5 Langkah Agar Serum Pencerah Wajah Bekerja Maksimal

Serum pencerah wajah

Di cuaca yang tidak menentu ini kondisi kulit wajah saya juga menjadi ikutan tidak menentu. Terkadang saat bangun tidur dan bercermin saya melihat kulit wajah saya tampak kusam dan gelap. Terkadang juga wajah saya terlihat cantik, segar, dan cerah seperti Wendy bias saya di Red Velvet, hehe. Percaya diri banget? Ya iya karena memang semengherankan itu sampai saya bertanya-tanya “kok bisa ya hari ini bareface saya saat bangun tidur bisa sesehat idol-idol Korea?”.

Banyak faktor yang menyebabkan wajah tampak gelap, bisa dari faktor dalam tubuh maupun lingkungan kita. Berdasarkan pengamatan dari pengalaman saya selama ini adalah karena pola makan yang buruk, lingkungan rumah dan kerja yang panas serta banyak polusi, dan jam tidur yang tidak menentu.

Kalau sudah terjadi hal seperti itu kita harus buru-buru menolong kulit wajah kita. Karena, merawat diri termasuk cara kita menghargai diri sendiri. Saya sendiri memasukkan serum pencerah wajah ke dalam daftar skincare routine.

Teman, kulit wajah cerah itu tidak ditentukan oleh skin tone loh. Karena, cerah dan tidaknya wajah kita mencerminkan kondisi kulit yang sehat dan terawat.

Meskipun wajah tidak se-good-looking idol tapi kulit wajah harus sehat. Cerah, lembut dan llembab seperti idol. Oleh karena itu saya juga melakukan beberapa hal agar serum pencerah wajah yang saya gunakan dapat bekerja secara maksimal.  Ayo kita sama-sama belajar lewat tulisan ini!

Memaksimalkan Daya Kerja Serum Pencerah Wajah

1. Bersihkan Wajah Dari Make Up Dengan Benar

Ada tips awet muda dan cantik dari aktris Korea berumur 40 tahun yang saya gemari, yaitu segera menghapus make up setiap kali ada kesempatan. Artinya jika sudah tidak dalam okasi yang mengharuskan mengenakan riasan wajah, segera hapus agar kulit wajah tidak terbebani dan bisa bernapas.

Membersihkan riasan wajah tidak cukup dengan mencuci dengan sabun pembersih wajah. Residu make up masih akan banyak tertinggal. Gunakan produk pembersih make up yang bisa membersihkan secara menyeluruh.  Setelah itu baru dilanjutkan dengan mencuci menggunakan sabun wajah.

Hal ini penting karena jika tidak dilakukan maka residua atau sisa riasan yang tidak diangkat bisa menyumbat pori-pori, kulit wajah terbebani, sehingga bisa membuat wajah kusam dan gelap. Jangan lupa rajin eksfoliasi juga agar sisa-sisa make up di kulit mati terangkat dan mempermudah regenerasi sel kulit baru. Jadi membersihkan wajah dari riasan merupakan hal yang penting bagi saya.

2. Perhatikan Kebersihan Kulit Wajah

Kebersihan kulit wajah yang harus diperhatikan selain dari membersihkan riasan adalah dari alat dan benda-benda yang bersentuhan dengan wajah kita. Yang pertama adalah handuk, gunakan handuk yang berbeda untuk wajah. Jangan menggunakan handuk badan untuk wajah kita karena kuman dan bakteri di badan akan berpindah ke wajah dan bisa menimbulkan masalah kulit wajah, seperti mudah berjerawat.

Yang kedua adalah memastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum mencuci wajah dan menggunakan serum pencerah wajah. Yang selanjutnya adalah mengganti sprei atau sarung bantal secara berkala karena ketika tidur wajah kita mau tidak mau akan menempel di bantal.

Pentingnya memperhatikan kebersihan ini adalah agar kulit wajah kita terhindar dari masalah seperti jerawat atau gatal-gatal. Karena seperti yang kita tahu pada beberapa kasus, kulit wajah yang mudah berjerawat akan meninggalkan bekas. Bekas atau noda jerawat bisa menimbulkan kulit kusam dan gelap.

3. Gunakan Serum dan Masker Pencerah Wajah Dengan Tepat


Nah ini! Dalam serangkaian usaha menjaga wajah agar bisa secerah Mbak Wendy Red Velvet tentunya kita menggunakan serum pencerah wajah dan masker. Tidak hanya asal memakai tapi juga harus tepat. Saya memilih produk dari POND’S yang sudah dikenal keluarga sejak saya jadi murid di sekolah sampai jadi pengajar.

