Sudah Bulan Juli, Saat Yang Tepat Liburan Ke Jogja



Yogyakarta akhir-akhir ini semakin popular dan jadi perbincangan di Korea. Salah satu program televisi tantangan liburan yang sangat popular menampilkan Yogyakarta. Para member boy group Seventeen memilih untuk liburan ke Jogja karena menurut mereka Jogja punya banyak hidden gems yang sayangnya masyarakat Korea belum banyak tahu tentang ini.

Setiap orang yang pernah berkunjung ke Jogja pasti rindu untuk kembali lagi. Alasannya beragam, dari alam yang sangat indah, kuliner yang nikmat, kebudayaannya yang kuat, sampai ingin menziarahi tempat-tempat kenangan bersama mantan.

Bagi saya sendiri jika rindu berat dengan Yogyakarta dan hanya punya waktu yang singkat untuk berkunjung, maka kawasan tengah Kota Jogja seperi Malioboro, Keraton, sampai Alun-Alun sudah cukup mengobati rindu. Apalagi kalau bertepatan dengan adanya agenda seni di Jogja.

Bulan Juli 2019 ini Joga punya dua agenda seni yang sayang banget dilewatkan. Dua agenda seni tahunan ini yaitu Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) dan Pasar Kangen. Saya sendiri dulu pernah sekali ke Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) dan beberapa kali ke Pasar Kangen yang asli tahun  ini juga bikin kangen.  

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY)
Tahun ini FKY diselenggarakan juga dengan beragam acara di banyak tempat, yaitu tanggal 4-21 Juli 2019. Pawai dan panggung pembukaan sendiri sudah dilaksanakan tanggal 4 Juli 2019 di titik 0Km Jogja.

Aktivitas dan atraksi selama FKY yang dapat dinikmati tentunya beragam pertunjukan seni, psar seni, wahana dolanan, dan juga berbagai workshop. Agenda FKY 2019 sendiri dipusatkan di Kampoeng Mataraman, Panggungharjo, Bantul.

Beberapa pameran yang diselenggarakan adalah Pameran Seni Rupa Wirama, berlokasi di Gedung Sonobudoyo tanggal 8-16 Juli 2019, Pameran Seni Instalasi Publik Wiraga yang diselenggarakan di ruang terbuka, yaitu Alun-Alun Kidul tanggal 4-21 Juli 2019.

Selain itu ada Panggung Kontemporer yang menghadirkan pertunjukan seni kolaboratif dan lintas disiplin bertajuk “LINTASAN” yang melibatkan perpaduan unsur audio, visual, serta instalasi. Panggung Kontemporer ini berlokasi di Museum Gunung Merapi dan diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2019.
Peta FKY 2019
image source: infofky.com


Masih banyak lagi agenda Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) yang akan diselenggarakan tahun 2019 ini. Info lengkapnya kalian bisa mengunjungi website maupun instagram Festival Kebudayaan Yogyakarta. Pastinya agenda besar tahunan ini sudah banyak dinanti oleh para turis maupun pegiat seni budaya.

Pasar Kangen
image source: Pasar Kangen Jogja

Pasar Kangen juga merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Jogja. Tahun 2019 ini lokasi acara Pasar Kangen juga masih sama, yaitu di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Berbeda dari FKY, Pasar Kangen diselenggarakan selama 12-20 Juli 2019.

Dua tahun lalu saya terakhir mengunjungi Pasar Kangen ini. Meskipun namanya Pasar Kangen, acara ini tidak dirancang untuk kalian yang berniat temu kangen dengan mantan, yaaa meskipun bisa saja sih. Tapi tujuan utamanya adalah supaya kita bisa temu kangen dengan makanan-makanan jadul yang sudah semakin susah untuk ditemukan.
Temu kangen di Pasar Kangen Dua Tahun Lalu

Dua tahun lalu saya ke Jogja dalam rangka menghadiri pernikahan teman dan sekalian temu kangen di Pasar Kangen bersama sahabat komunitas di Jogja. Selama dua hari di Jogja, selama itu juga saya selalu ke Pasar Kangen. Saking banyaknya jajanan jadul yang kami beli, saya sampai lupa makan apa saja. Yang jelas suasana Pasar Kangen adalah salah satu yang membuat saya terus rindu akan kota ini.

Makin Seru Mencari Hotel Di Jogja Dengan Pegipegi

Agenda seni bulan Juli ini tidak dipungkiri menarik banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pasti semuanya berlomba-lomba buat mencari hotel di Jogja yang strategis sekaligus nyaman. Kalau kamu berencana ingin ke Pasar Kangen dan berwisata di pusat kota Jogja atau sekitaran Malioboro, Hotel Melia Purosani bisa jadi pilihan kamu.
Hotel Melia Purosani
Image source:pegipegi.com

Hotel Melia Purosani ini merupakan hotel di Yogyakarta dengan bintang 5 yang strategis karena sangat dekat dengan Taman Budaya Yogyakarta tempat diselenggarakannya Pasar Kangen. Jarak ke Stasiun Yogyakarta hanya 1 km, ke Taman Budaya Yogyakarta sekitar 0,4 km, dan ke lokasi sekitar Malioboro lainnya juga otomatis sangat dekat.

Hotel ini memiliki 6 tipe kamar dengan jumlah ruangan sebanyak 280 kamar. Hotel ini terasa mewah dan nyaman dengan desain ala resort dan taman di tengahnya. Selain itu tersedia juga fasilitas pendukung seperti kolam renang, spa, bisnis center,  lounge, dan room service. Pastinya the best deal Hotel Media Purosani bisa didapatkan di Pegipegi.

Sedangkan buat kamu yang cari hotel murah di Jogja untuk bisa menikmati semua agenda Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019, Pegi-pegi juga punya banyak pilihan. Kalau ingin melihat homestay di Jogja untuk datang ke Panggung Kontemporer di Museum Gunung Merapi, kamu tingga buka saja peta di Pegipegi dan kamu bisa mendapatkan banyak saran homestay atau guest house Jogja dengan lokasi dan harga yang paling kamu inginkan.

Jadi sudah siap untuk datang ke Festival Kebudayaan Yogya karta dan Pasar Kangen tahun ini?


Post a comment

0 Comments