Game Online Untuk Melatih Konsentrasi

 


Hai teman-teman, saya kembali setelah mencoba untuk memaikan free online game lagi. Beberapa game online yang saya mainkan kali ini menurut saya dapat dimainkan untuk melatih konsentrasi. Pastinya semua game ini juga cocok dimainkan saat waktu senggang atau saat istirahat dari bekerja maupun mengerjakan tugas sekolah/kuliah.

 

Game Spider Solitaire

 

Spider Solitaire

Solitaire adalah game komputer pertama yang saya mainkan sejak pertama kali memiliki komputer pada pertengahan sampai akhir tahun 1990an. BTW Solitaire sendiri adalah permainan kartu yang sudah dimainkan di Eropa Utara sekitar tahun 1700an. Kemudian pada tahun 1990 baru dikembangkan oleh pegawai magang di Microsoft dan sampai sekarang kita tahu permainan ini menjadi popular.

Saya sendiri selalu suka bermain Solitaire Classic yang sampai sekarang saya mainkan di perangkan Windows Phone jadul saya. Kalau di laptop yang saya mainkan akhir-akhir ini adalah Spider Solitaire. Spider Solitaire ini sedikit lebih bikin kita mikir daripada yang biasanya. Tapi, saya tetap suka memainkannya di level easy alias yang mudah. Biar bagamanapun tujuan saya bermain game adalah untuk bersenang-senang di sela kesibukan, bukan untuk menambah beban pikiran, haha..

 

Game Play

 


Spider Solitaire memiliki 3 tingkat kesulitan yang bisa kita pilih untuk dimainkan. Yang pertama level easy dengan satu jenis kartu, level medium dengan 2 jenis kartu, dan level hard dengan 4 jenis kartu.

Set up dari Spider Solitaire terdiri dari Tableau yang memiliki 10 kolom untuk diisi dengan kartu secara acak, kemudian ada the foundation untuk menempatkan kartu yang sudah tersusun, dalam versi online ini akan secara otomatis dipindahkan jika sudah tersusun dengan lengkap, lalu yang terakhir adalah reserve card yang harus kita buka jika tidak bisa lagi melangkah.

Cara bermainnya masih mirip dengan Solitaire yang biasanya, yaitu dengan menyusun dari kartu K hingga ke As. Yang berbeda adalah kita menyusunnya di tableau dan jika sudah tersusun akan otomatis pindah ke foundation. Jika kita memilih bermain mode easy dengan hanya satu jenis kartu, kita hanya perlu menyusunnya seperti biasa. Jika medium dan hard kita harus menyusunnya sesuai dengan jenis kartu.

Pada Classic Solitaire kita bisa menyusun dengan sembarang kartu asalkan susunan angkanya sesuai. Berbeda dengan Spider Solitaire, kita harus menyusunnya dengan kartu yang sama agar bisa dipindahkan ke the foundation

Detik-detik kemenangan

Memainkan game Spider Solitaire membuat kita harus konsetrasi dan cermat melihat kartu-kartu yang memungkinkan untuk disusun dan dipindahkan di 10 kolom tableau. Kebanyakan dari para pemain kurang cermat sehingga terburu-buru mengambil langkah membuka kartu cadangan sehingga langkah yang memungkinkan sebelumnya malah menjadi tertutup

 

@shintoburi_9

Ada yang suka main Spider Solitaire juga? Ini detik-detik kemenangan level easy 😂 ##game ##gameonline ##solitaire ##spidersolitaire ##freeonlinegames

♬ Weekend - TAEYEON

 

Game Hidden Object

 

Winning 10 level

Game selanjutnya yang akhir-akhir ini saya mainkan adalah Game Hidden Object.  Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika permainan ini bertujuan untuk menemukan objek-objek tersembunyi. Di situs free online game yang saya kunjungi kali ini memiliki beberapa jenis permainan ini, yang paling saya sukai adalah Hidden Kitchen.

Game hidden object ini meminta kita untuk menemukan benda-benda tersembuyi di dapur. Pada bagian kanan terdapat benda-benda yang diminta untuk kita temukan keberadaannya. Latar tempatnya yang di dapur membuat saya menyukainya karena biasanya perabot dapur memiliki warna dan bentuk yang hampir sama. Sehingga perlu konsentrasi untuk bisa menemukan benda-benda yang tersembunyi tersebut. 

Hidden Kitchen

Di game Hidden Kitchen  ini terdapat 10 level yang bisa kita mainkan dan setiap level terdapat 10 objek tersembunyi yang harus dicari. Di level pertama kita punya waktu 5 menit dan berkurang 0 detik di setiap level berikutnya. Kalau salah klik objek maka kita akan kehilangan 5 detik waktu kita. Meskipun kita bisa menggunakan kesempatan hint tapi kan tidak akan seru. Jadi coba sendiri menemukan perabot dapur yang tersembunyi. Saya sendiri selama main ini hanya menggunakan opsi hint satu kali dalam 10 level dan beberapa kali salah klik objek.

Yang saya sukai dari game ini adalah, objek-objek yang tersembunyi tidak terletak di tempat-tempat yang tidak wajar. Misalnya saja cangkir yang tersembunyi di langit-langit, di sini saya belum menemukan yang seperti itu seperti di game serupa lainnya. Bukan karena mudah tapi karena saya suka game ini cukup masuk akal, haha ... 

Selain  Hidden Kitchen  masih ada banyak lagi game hidden object di situs free online game ini. Seperti The Palace Hotel, Pirates and Treasures, Hidden Princess, China Temple dan masih ada beberapa lagi. Setiap game tersebut memiliki tingkat kesulitan dan jumlah level yang berbeda.

 

Dari dua game yang saya mainkan di atas, menurut saya memang cocok sebagai teman untuk selingan saat rehat dari aktivitas dengan tetap bisa melatih konsentrasi. Tapi jangan malah salah fokus untuk berambisi menyelesaikan permainan Spider Solitaire dan melupakan aktivitas utama kita. Dan untuk Hidden Kitchen memang sangat seru, poin plusnya adalah game ini memiliki 10 level yang bisa diselesaikan sekaligus. Jadi tidak membuat kita sampai terbawa penasaran. Tapi, semoga pengembang situs ini bisa lebih banyak memasukkan game serupa yang lebih seru.

Post a Comment

0 Comments