Serunya Main Game Sambil Belajar

 

Serunya main game sambil belajar

Tidak terasa lebaran Idulfitri sudah mau sebulan berlalu. Kalian tim bisa menikmati  liburan Idulfitri tahun ini atau enggak? Kalau saya sepertinya 50:50 lah. Sedih banget karena bulan puasa juga tidak bisa menikmati puasa sepenuhnya akibat sakit. Saat libur lebaran juga masih recovry pasca sakit ditambah ada bebepa pekerjaan yang harus diselesaikan.

Kelamaan mengerjakan dokumen-dokumen untukkebutuhan akreditasi, saya jadi menemukan distraksi yang cukup menarik agar tidak bosan. Kalian ingat enggak sih zaman-zaman mengerjakan tugas di warnet terus bosan? Pasti kalian buka website yang berisikan banyak game itu kan? Nah kali ini pun begitu. Saya menemukan website seru yang punya banyak pilihan game. Dan saya rasa di website ini kita bisa merasakan serunya main game sambil belajar.

 

Hazzardville

Bermain game sambil belajar
Game Hazardville

Game ini nongol paling atas di situs money game Mortgagecalculator. Jadi semakin membuat saya tertarik untuk iseng-iseng  klik game tersebut. Selain itu dari namanya juga bisa disimpulkan kalau game ini tentang sebuah desa yang punya beberapa bahaya atau tantangan alam yang harus dihadapi.

Bahaya pertama yang dihadapi adalah petir. Iya petir yang itu, memang ada wilayah-wilayah tertentu yang lebih rentan dan lebih sering tersambar petir daripada wilayah lainnya. Di sini diperlihhatkan ada sebuah wilayah di desa tersebut yang rentan tersambar petir. Lalu ada perintah di dalam game untuk memasang penangkal petir sebagai tindakan pencegahan. Selain itu pembangunan sarana pemadam kebakaran juga sangat diperlukan. 

Bencana badai petir, dua rumah dengan penangkal petir aman

 

Saat sudah selesai memasang itu semua kita bisa memulai tombol hazzard-nya dan bisa kita lihat ada rumah yang aman dari badai petir dan ada yang terbakar. Lalu petugas pemadam kebakaran yang kantornya sudah dibangun dekat dengan wilayah tersebut akan segera datang memadamkan api dari rumah yang tidak terpasang penangkal petir,

Bahaya bencana alam selanjutnya di game Hazardville adalah tornado. Tornado sendiri adalah badai angin yang sangat besar dan merusak. Di Indonesia sendiri beberapa waktu lalu baru terekam untuk pertama kalinya tenjadi tornado, sebelum-sebelumnya dalam skala lebih kecil disebut angin puting beliung. Dalam kasus kali ini kita diperintahkan untuk membangun atap rumah yang anti angin untuk wilayah yang rentan dilalui tornado.  Setelah itu dapat kita lihat bahwa rumah yang  dilalui tornado berhasil selamat. 

Bencana alam tornado

Lalu seanjutnya kita akan dihadapkan dengan bahaya bencana banjir yang diakibatkan oleh hujan deras. Banjir sendiri adalah keadaan ketika air menggenangi permukaan tanah dengan ketinggian dan kurun waktu tertentu. Dalam perencaan penangulangan banjir ini kita diharuskan untuk membangun sirine pengingat atau pemberitahuan bahwa akan terjadi bencana banjir. Selanjutnya kita harus membangun shelter banjir untuk mengevakuasi warga di wilayah tersebut.

Bencana alam lainnya adalah gempa bumi yang juga sering terjadi di Indonesia. Di sini kita diminta untuk membuat bangunan dengan pondasi yang tahan terhadap bencana gempa bumi dan tak lupa dengan memperbanyak memasang sirine untuk peringatan dini gempa. 