Inovasi POND’S yang bisa saya dan teman-teman pilih untuk mencerahkan wajah ada dua, yaitu POND’S Triple Glow Serum dan POND’S Triple Glow Serum Mask.  Jadi mari kita bahas bagaimana menggunakan di duo POND'S Triple Glow dengan tepat.

POND’S Triple Glow Serum


Bestie, menggunakan POND’S Triple Glow Serum tidak sulit. Perhatikan langkah mudah ini ya:

  • Bersihkan wajah atau mencuci wajah dengan facial wash. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang menempel dan malah menghambat penyerapan serum pencerah wajah.
  • Saat kulit masih terasa lembab setelah dicuci, segera pakai 2-3 tetes POND’S Triple Glow Serum. Jangan sampai pipet menyentuh kulit atau jari karena bisa memindahkan bakteri ke dalam botol serum kita nanti.
  • Setelah itu tepuk dan pijat kulit wajah agar zat aktif serum bekerja di kulit. FYI pemijatan kulit wajah setelah menggunakan serum juga bisa memperlambat dan menyamarkan keriput lho.
  • Jangan lupa pakai serum pencerah wajah secara rutin agar kulit kita bisa sehat, cerah, lembut dan lembab secara maksimal.

Pengalaman menggunakan serum

Saya cobain serum pencerah wajah ini di pagi dan malam hari. Pagi saat sebelum ber-make up dan malam sebelum tidur, sebelumnya saya cuci muka terlebih dahulu. POND’S Triple Glow Serum ini memiliki tekstur cukup kental dengan wangi yang tidak terlalu mencolok.

Saat diteteskan di wajah menurut saya tidak mudah terjatuh namun saat diratakan dengan gerakan memutar dan memijat, serum ini bisa langsung menyerap dan tidak meninggalkan kesan berat di wajah. Setelah beberapa saat saya merasakan kulit wajah saya jadi halus saat disentuh.

Untuk hasil mencerahkan memang tidak instan, semuanya butuh proses dan pemakaian rutin. Namun, saat pertama kali memakai serum ini kondisi wajah saya sedang kering-keringnya di bagian pipi dan tetap oily di bagian T zone. Saya juga sedang libur menggunakan skincare beberapa hari sebelumnya. Setelah tiga hari menggunakan serum pencerah wajah ini, kulit wajah yang kering jadi lebih lembab dan halus. Kondisi kulit wajah saat bangun tidur hari ini juga terlihat lebih cerah.  

Serum pencerah wajah
Tiga hari menggunakan POND'S Triple Glow Serum

 

POND’S Triple Glow Serum yang saya pakai ini mampu bekerja 60X lebih efektif dari vitamin C^. Karena, menggabungkan 3 kekuatan terbaik. Yaitu:

  • Gluta-Boost-C yang mengandung glutathione, antioksidan yang kita tahu  mampu mencerahkan kulit. Formula unik Gluta-Boost-C efektif menyamarkan flek hitam, untuk wajah tampak cerah dan warna kulit merata.
  • Vitamin B3+(Niacinamide) yang mampu menyamarkan pori-pori sehingga wajah tampak mulus dan terasa lembut.
  • Hyaluronic Acid yang menyerap mendalam ke setiap lapisan epidermis kulit untuk melembapkan kulit wajah hingga tampak glowing.
Oh ya, yang saya gunakan ini POND’S Triple Glow Serum kemasan sachet 7,5 gram. Menurut saya ini sangat inovatif karena saya bisa mencoba dulu apakah cocok di kulit saya atau tidak. Kalau cocok kan bisa tanpa ragu melanjutkan yang kemasan botol. Dan juga kemasan sachet ini praktis untuk dibawa teman-teman bepergian, tidak perlu repot menyediakan tempat untuk botol serum yang besar.

 

 

POND’S Triple Glow Serum Mask

POND’S Triple Glow
POND’S Triple Glow Serum Mask

Menggunakan POND’S Triple Glow Serum Mask ini juga harus tepat agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal. Yuk kita sama-sama belajar menggunakan POND’S Triple Glow Serum Mask dengan tepat:

  • Menggunakan sheet mask ala saya biasanya pada malam hari. Alasannya kalau pagi hectic dan buru-buru jika ada jadwal mengajar. Alasan lainnya karena pada malam hari saat kita istirahat kulit kita tetap aktif bekerja jadi kandungan Gluta-Boost-C, Vitamin B3+(Niacinamide), Hydrating Hyaluronic Acid dapat meresap secara maksimal.
  • Buka lembaran masker dan gunakan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jangan lupa atur supaya pas di bagian mata, hidung dan bibir. Kalau tidak pas nanti bisa menutupi hidung dan susah napas dong, bestie..
  • Diamkan selama 15-20 menit saja, jangan lebih dan jangan ketiduran juga ya pas memakai. Soalnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Siasati dengan memasang timer atau alarm di ponsel.
  • Setelah itu lepaskan masker dan pijat-pijat wajah agar kandungan serum di dalam POND’S Triple Glow Serum Mask yang 100X lebih banyak dibandingkan sheet mask lainnya bisa semakin meresap ke kulit.
  • Tidak perlu membilas wajah setelah memakai sheet mask ini. Kita bisa langsung bobo cantik dan waktu bangun tidur coba bercermin maka akan terlihat lebih glowing. Karena, kandungan di dalam POND’S Triple Glow Serum Mask bisa mencerahkan, menghaluskan, dan melembapkan kulit dalam 1 kali pakai. Selamat teman-teman, kita sudah satu langkah menuju secantik Mbak Wendy Red Velvet!

 

Duo POND’S Triple Glow Serum ini mudah didapatkan, saya sendiri ketemu mereka di Indomaret. Jadi teman-teman juga bisa mudah membelinya. Untuk harga POND’S Bright Beauty Triple Glow Serum sachet 7,5 gram sekitar 18 ribuan dan POND’S Triple Glow Serum Mask sekitar 19 ribuan.

 

4. Lindungi Wajah Dengan Tabir Surya

Melindungi wajah dengan tabir surya menurut saya adalah kewajiban semua orang. Tidak hanya menjadi perihal estetika wajah yang cerah tapi juga dari segi kesehatan kulit. Apalagi di negara kita yang dilimpahi berkah sinar matahari yang banyak, risiko kesehatan kulit juga turut menyertai.

Serum pencerah wajah bekerja dengan menghambat munculnya noda hitam serta menyamarkan flek hitam di wajah. Agar bekerja secara maksimal, penggunaan serum pencerah wajah harus dibarengi dengan mengaplikasikan tabir surya sehingga melindungi kulit wajah kita dari paparan sinar matahari.

 

5. Maksimalkan Dengan Menjaga Pola Hidup Sehat

Konsisten menggunakan serum pencerah wajah akan lebih maksimal dengan menjaga pola hidup yang sehat. Langkah-langkah di atas sebelumnya akan mubazir saja jika kita menjalani pola hidup yang tidak sehat. Hal-hal sederhana yang sedang saya terapkan untuk pola hidup sehat sebagai berikut:

  • Stay hydrate atau menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cara minum air yang cukup. Pada orang dewasa biasanya kebutuhan minumnya sebanyak 2L. Saya juga memasang aplikasi di ponsel yang mengingatkan saya untuk minum air setiap beberapa jam sekali.
  • Berusaha mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang serta mengurangi makanan cepat saji dan frozen food. Hal ini saya alami sendiri sebelum tahun 2017 saat saya masih sering makan makanan yang tidak sehat, kulit saya kusam dan mudah berjerawat. Bekasnya memenuhi wajah dan membuat kulit tidak sehat sehingga produk skincare tidak menimbulkan hasil. Setelah itu saya mengurangi makanan yang tidak sehat dan berusaha makan yang mengandung gizi seimbang, hasilnya sekarang lebih cerah, tidak mudah berjerawat dan bisa merasakan manfaat skincare.
  • Olahraga teratur minimal 15 menit dalam sehari untuk membantu  melancarkan metabolisme tubuh. Meskipun itu sekadar senam atau stretching.
  • Melakukan hobi atau hal yang kita senangi dan bermeditasi agar terhindar dari stress. Saya sendiri terkadang menikmati waktu untuk melepas stress dengan mendengarkan musik yang saya sukai sambil merawat tanaman atau membersihkan koleksi mainan saya.
  • Yang terakhir tidur teratur dan tidak terlalu malam. Karena, organ-organ kita memiliki jam biologis untuk istirahat. Bagian terakhir ini saya sendiri belum bisa begitu konsisten atau malah sering terbangun di malam hari.


Saya sangat senang membagikan pengalaman merawat kulit wajah dan semoga bisa sama-sama belajar dengan teman-teman. Setelah membaca pengalaman saya yang ternyata cukup banyak kalau ditulis, jadi udah tepat belum cara kalian memakai serum?

 

-        

Post a Comment

2 Comments

  1. Harganya terjangkau dan kayaknya emang lebih simpel bawa serum kemasan sachet kayak gini ya. Gak berat dan gak repot. Btw, itu sheet mask-nya aku juga udah cobain seger banget abis nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini makeup aku bagus karena semalem pake sheet mask ini. Huhu suka banget

      Delete