Melepas Rindu Di Penang Bersama Traveloka Xperience




Beberapa minggu ini sedang merasa rindu-rindunya dengan Penang. Perjalanan ke Penang akhir April lalu selain masih menyisakan rasa penasaran, ternyata membuat saya merindukan banyak hal di sana.

Banyak tempat yang sudah dikunjungi dan banyak tempat yang belum sempat dikunjungi. Begitulah ada saja alasan untuk ingin kembali ke Penang. Yang pernah liburan ke suatu kota yang seru tapi hanya sebentar pasti paham lah rasa penasaran dan rindu yang menyiksa ini.

Dua bulan setelah pulang dari perjalanan ke Penang, Traveloka meluncurkan fitur baru, yaitu Traveloka Xperience. Malaysia termasuk Penang menjadi salah satu dari tujuh negara yang ada dalam list Traveloka Xperience saat baru pertama diluncurkan. Sekarang sih saya cek sudah banyak sekali negara yang masuk dalam list.

Merencanakan Pengalaman Baru Di Penang Dengan Traveloka Xperience


Bagi sebagian orang mungkin Penang atau Pulau Pinang yang kecil sudah khatam dikelilingi. Ya, maklum saya ini newbie dan baru pertama kali pergi ke Penang. Saya sewaktu ke sana kurang informasi harga tiket-tiket masuk museum, takutnya tiba-tiba mahal gitu kan? Lalu dompet backpacker saya menangis.

Dan beberapa hari ini saya kepikiran untuk bikin semacam itinerary tipis-tipis lah meskipun belum tahu kapan akan dieksekusi. Paling tidak saya sudah menyusun #XperienceSeru dan nanti tinggal berangkat kalau waktunya sudah pas.

Kebetulan ada beberapa tempat yang belum tapi saya ingin kunjungi di Penang. Ternyata saat iseng mengecek Traveloka Xperience saya menemukan tempat-tempat itu. Bolehlah kita membuat list tempat-tempat tersebut sekarang?

The Top Penang



Bulan April lalu saya tidak memasukkan The Top Penang dalam daftar tempat yang saya harus kunjungi. Alasannya karena ingin berkeliling Penang terlebih dahulu, alasan kedua ya karena belum mendapat kejelasan budget yang harus saya keluarkan. Hehe...

Di Traveloka Xperience tersedia lengkap untuk tiket masuk bagi turis asal Malaysia maupun Mancanegara. Pilihan ini menurut saya sangat memudahkan karena saya berencana untuk kembali ke Penang dan jalan-jalan dengan teman asal Malaysia.

Pilihan untuk tiket The Top Penang ini ada dua, yaitu Window of The Top dan Top Day Fun Pass. Bedanya yaitu di Window of The Top kita hanya mendapatkan akses berkunjung ke Observatory Deck dan Rainbow Skywalk. Sedangkan tiket Top Day Fun Pass bisa mendapatkan akses ke semua wahana di sana.

Karena saya hanya ingin menikmati pemandangan Penang dan Georgetown yang cantik, saya ingin membeli tiket untuk Window of The Top saja. Di Traveloka untuk tiket ini dibanderol 229.660 rupiah bagi turis mancanegara.

Wonderfood Museum



Wonderfood Museum adalah salah satu museum paling unik bagi saya. Di sini kita bisa melihat replika sajian lezat khas Malaysia dengan skala 1:1. Dari foto-foto yang saya lihat di internet, replika makanan yang ditampilkan sangat rapi sehingga worth it untuk dikunjungi.

Tidak hanya menjadi spot berfoto, museum ini juga menampilkan informasi tentang beberapa makanan yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Banyak objek wisata di sini yang memberlakukan dua tiket, yaitu untuk turis lokal dan asing. Di Traveloka Xperience tidak perlu lagi pusing menghitung kurs ringgit ke rupiah. Untuk tiket turis asing kita perlu membayar 75.990 rupiah.

Ghost Museum


Museum lain yang saya ingin kunjungi di Penang adalah Ghost Museum alisan museum hantu. Yaa... walaupun saya penakut, entah kenapa museum ini menarik perhatian saya. Di dalamnya tentu ada manekin hantu dengan efek, suara, pencahayaan, dan efek khusus lainnya yang membuat kita merasa takut.

Tidak seperti rumah hantu, museum yang dilengkapi dengan manekin hantu kepercayaan Malaysia, Cina, maupun Jepang ini juga dilengkapi dengan informasi yang menarik mengenai asal usul dan mitos mengenai hantu tersebut. Turis mancanegara dikenakan biaya 87.000 rupiah untuk masuk ke Ghost Museum ini.

Tropical Spice Garden




Setelah sibuk berkeliling museum, bolehlah kita tengok yang hijau-hijau di Penang. Salah satunya adalah Tropical Spice Garden. Sesuai dengan namanya, di sini adalah rumah bagi lebih dari 500 spesies flora dan fauna. Namun fokus utama tempat ini adalah flora rempah-rempah.

Atraksi utama di tempat ini antara lain adalah  Giant Swing, Spice Terraces, dan Poison Garden. Untuk tiket masuk di tempat ini tidak dibedakan antara pengunjung lokal atau mancanegara, namun kita bisa memilih tur yang dipandu oleh audio dengan harga 96.354 rupiah atau pemandu lokal dengan harga 145.867 rupiah.

Cara Memesan Dan Menggunakan Tiket Dari Traveloka Xperience


Bagi saya Traveloka Xperience bukan lagi hal baru, beberapa kali saya memanfaatkannya untuk pergi refreshing di kota sendiri. Rekreasi ringan sih, hanya menonton tapi saya jadi sangat terbantu sekali karena bisa memilih tempat duduk yang saya inginkan dan juga tidak perlu mengantre lagi.

Untuk memesan tiket atraksi wisata melalui Traveloka Xperience, kita tinggal buka saja aplikasi Traveloka di ponsel kita. Pilih menu Xperience dan kita akan melihat 12 kategori yang bisa menambah #XperienceSeru kita saat berlibur.

Kita bisa pilih mau mencari sesuai kategori yang diinginkan atau sesuai dengan lokasi yang ingin kita datangi. Kalau saya nih sewaktu buka Traveloka Xperience, saya ketik “Penang” di kolom pencarian lokasi dan langsung keluar #XperienceSeru apa saja yang ada di pilihan. Setelah itu jika ingin membeli, tinggal atur tanggal kunjungan kita, lalu bayar deh. Semudah itu gaes...

Untuk menggunakan atau menukar tiket yang sudah kita beli juga sangat mudah, tinggal tunjukkan saja e-voucher yang sudah terbit di app Traveloka kita. Petunjuk untuk redeem voucher kita juga sudah sangat lengkap kok, tidak perlu cemas. Dan selamat bersenang-senang, saya mau bikin itinerary lebih lanjur dulu buat menciptakan #XperienceSeru ke Penang bersama Traveloka Xperience. 




Post a comment

0 Comments