5 Fakta Sistem Imunitas Tubuh yang Perlu Diketahui


Sistem imun tubuh biasanya baru diperhatikan ketika seseorang baru terserang penyakit, misalnya saja flu. Namun, Anda harus mengetahui bahwa sistem imun itu merupakan sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan hingga organ yang berperan dalam melindungi tubuh dari berbagai patogen yang bisa menjadi sumber penyakit.

Sistem imun tubuh juga mempunyai peranan dalam menunjukkan mana yang “teman” dan mana yang menjadi “musuh” bagi tubuh dan harus dimusnahkan. Misalnya saja sel kanker yang masih awal, sebenarnya bisa dimusnahkan saat sistem imun tubuh kuat.

Akan tetapi, pada beberapa kasus, sistem imun tubuh bisa saja keliru dalam membedakan teman dan lawan. Kondisi ini biasanya lebih dikenal dengan penyakit autoimun. Dimana sistem imun tubuh menyerang sel yang sehat maupun bakteri baik.

Fakta-Fakta Sistem Imun Tubuh

Selain peranannya yang sangat penting untuk tubuh. Berikut ini beberapa fakta sistem imun tubuh yang perlu Anda ketahui, agar Anda semakin peka untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

1. Cara Kerja Sistem Imun Menjaga Kesehatan Tubuh

Sistem imun menjaga kesehatan tubuh dengan serangkaian kegiatan yang dinamakan respon kekebalan tubuh. Dimana sistem imun akan menyerang berbagai antigen atau benda asing yang memasuki tubuh. Dengan tujuan untuk mencegah berbagai penyakit.

Kunci dari sistem imun yang sehat ketika sistem imun ini bisa membedakan antara antigen yang masuk ke dalam tubuh dan sel yang sudah ada di dalam tubuh. Sehingga, jika ada bakteri yang tidak dikenali masuk ke dalam tubuh, makan sistem imun akan melakukan proses pertahanan diri.

2. Sistem Imun Tubuh Jarang Salah

Bagi kebanyakan orang sehat, sistem imun akan beradaptasi secara terus-menerus dan merespon tiap antigen baru setiap saat. Paparan antigen yang terus-menerus akan membuat sistem imun terus berusaha mengembangkan kekuatan untuk melawan antigen tersebut.

Akan tetapi, pada beberapa kasus orang yang mempunyai kondisi imunodefisiensi primer. Sistem imun tidak mempunya kemampuan untuk melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang membuat orang tersebut lebih mudah terinfeksi berbagai penyakit.

3. Susu Menjadi Penjaga Gerbang Pertahanan Tubuh

Menurut Dr. Katharine Woessner, seorang dokter spesialis alergi, asma dan imunologi, menjelaskan bahwa saluran pencernaan atau usus adalah bagian dari sistem imun yang pekerjaannya paling keras. Pada organ ini, akan terus-menerus bekerja dalam membedakan bakteri baik dan jahat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

4. Peran Penting Kelenjar Timus

Kelenjar timus mempunyai peranan dalam memproduksi limfosit (sel T) atau sel darah putih. Dimana sel T tersebut akan dimatangkan di kelenjar timus dan menjadi bagian penting dalam keberlangsungan sistem imun tubuh.

5. Manusia Bisa Hidup Tanpa Limpa

Limpa adalah organ yang berukuran besar dan berperan penting dalam sistem limfatik. Fungsi dari limpa sendiri untuk membersihkan darah dari berbagai antigen yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, limpa juga berfungsi untuk menyaring sel darah merah rusak dan menyimpan sel darah putih untuk memproduksi antibodi.

Saat sistem imun tubuh akan menyerang antigen yang masuk ke dalam tubuh, limpa akan membesar untuk sementara. Namun, menurut berbagai teori, manusia masih bisa hidup tanpa adanya limpa. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh mempunyai berbagai cara untuk melindungi tubuh dari berbagai patogen.

Setelah Anda mengetahui lima fakta dari sistem imun tubuh dan begitu pentingnya peranannya dalam menjaga kesehatan. Ada baiknya Anda memperhatikan sistem imun tubuh mulai dari sekarang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh dengan mengkonsumsi Rhea Health Tone yang bisa membantu memperbaiki sistem imun tubuh.

Post a Comment

0 Comments