Bencana Alam Tsunami

Bencana alam selanjutnya adalah tsunami.  Tsunami sendiri adalah gelombang tinggi air laut yang bisa mencapai daratan, karena skalanya sangat besar jadi bisa mengakibatkan banjir dan menyapu bangunan di daratan. Tsunami juga pernah terjadi di Indonesia dari yang skalanya kecil hingga sanat besar sampai menghancurkan satu kota. Untuk wilayah yang rentan terjadi tsunami ini kita disuruh untuk membangun penahan gelombang. Fungsinya adalah untuk memecah dan mereduksi kekuatan gelombang sehingga ketika mencapai daratan tidak akan terjadi kerusakan yang parah. 

Bencana alam erupsi gunung berapi

Selanjutnya juga bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, yaitu erupsi gunung berapi. Kerika erupsi, gunung akan mengeluarkan lahar panas yang bisa menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu kita diminta untuk membangun lebih banyak lagi sirine peringatan dini bencana alam dan juga pos-pos pemadam kebakaran.

Menurut saya game sederhana ini sangat bagus dan menarik untuk bisa memperkenalkan bahaya-bahaya bencana alam kepada orang awam. melalui permainan ini kita juga bisa menikmati serunya main game sambil belajar tenteng bencana alam yang sering terjadi.

Bencana alam memang tidak bisa kita hilangkan atau hindari, namun akibat setelah bencana alam terjadi bisa kita hindari. Di Indonesia yang dikelilingi oleh ring of fire pasti pernah mengalami semua bencana alam dalam game Hazardville ini. Oleh karena itu alangkah baiknya kepada pemerintah untuk bisa menganalisa potensi bencana alam yang akan terjadi di masa depan di suatu daerah, kemudian dilakukan pembangunan wilayah atau kota sesuai dengan kajian tersebut.

 

Coffee Shop


Di game Coffee Shop ini kita akan menjalankan sebuah kafe bernama Cafe Calypso. Tantangannya adalah kita harus mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu 14 hari. Saya kira game ini akan sangat mudah seperti game kafe-kafean yang pernah saya mainkan sebelumnya, ternyata cukup membuat saya berpikir keras karena pernah mengalami kerugian besar dalam 1 hari di antara 14 hari tersebut.

Setiap hari kita akan diminta untuk menyiapkan bahan-bahan jualan, seperti cup, kopi, susu, dan gula. Lalu kita diminta untuk membuat resep yang pas sesuai dengan kemauan pelanggan kebanyakkan dan juga prakiraan cuaca pada hari tersebut. Jika hari tersebut cuacanya panas atau dingin juga akan berpengaruh pada resep yang kita buat. Pada satu hari pelanggan ingin kopi yang kuat namun di hari lainnya pelanggan ingin kopi yang creamy. Selanjutnya kita juga harus menentukan harga yang masuk akal agar tidak merugi dan pelanggan tetap mau membeli.

Membeli stok bahan dan mengatur resep

 

Kesalahan yang pernah saya lakukan adalah saya tidak pandai membuat resep pada saat cuaca sedang panas dan juga harga kopi yang saya atur terlalu mahal. Jadi pelanggan pada hari itu enggan membeli kopi dan hasilnya saya tidak mendapatkan keuntungan dan malah merugi terus. Saya rasa game ini cukup menggambarkan kondisi pengusaha kafe yang harus pandai membaca pasar, mempelajari cuaca di kafe tersebut, dan pandai menentukan harga. Karena, hal tersebut menjadi kunci untuk menarik minat pelanggan menjadi pelanggan tetap dan kafe bisa berjalan dengan baik unuk waku yang lama atau bahkan bisa membuka cabang.

 

Kedua kalinya main game ini tetap harus membaca mood pelanggan

Dari beberapa game yang saya coba di web tersebut. Yang paling saya sukai adalah dua game yang saya bahas di atas. Serunya main game sambil belajar yang bisa mendistraksi dari kejenuhan mengerjakan dokumen-dokumen saat hari libur. Biar liburan tetap terasa liburannya bukan terasa kerja dan kerja. Tapi sebetulnya  situs ini punya fungsi utama untuk bidang finansial. Di situs tersebut kalian bisa menghitung pajak, hipotek, dan lain sebagainya terkait properti. Tapi kalau untuk saya ya amat sangat berguna sebagai hiburan, belajar, dan bermain game.


Post a Comment

0 Comments