Film Mahasiswi Baru, Tidak Ada Kata Terlambat Mewujudkan Cita-Cita



Judul: Mahasiswi Baru

Sutradara: Monty Tiwa

Produksi: MNC Pictures

Genre: Drama Komedi

Release: 8 Agustus 2019

Film Mahasiswi baru akan segera tayang di bioskop Indonesia. Tak hanya mewarnai dunia perfilman Indonesia tapi juga turut menyambut mahasiwa dan mahasiswi baru yang sebentar lagi memasuki dunia kampus.

Judul film yang sederhana ini ternyata jauh dari bayangan saya tentang jalan cerita Film Mahasiswi Baru. Awalnya yang saya kira akan menyajikan kehidupan anak kuliahan pada umumnya, ternyata saya salah besar saat menonton trailernya. No more drama menye-menye.

Film ini menceritakan tokoh utama seorang mahasiswi baru yang diperankan oleh WIidyawati. Tahu kan aktris senior Widyawati? Iya saya gak salah tulis kok, kalian juga gak salah baca, Widyawati berperan sebagai Mahasiswi Baru bernama Lastri.

Hmmm mahasiswi baru tapi tua? Di sinilah jalan cerita utama film ini yang menjanjikan kita sebuah tontonan yang berkualitas. Alih-alih menyuguhkan kita cerita perjuangan anak-anak muda menempuh pendidikan. Monty Tiwa membawa kita menyimak perjuangan seorang nenek untuk kembali  mewujudkan mimpi menempuh pendidikan tinggi.

Widyawati dalam film ini nanti juga akan beradu akting dengan para pemain muda seperti Morgan Oey (Danny), Mikha Tambayong (Sarah), Umay Shahab (Erfan), dan Sonia Alyssa (Reva). Aktor senior lain yang turut mewarnai film ini adalah Slamet Rahardjo sebagai Dosen Chairul dan Karina Suwandi yang akan berperan sebagai Anna anak Lastri.

Konflik Film




“Selamat datang di Universitas Cyber Indonesia”

Trailer Film Mahasiswi Baru dibuka dengan sambutan Slamet Rahardjo saat penerimaan mahasiswa baru di masa orientasi. Tentunya Lastri juga turut berada dalam barisan para mahasiswa baru tersebut lengkap dengan atribut orientasi atau ospek.

Baru hari pertama ospek saja Lastri sudah menarik perhatian para senior. Mereka mengira kalau Lastri menggunakan make up berlebihan sehingga mukanya terlihat terlalu tua. Saat Lastri mengatakan bahwa ia lahir 70 tahun lalu, seniornya terkejut. Hahaha… Bakal aneh kan kalau ngospek orang yang seumuran dengan oma di rumah.

Kalau kalian menebak Lastri bakal susah untuk bergaul dengan teman-temannya di kampus, kalian salah besar gaes. Lastri dengan percaya diri bergaul sampai akhirnya punya gang bersama Danny, Sarah, Erfan, dan Reva. Bahkan mereka memanggil Lastri dengan sebutan nama saja tanpa diawali dengan Ibu, Tante, Nenek, atau Oma.

Karina Suwandi yang mendapati ibunya dipanggil dengan nama Lastri saja oleh anak-anak yang seumuran cucu mereka menjadi agak meradang. “40 tahun lebih saya sekalipun enggak pernah panggil ibu saya dengan nama Lastri.” Protes dari Karina Suwandi ke teman-teman gang Lastri.

Lalu apakah kehidupan Lastri sebagai mahasiswi berjalan dengan lancer? Ternyata justru konflik datang dari keluarga sendiri. Anaknya tidak setuju jika Lastri berkuliah. Anna menganggap pendidikan tinggi yang ditempuh Lastri hanyak akan menjadi sia-sia.

Kalau saya sih bakal akan mendukung Lastri melanjutkan kuliahnya karena untuk belajar dan berani mewujudkan mimpi tidak ada kata terlambat. Alasan Lastri sendiri baru mewujudkan keinginannya untuk berkuliah karena saat muda dulu ia membantu usaha milik orang tuanya. Hingga sampai usia lanjut baru bisa mewujudkan mimpinya untuk sekolah setinggi-tingginya.

Hayo siapa di sini yang belajar saja masih mengeluh? Malu kan sama Lastri yang sudah tua tapi masih ingin mewujudkan mimpinya untuk kuliah.

Konflik-konflik yang terjadi dalam internal keluarga Lastri ini seperti menjadi bumbu utama dalam Film Mahasiswi Baru. Kesulitan yang ia alami di kampus akan menjadi bumbu penyedap bersama dengan kocaknya tingkah Lastri bersama  gangnya yang berusaha menjalankan kehidupan perkuliahan dengan baik.

Selain jalan cerita yang menarik, saya juga penasaran banget dengan akting Morgan yang memerankan sosok Danny anak gaul yang cenderung alay. Jujur saya bahagia sekali Morgan mendapatkan peran seperti ini karena kemampuan aktingnya lebih bisa dilihat lagi. Tidak salah jika saya dulu sangat mengapresiasi debutnya sebagai aktor layar lebar.

Yuk tanggal 8 Agustus 2019 nanti kita nonton Mahasisi Baru di bioskop. Penasaran dengan akting kocaknya Widyawati yang tidak mau dilarang berkuliah di usia lanjut dan malah bergaul dengan gang anak-anak muda yang sama kocaknya.

Post a comment

0 Comments