Let's Read: Membaca Nyaring Dongeng Dengan Bahasa Ibu

 



Dongeng merupakan salah satu karya sastra lama yang isinya berupa cerita fiksi. Biasanya yang diceritakan di dalam dongeng adalah cerita tentang hal yang tidak benar-benar terjadi di kenyataan atau tidak masuk akal. Meskipun begitu, dongeng merupakan salah satu hiburan yang mampu memberikan dampak positif bagi anak karena cerita yang dibawakan mengandung nilai moral.

 

Biasanya dongeng diceritakan secara turun-temurun. Beberapa bentuk dongeng yang kita kenal misalnya adalah cerita rakyat seperti Malin Kundang, legenda seperti Legenda Danau Toba, mitos seperti cerita kepercayaan terhadap Nyi Roro Kidul, maupun fable seperti cerita Kura-Kura dan Kelinci. Dalam setiap dongeng selalu diselipkan nilai moral di dalamnya. Jadi sebenarnya manfaat dongeng untuk anak-anak sangat besar.

 

Buat saya sendiri dongeng selalu menarik apapun bentuknya. Apalagi yang bentuknya seperti cerita rakyat dan legenda. Namun ketika masih kecil saya tidak punya pengalaman diceritakan dongeng oleh orang tua. Saya justru senang membacanya sendiri dari buku-buku kecil hadiah dari susu bubuk. Dan dari situ dulu saya juga menulis dongeng saya sendiri di buku tulis, kemudian akan dibaca bergiliran oleh teman-teman sekelas.

 

Sewaktu punya buku dongeng bergambar hadiah susu itu, saya lebih suka membacanya dengan nyaring. Apalagi waktu itu saya baru bisa membaca, jadinya sangat membantu saya lancer dalam pengucapan bacaan dan ceritanya jadi lebih menempel.

 

Membaca nyaring atau dengan bersuara, tidak hanya berhenti saat saya membaca dongeng waktu kecil saja. Tapi saat sendirian membaca fiksi atau novel juga, kadang-kadang saya masih membacanya dengan bersuara. Karena rasanya seru banget membacakan suasanya kemudian berganti-ganti suara saat para tokoh memiliki percakapan.  Membaca nyaring juga saya lakukan kalau para keponakan menghampiri saya membawa buku dongeng dan ingin dibacakan.

 

Dari pengalaman membaca saya yang tidak seberapa ini setidaknya saya dapat menyimpulkan banyak hal mengenai membaca dongeng dan membaca nyaring. Akan saya bahas di bawah bagaimana mafaatnya bagi anak-anak.

 

Manfaat Membaca Bagi Anak

 

Menambah Kosakata

Anak-anak merupakan usia belajar awal. Belajar mengenal hal baru, berbicara, dan kata-kata baru. Dengan membaca anak-anak bisa mendapatkan pengalaman untuk membak kosakata mereka.

 

Melatih Keterampilan Berkomunikasi

Jika sudah belajar dan menambah kosakata baru, si anak akan menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain karena pengalaman kosakata yang dia dapatkan bisa memperkaya kalimatnya.

 

Melatih Konsentrasi

Ketika sedang membaca, anak-anak membutuhkan waktu untuk dapat mencerna kata-kata dalam kalimat. Dalam prosesnya mencerna itu, konsentrasi anak-anak akan terlatih.

 

Melatih Kemampuan Berpikir Logis

Pada buku dongeng atau buku bacaan anak selalu tersimpan nilai-nilai moral. Jadi ketika membacakan dongeng untuk anak, mereka akan berpikir tentang sebab-akibat dan juga nilai yang mereka pelajari serta bagaimana penerapannya di kehidupan nyata.

 

Melatih Perkembangan Imajinasi Dan Kretivitas

Pada saat membaca, anak-anak akan membayangkan bagaimana visualisasi dongen tersebut bergerak dan menjadi cerita di dalam kepalanya. Dan dalam prosesnya, membaca juga melatih anak untuk menjadi kreatif karena rasa ingin tahu yang timbul setelah membaca.

 

Membuka Cakrawala

Membaca bagi semua usia adalah tentang bagaimana kita tahu tentang banyak hal dan banyak tempat tanpa harus pergi atau mengalami pengalaman itu secara langsung.

