Upaya Kota Surabaya Dalam Melawan Covid-19


Covid-19 atau yang pada mulanya kita sebut sebagai virus corona sampai hari ini masih menjadi hal yang sangat diwaspadai oleh semua orang. Tidak hanya di Indonesia namun juga seluruh dunia. Beberapa negara dan kota di Indonesia ada yang sudah mulai menerapkan New Normal atau Normal Baru. Untuk wilayah yang masih tinggi tingkat kasus covid-19 masih harus bersabar lagi.

Di Indonesia menurut data yang tertera di situs covid19.go.id per 23 Juni 2020 sendiri terdapat total 47.896 kasus positif, sebanyak 19.241 orang sembuh, dan 2.535 meninggal dunia. Sedangkan di kota tempat tinggal saya sendiri, yaitu Surabaya melalui situs lawancovid-19.surabaya.go.id merilis terdapat 4.878 kasus positif, sebanyak 1.670 orang sembuh, dan 362 kasus meninggal dunia.


Memberikan Update Covid-19 Setiap Hari


Kota Surabaya yang termasuk dalam kawasan zona merah kasus Covid-19 di Indonesia dinilai sangat tanggap dan transparan dalam melampirkan riwayat kasus yang terjadi. Untuk memberi tahu perkembangan kasus Covd-19 yang terjadi, Pemerintah Kota Surabaya melalui akun twitter @SapawargaSby setiap harinya memberikan infografis update data Covid-19. Jadi tidak perlu repot untuk merangkum sendiri dari situs milik Pemerintah Kota Surabaya.



Namun jika ingin mengetahui perkembangan lebih lanjut dan meningkatkan kewaspadaan jika sewaktu-waktu kita memiliki keperluan di luar rumah, Kota Surabaya juga memiliki peta lokasi yang harus dihindari dan lokasi yang aman untuk dilalui. Dalam situs lawancovid-19.surabaya.go.id juga terdapat informasi mengenai data di tiap kecamatan hingga kelurahan.



Peta informatif lainnya mengenai Covid-19 yang dirilis oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah mengenai sebaran rumah sakit rujukan, Puskesmas, lokasi bilik sterilisasi, wastafel portabel, dan juga hand sanitizer yang semuanya disediakan oleh Pemkot Surabaya.


Mengadakan Rapid Test


Selain hal-hal di atas, upaya nyata yang dilakukan Kota Surabaya dalam melawan Covid-19 sampai saat ini adalah rutin melakukan rapid test di lokasi-lokasi dan kelompok masyarakat yang pernah bersinggungan dengan pasien Covid-19. Hingga tanggal 22 Juni 2020 Kota Surabaya sudah melakukan sebanyak 80.982 kali rapid test dengan hasil 72.074 non reaktif dan sebanyak 8.832 reaktif.

Dari hasil reaktif tersebut masih harus melakukan tes swab PCR agar diketahui hasil lebih lanjut. Meskipun rapid test memiliki tingkat akurasi yang rendah, namun masih sangat berguna sebagai penanganan awal pasien dan juga perlindungan untuk para tenaga medis. Karena dari hasil rapid test ini petugas kesehatan bisa memetakan mana pasien yang terduga positif Covid-19 atau yang bukan, jadi para petugas kesehatan bisa tepat menangani.

Covid test Surabaya selain melalui layanan dari mobil yang disediakan pemkot juga bisa dilakukan di rumah sakit rujukan Pemkot Surabaya. Selain itu jika dirasa butuh dan ingin membuat janji untuk melakukan covid test juga bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini kita bisa mengetahui lokasi mana dan juga membuat janji untuk melakukan covid test, setelah itu tinggal datang untuk menjalani tes.

Teman-teman bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Halodoc, kemudian mengisi profil dan alamat rumah. Setelah itu saat membuka halaman depan aplikasi Halodoc, kita akan bisa melihat menu test covid  yang paling dekat dengan lokasi kita.

Covid test Surabaya
Covid test Surabaya


Dari tangkapan layar laman aplikasi Halodoc milik saya, terlihat pilihan covid test Surabaya berdasarkan alamat yang tersimpan di aplikasi saya. Jadi tidak perlu untuk mendatangi Rumah Sakit rujukan satu per satu untuk bisa melakukan tes yang justru bisa memperbesar kemungkinan kita kita terpapar.


Memanfaatkan Aplikasi Halodoc


Di masa pandemi ini banyak kebiasaan kita yang berubah. Termasuk kebiasaan untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan. Ada yang harus rutin check up di rumah sakit namun sekarang jadi takut pergi ke rumah sakit. Ada pula yang ketika ingin periksa kesehatan jadi takut untuk pergi ke tempat-tempat layanan kesehatan seperti tempat praktik dokter umum, Puskesmas, maupun Rumah Sakit.

Keadaan seperti ini kita bisa memanfaatkan layanan dari aplikasi Halodoc. Kita bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter berpengalaman dengan berbagai keluhan yang sedang kita alami. Sama dengan pilihan poli di pusat pelayanan kesehatan. Aplikasi Halodoc memiliki dokter spesialis yang lengkap. Mulai dari dokter umum, spesialis kandungan, spesialis kulit, spesialis anak, penyakit dalam, dokter gigi, sepesialis saraf, Gizi, bedah, jantung, mata, paru, THT, hingga dokter jiwa dan psikolog klinis.

Aplikasi Halodoc
Pilihan Konsultasi Dokter Spesialis di Aplikasi Halodoc


Selain konsultasi secara online, jika membutuhkan penanganan lebih lanjut juga bisa membuat janji dengan Rumah Sakit melalui aplikasi Halodoc. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, membuat janji dengan Rumah Sakit di Halodoc juga memiliki pilihan untuk melakukan covid test Surabaya. Kita bisa memilih untuk rapid test ataupun tes PCR dan memilih lokasi yang paling dekat dengan lokasi kita.
covid test surabaya
Buat Janji Dengan RS

Aplikasi ini juga bisa memudahkan kita untuk belanja obat, vitamin, dan suplemen yang kita butuhkan bahkan alat-alat kesehatan juga tersedia. Untuk yang diharuskan rutin meminum obat juga terdapat menu untuk mengingatkan kita kapan saja waktunya tiba.

Pengingat Obat


Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan bersama-sama saling menjaga kesehatan. Jangan bosan untuk mematuhi protokol kesehatan demi menjaga diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

Post a comment

0 Comments