Thursday, 20 September 2012

Semangat itu...

Kupikir penyemangat haruslah seperti hidrogen untuk matahari. 
Tapi ternyata salah, hidrogen akan habis dibakar dan matahri tidak akan bersinar lagi setelahnya.
Kudapati pikirku dan mungkin-mungkin yang lain.
Mungkin penyemangat haruslah seperti sumber air, ia tetap memancar dan menyegarkan sekitar selama sekitar mata air juga menjaga dirinya tetap ada.  
Berarti penyemangat itu bukanlah bahan bakar nantinya bisa habis membakar diri sendiri, tapi sumber yang selalu ada saat diri semakin pantas untuk disemangati.

Sunday, 16 September 2012

Review Backpackeran di Yogyakarta

 Review ini dari perjalanan terbaru saya dan teman saya saat mengisi liburan setelah hari raya dan sebelum masuk kuliah. Mengapa harus Jogja lagi? Tentunya karena tempat ini menarik, tempat ini patut dirindukan, tempat ini menyenangkan, semakin mengunjungi semakin ingin kembali. Perjalanan ini kami lakukan tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2012. Baiklah inilah itinerary kami. Simak baik-baik rencana perjalanan yang singkat dari kami.

30 Agustus 2012 
06.00 berangkat dari Surabaya menumpang Kereta Pasundan dengan tujuan akhir Stasiun Kiara Condong Bandung. Tips bawalah beberapa uang koin selama perjalanan karena akan banyak pemusik dan penawaran jasa bersih-bersih kolong kursi anda.
Surabaya Gubeng

12.10 tiba di stasiun tujuan yaitu Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, untuk anda yang Muslim sebaiknya sholat dulu di masjid stasiun sebelum melanjutkan perjalanan dijamin lebih segar dan memulihkan lelah perjalanan anda. Waktu itu selain sholat kami manfaatkan juga dengan brunch.
Yuyung di Lempuyangan
 12.30-13.30 Melanjutkan perjalanan menuju Jalan Sosrowijayan. Mengapa di sana? karena banyak penginapan, anda bisa memilih sesuai ukuran kantong anda. Menurut majalah info backpacker jalan ini adalah salah satu meeting point backpacker dunia di Indonesia. Dari Lempuyangan ke Malioboro atau Sosrowijayan bisa dengan jalan kaki atau naik becak.
14.30-09.00 Nah anda yang ini terserah anda mau diisi dengan kegiatan apa. Waktu itu kami isi dengan menyusuri sepanjang Jalan Malioboro sampai Jalan A. Yani, Ya anda pasti tau bahwa di sana banyak orang berjualan macam-macam. Waktu itu kami habiskan sore di Masjid Sulthoni karena kangen dengan suasana masjid. Kemudian untuk kuliner kami memilih beli jajanan, yaitu loenpia semarang isi telur atau ayam dan juga mencoba bakso di pinggir jalan. Setelah malam tiba kami pergi nongkrong di dekat Tugu dan sekalian foto-foto juga. Anak baik tak boleh pulang larut malam, hehe.. yasudah kami kembali ke penginapan.
Tugu


31 Agustus 2012
07.30-08.00 Sebelum bepergian, kami isi perut dulu. Kantong pas-pasan lebih enak memilih nasi kucing untuk sarapan. Karena kami wanita, porsi segitu sudah terasa cukup. Di sana juga bukan cuma nasi kucing yang dijual, ada bihun juga, ada macam-macam gorengan enak dengan harga terjangkau, dan ada aneka macam sate, seperti sate telur puyuh, krecek, dan usus. 
Semua yang ada disini enak :p

08.00-09.00 Ke Candi Prambanan dengan menumpang Trans Jogja. Di sini turun masih harus berjalan 1Km lagi untuk sampai di pintu masuk candi. Tenang bro, 1 Km deket banget kok. Tapi kalau gak mau jalan di sana juga ada andong maupun becak yang siap mengantar anda sampai ke pintu masuk. Tapi masih enak jalan, serius deh hehe...
Di dalam Trans Jogja nih

09.00-12.50 mengelilingi komplek Candi Prambanan yang eksotis. Kalau anda ke sana pasti tau lah bisa lama karena apa. Biasa hehe...