 

Membentuk Pola Perilaku Dan Nilai Sosial

Anak-anak mudah untuk mengingat serta menanamkannya di dalam hati mereka bahwa nilai-nilai baik yang ada di buku bacaan itu merupakan hal baik. Perilaku baik yang mereka dapatkan dari dongeng akan selalu mereka coba untuk gunakan.

 

Manfaat Membaca Nyaring Bagi Anak

 

Kalau sebelumnya saya menuliskan manfaat membaca untuk anak, sekarang saya akan sedikit membahas manfaat membaca nyaring bagi anak yang saya kutip dari majalah anak-anak kesukaan saya dan kita semua, yaitu Bobo:

Meningkatkan Daya Ingat

Kita akan mudah mengingat mengenai apa yang kita dengarkan. Dengan membaca nyaring kita akan mengingat apa yang kit abaca.

 

Melatih Ekspresi Wajah

Membaca cerita fiksi akan selalu melibatkan lebih dari satu tokoh dalam membentuk alurnya. Pada saat dua tokoh atau lebih memiliki percakapan, mau tidak mau kita harus  menggunakan ekspresi wajah yang berbeda.

 

Mengembangkan Imajinasi

Dengan membaca nyaring kita akan terus memikirkan jalan ceritanya.

 

Menghibur

Membaca nyaring jika dilakukan oleh orang lain akan sangat menghibur. Apalagi yang membacakannya adalah orang tua dengan ekspresinya yang mebhibur.

 

Membangun Keakraban

 

Dengan membaca nyaring dari dongeng orang tua mau tidak mau harus berada di dekat anak mereka. Bentuk bercerita dengan suara dan ekpresi ini dapat membangun keakraban dengan komunikasi dongen.

Manfaat Dongeng Untuk Anak

 

Mengutip pernyataan psikolog anak, Efnie Indrianie yang ditulis oleh Kompas (14/5/2012) tentang manfaat dongeng untuk anak, “Salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bagi anak-anak adalah melalui dongeng.”

 

1. Mengembangkan Imajinasi Anak

2. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa

3. Meningkatkan Minat Baca Anak

4. Membangun Kecerdasan Emosional

5. Membentuk Anak Yang Mampu Berempati

 

Let’s Read

Let’s Read  adalah situs dan aplikasi perpustakaan digital yang memiliki bermacam buku dongeng bergambar. Let’s Read diprakarsai oleh program Book for Asia, The Asia Foundation yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan budaya baca bagi anak-anak di Asia.

 

Buku-buku anak yang ada di Let’s Read berasal dari BookLabs, terjemahan dari volunteer yang mendukung bahasa local atau bahasa ibu, dan partnership dengan organisasi lokal, universitas, para tenaga didik, dan penerbit. Kerja sama Let’s Read dengan yang saya sebutkan tadi tidak hanya berusaha untuk membawa cerita berkualitas bagi anak, namun sekaligus berusaha mengenalkan Bahasa ibu sejak dini.

 

Coba untuk membuka situs Let’s Read atau mengunduhnya di PlayStore dan membukanya. Saat menggunakan pertama kali, kita akan diminta untuk memilih bahasa apa saja yang mau kita gunakan untuk membaca dongeng. Lalu nanti akan muncul rekomendasi buku dongeng yang sesuai dengan pilihan bahasa kita tadi.

 



Mengenalkan Bahasa Ibu Melalui Membaca Nyaring

 



Let’s Read tidak hanya menyediakan buku dongeng dari berbagai bahasa di Asia, namun bahasa di Inonesia juga. Untuk Indonesia sendiri, di samping Bahasa Indonesia ada juga Bahasa Jawa, Sunda, Bali, dan beberapa bahasa daerah lain.

 


Dengan manfaat membaca, membaca nyaring, dan membaca dongeng di atas, Let’s Read dengan bahasa pengantar yang mereka tawarkan akan mampu membantu anak-anak untuk mengenali bahasa ibu. Seperti yang kita tahu sekarang mulai banyak anak yang tidak bisa bahasa ibu mereka, karena hal itu juga terjadi kepada saya. Membaca dongeng dengan nyaring bisa membuat anak-anak familiar mendengar dan mengucapkan kata-kata dalam bahasa ibu masing-masing.

 

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/05/15/14183692/Manfaat.Dongeng.untuk.Anak

https://bobo.grid.id/read/082296450/ini-dia-5-manfaat-yang-bisa-kita-rasakan-saat-membaca-nyaring?page=2

Post a comment

0 Comments