Tanda-Tanda Haid Normal pada Wanita dengan Periode Teratur

 


Periode menstruasi yang dialami oleh wanita tidak sama, dari sebagian wanita ada yang teratur dan mudah untuk diprediksi. Tanda tanda haid normal dapat terlihat secara umum dan tidak membuat wanita merasa bingung ketika akan mengalaminya.

Namun jika merasa mengkhawatirkan akan kondisi tertentu maka konsultasikan ke dokter lewat online. Caranya sangat mudah hanya dengan bantuan aplikasi, download di sini.

Tanda-tanda menstruasi akan datang

Meskipun gejala menstruasi yang dialami oleh setiap wanita tidak sama namun hal ini sama-sama menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan ada gejala menstruasi yang menggangu aktivitas harian di luar rumah.

Inilah beberapa tanda-tanda haid normal pada umumnya terjadi pada sebagian besar wanita:

1.    Payudara terasa nyeri

Payudara yang terasa nyeri dan kencang bisa menjadi salah satu pertanda kamu akan haid sebentar lagi. Kondisi seperti ini dipengaruhi oleh adanya perubahan pada hormon progesteron yang mana cenderung lebih meningkat ketika menjelang waktu menstruasi tiba.

Rasa sakit yang terjadi pada payudara secara umum bisa mereda jika masa menstruasi sudah dimulai. Namun juga terdapat wanita yang tetap merasakan sakit meskipun menstruasi sudah mulai dan bisa mereda bersamaan dengan selesainya masa menstruasi tersebut.

2.    Perut kembung

Tanda-tanda haid normal yang lainnya yakni perut terasa kembung. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya perubahan pada hormon serta konsumsi makanan setiap hari.

Untuk mencegah masalah perut kembung dengan cara minum air putih lebih banyak dari biasanya. Selain itu makan dengan porsi kecil, menghindari makanan yang mengandung banyak gas dan melakukan olahraga secara rutin.

3.    Munculnya banyak jerawat

Tanda menstruasi secara normal yang dapat kamu ketahui dan banyak terjadi yakni tumbuhnya jerawat di bagian wajah. Jerawat menjadi salah satu keluhan yang sering kali dialami menjelang akan menstruasi.

Kondisi ini dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon progesteron. Maka dari itu bisa memicu produksi minyak atau sebum berlebih yang menyumbat bagian pori-pori pada kulit wajah dan memunculkan jerawat baru.

4.    Nafsu makan cenderung meningkat

Menjelang akan haid, nafsu makan wanita cenderung lebih meningkat. Para wanita ini kemungkinan besar menginginkan konsumsi makanan yang manis seperti halnya cokelat, permen, susu hingga makanan cepat saji lainnya.

Meskipun nafsu makannya sedang meningkat namun sebaiknya kamu tetap memperhatikan pola makan sehat. Hal seperti ini dapat disiasati dengan konsumsi cokelat hitam ataupun coklat susu jika ingin camilan ringan.

5.    Kram pada bagian perut dan punggung bawah

Sebagian besar wanita yang akan memasuki jadwal haid biasanya mengalami kram pada perut dan punggung bagian bawah. Kondisi ini tidak hanya terjadi sebelum haid namun bisa saja juga selama masa mentruasi berlangsung karena rahim sedang kontraksi.

Berbeda dengan keluhan beberapa tanda-tanda haid normal lainnya. Untuk hal ini biasanya bisa muncul 24 hingga 48 jam sebelum pendarahan dan terjadi dalam waktu 3 hari.

6.    Mood swing

Wanita yang akan menjelang masa menstruasi tentunya mengalami perubahan mood yang ditandai dengan perasaan senang, sedih dalam waktu cepat atau kesel sebelum menstruasi tiba. Tanda mood swing bisa mereda setelah menstruasi sudah dimulai.

Apabila kamu mengalami mood swing karena menstruasi maka disarankan untuk istirahat dengan cukup dan melakukan meditasi. Selain itu bisa dengan mengonsumsi makan yang dapat meringankan keluhan seperti halnya sayuran hijau, susu dan juga buah-buahan.

7.    Kelelahan tanda-tanda haid normal

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita menjelang haid bisa mengganggu pola tidur dan membuatnya mudah lelah. Keluhannya bisa segera hilang ketika sudah memasuki masa menstruasi untuk hari pertama.

Dalam hal ini kamu bisa melakukan olahraga secara rutin agar bisa meningkatkan kualitas tidur. Sehingga tidak lagi mengganggu pola tidur kamu yang tidak nyaman itu.

8.    Insomnia

Susah tidur tidak hanya dialami oleh mereka yang kebanyakan minum kafein terlalu banyak. Insomnia merupakan salah satu tanda haid yang sangat sering terjadi pada wanita.

Meskipun rasanya sangat lelah namun tidak kunjung bisa tidur. Ketika haid sudah terjadi maka rasa kantuknya itu justru akan muncul terus.

9.    Sakit kepala

Tanda-tanda haid normal yang muncul sakit kepala disebabkan adanya faktor hormonal. Hormon serotoni yang ada pada otak diganggu olah hormon esterogen dan meningkat sebelum waktunya haid tiba.

Kondisi sebelum haid ini bisa mengakibatkan migrain untuk sebagian besar wanita. Sebaiknya untuk mengurangi minum kafein agar bisa meminimalisir sakit kepala sebelum haid.

10.  Diare

Diare sebagai tanda haid yang dialami oleh wanita meskipun tidak semuanya. Diare yang terjadi dikarenakan adanya prostaglandin.

Salah satu zat yang membuat kontraksi pada rahim hingga usus dan menimbulkan masalah di bagian pencernaan apabila kadarnya banyak. Tingginya kadar prostaglandin dapat meningkatkan rasa nyeri ketika sedang menstruasi.

11. Sulit berkonsentrasi

Memasuki masa menstruasi pada wanita akan mengalami beberapa tanda salah satunya sulit untuk berkonsentrasi. Kesulitan konsentrasi ini merupakan salah satu keluhan yang bisa saja muncul menjelang haid pada pre menstrual syndrome atau PMS.

Pastinya wanita akan merasakan kesulitan untuk konsentrasi meskipun faktornya bukan karena haid saja. Apabila hal seperti ini disebabkan karena menjalang haid maka kemungkinan besarnya bisa berulang lagi untuk setiap bulan saat akan haid.

Demikianlah beberapa uraian mengenai tanda-tanda haid normal yang sering kali dialami oleh wanita. Tanda di atas merupakan gejala yang umum terjadi pada sebagian besar wanita ketika tengah menjelang masa haid.


 

Post a Comment

0 Comments