14.00-15.30 Makan siang dengan mie ayam di pinggir jalan Malioboro dan menunggu sampai adzan Ashar. Sekalian sholat di Sulthoni begitu. 
15.30-17.30 menikmati sore di perempatan Kantor Pos besar sambil makan sate ayam yang banyak dijual di sana. Karena waktu itu masih lapar saja. hehe... Setelah itu kembali berjalan ke penginapan dan tak lupa membeli loenpia yang istimewa itu untuk berjaga agar perut tidak lapar lagi.
Yuyung dan Satenya, haha

19.30-21.00 Mulai survey harga barang-barang yang ingin dibeli besok. Sekalian minum yang seger-seger di KFC. Tentunya yang dimakan adalah loenpia tadi. 

1 September 2012
07.30-08.00 Sarapan pagi di Nasi Kucing Jalan Sosrowijayan.

08.00-10.30 Berjalan ke Benteng Vredeburg tentunya untuk mengunjungi tempat itu. Ternyata tempat tersebut sudah berbenah cukup banyak sehingga semakin menyenangkan untuk dikunjungi. Selain ada museumnya di sana sekarang juga terdapat kafe yang menu dominannya kopi, Indische Koffie namanya. Kebetulan sekali untuk saya yang memang suka kopi. Museumnya sangat menarik untuk saya pribadi, karena saya yang memang suka belajar Sejarah. JASMERAH Bung!
Baca tentang sejarah

Yung, ke Museum itu belajar bukan foto-foto.

Eh aku kok juga :p
Ice Cappucino dan Guava Float di Indische Koffie

10.30-12.30 Anda bisa mengelilingi komplek Keraton dan Tamansari. Tapi waktu itu kami hanya mengunjungi Tamansari karena sudah pernah masuk ke Keratonnya. 


13.00-15.00 berburu oleh-oleh di sepanjang Malioboro dan Pasar Pathuk. Saya sih beli celana batik yang memang saya butuhkan. Hehe.. dan juga gantungan kunci serta stiker yang saya memang menyukai barang-barang seperti itu. Yang gak boleh ketinggalan itu adalah belu Bakpia Pathuk.

16.00-19.00 Check Out dari penginapan dan membeli bekal nasi kucing untuk dimakan nanti malam. Karena kereta kami tibanya baru jam 10 malam. Tempat yang ditujua mana lagi kalau bukan Masjid Sulthoni. Di sana menghabiskan Ashar, Maghrib, dan Isya.
19.00 Mulai ke Stasiun Lempuyangan karena tidak mau terlambat. Sambil nunggu kereta kami makan Nasi Kucing yang sudah kami beli tadi. Pastinya waktu masih lama bro, ngapain ya enaknya? Karena kami emang bocor dan suka nyanyi. Okelah kita play musik dari hape dan nyanyi-nyanyi. Gak takut malu mbak? Ya enggak lah. Kan hak kita mau ngapain, lagi pula besok sudah gak ketemu orang-orang itu kok jadi santai aja. hehe...
21.40 Kereta datang dan kami pun diangkutnya pulang ke kota tercinta. Alhamdulillah...

Nah berikut ini adalah rincian biaya bersih kami. 
Tiket kereta api PP                           = Rp 68.500
Tiket Masuk  Prambanan                  = Rp 30.000
Tiket Masuk Vredeburg                    = Rp   2.000
Trans Jogja ke Prambanan PP           = Rp   7.000
Penginapan 2malam dibagi 2 orang    = Rp 50.000
Makan nasi kucing 3x  (@1500)       = Rp   4.500
Sate Ayam+setengah lontong             =Rp    6.000
Mie Ayam                                         =Rp    6.000
Bakso                                               =Rp    7.000
Becak PP St. Lempuyangan/2 orang  =Rp  15.000
Becak PP Tamansari/2orang              =Rp    5.000
Total                                                 =RP 201.000
Biaya diatas bersih tidak termasuk oleh-oleh dan hobi jajan atau ngopi kami. Hehe... Selamat berlibur saudara. Bagi yang ingin mengikuti cara kami, silakan. Asik loh :D