Belajar Menggambar Bersama Faber-Castell Soft Pastel Art Starter Kit




Halo teman-teman!
Adakah di antara kalian yang punya perasaan iri terhadap sesuatu atau seseorang? Kalau saya sih punya. Di dunia ini saya paling iri pada orang yang pandai menggambar. Saya punya alat menggambar yang sederhana dan juga sketch book, tapi nyatanya gambaran saya lebih buruk daripada permasalahan yang datang di hidup saya.

Para Peserta Workshop
Karena sebegitu inginnya saya bisa menggambar, akhirnya hari minggu lalu (23/11/20/19) saya mengikuti workshop  dari Faber-Castell. Berlokasi di Faber-Castell Office Surabaya, saya dan para peserta lain (yang sama-sama tidak seberapa jago menggambar) belajar menggambar menggunakan soft pastel.

Soft Pastel Art Workshop

Faber-Castel punya tagline seru untuk workshop ini, yaitu “Simple, Easy and a Lot of Fun”. Workshop yang dipandu oleh Kak Doni ini menjanjikan bahwa saya yang sama sekali tidak bisa menggambar akan bisa menggambar dan bersenang-senang hari itu.

Sempat tidak percaya diri apalagi alat dan media menggambarnya sama sekali asing bagi saya, yaitu menggunakan Faber-Castell Soft Pastel Art Starter Kit.  Selama ini yang pernah saya gunakan hanya oil pastel dan ternyata sekilas bentuknya mirip dengan oil pastel namun dengan tekstur seperti kapur tulis.

Di dalam Faber-Castell Soft Pastel Art Starter Kit ini terdapat alat lengkap yang bisa digunakan untuk pemula belajar menggambar menggunakan soft pastel. Kelengkapan di dalam transparent casing-nya antara lain:

  •  Creative Studio Soft Pastels Mini Cardboard Box of 24
  •  Eraser Pencil Perfection 7058 B with brush Latex-free
  • Eraser 
  • Kneadable Eraser in Plastic Box 
  • Stencil
  • Pastel Art Paper 8 pcs 

Selain itu yang harus dipersiapkan untuk mulai menggambar dengan soft pastel ini adalah tape  untuk merekatkan art paper dengan meja, tissue basah dan kering, dan juga kertas untuk membagi warna soft pastel yang akan kita gunakan.

Pertama kali Kak Doni mengarahkan untuk mengambil beberapa warna mulai dari yang paling terang sampai paling gelap, tujuannya adalah untuk membuat gradasi warna. Saya tidak percaya diri untuk improvisasi warna, jadi saya ikut memilih warna biru gelap, hijau, dan kuning. 


Menggambar menggunakan Faber-Castell Soft Pastel Art Starter Kit ini tidak langsung menggoreskan soft pastel ke art paper melainkan menggunakan jari kita lalu meratakannya dengan di atas kertas. Masing-masing warna yang dibutuhkan kita ambil sedikit di atas kertas lain. Kemudian tinggal kita ratakan di kertas dan membuat gradasi warna.

Sebelum mengambil warna yang lain, kita harus membersihkan jari kita dengan tissue basah agar warnanya tidak tercampur di jari. Setelahnya keringkan dengan tissue biasa dan mulai dilanjutkan dengan mengambil warna yang lain lagi.

Selain mengoleskan warna dari soft pastel, Kak Doni juga mengajarkan cara menggunakan berbagai alat di dalam starter kit ini. Seperti menggunakan stencil dan juga penghapus untuk membuat bentuk bulan, bintang, dan juga bentuk domba. Dan beginilah hasil menggambar saya menggunakan soft pastel untuk pertama kali.

Masalah utama pada seseorang yang belajar menggambar adalah takut untuk memulai, menggoreskan pensil, atau takut hasilnya tidak memuaskan. Tapi ya saya sadari di mana-mana yang namanya baru belajar ya tidak bisa langsung bagus, kecuali memang punya bakat terpendam yang tentunya bukan saya. Terima kasih Faber-Castell karena saya jadi bisa mencicipi menggambar tanpa takut. 

Faber-Castell Office Surabaya


Faber-Castell Office Surabaya berlokasi di Jalan Raya Tenggilis blok R24 No 55 Surabaya. Di sini selain bisa mendapatkan berbagai macam produk Faber-Castell juga terdapat Art Gallery  yang terletak di lantai 5. Yang menarik adalah kita bisa melihat beberapa lukisan yang dibuat dengan menggunakan produk dari Faber-Castell.

Selain lukisan juga terdapat instalasi seni yang menggunakan conector pen dari Faber-Castell. Selain itu ada juga lukisan dengan berbagai media, seperti batu, kaos, dan kayu yang menggunakan cat akrilik dari Faber-Castell. Di sini juga kita bisa tahu bahwa produk Faber-Castell memiliki segmen produk untuk anak-anak (pemula) hingga produk yang biasa digunakan oleh seniman professional.

Kegiatan workshop semacam ini juga sering sekali diadakan oleh Faber-Castell Office Surabaya. Baik itu workshop untuk pemula seperti yang saya ikuti hingga workshop untuk kelas professional. 




Post a Comment

0 Comments