhubung saya tidak punya semuanya, jadi saya manfaatkan sisa alumunium foil saja.
  9. Intinya bentuk adonan menjadi kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 3 jam.
Setelah dicampur

Waktu yang dibutuhkan kira-kira hanya 10 menit untuk memasaknya. Yang lama bagian mendinginkan di dalam lemari es. Kalian bisa membuatnya saat Asar, lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Gampang banget kan? Setelah itu bisa ditinggal ngaji-ngaji cantik sambil menunggu azan Maghrib.
Setelah jadi

Lain kali saya mau  mencoba membuat menu ini lagi dengan kreasi yang lain. Seperti ditambahkan kismis untuk variasi rasa asam, selain dari rasa manis dari gula, dan gurih lezat dari SKIPPY Peanut Butter. Bahkan Ibu saya mengusulkan kalau membuat menu ini lagi bisa dicampurkan coklat dengan SKIPPY karena sepertinya akan cocok sekali.

Selamat mencobaa resep sederhana kreasi dapur jomblo yang alat dan bahan seadanya ini. Sampai jumpa di resep-resep yang lain.

Post a Comment

3 Comments

  1. Kalau gula diganti madu, enak gaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak aja, dikasih gula di sini biar ada rasa sama fungsil buat melekatkan si sereal.

      Delete