Penuhi Kebutuhan Hidrasi Untuk Manfaat Kesehatan Dan Kecantikan




Ketika bangun tidur di pagi hari yang saya lakukan adalah bercermin. Tujuannya untuk memeriksa kondisi kulit wajah saya saat bangun tidur.  Kondisi pagi ini kulit wajah saya kenyal, bersinar, dengan sedikit berminyak. Kondisi yang bagus menurut saya, karena tandanya saya terhidrasi dengan baik. Beberapa tahun sebelumnya selalu seperti kilang minyak.

Dahulu kondisi kulit wajah pagi hari saya kita menandakan tipe kulit saya berminyak atau kering. Tapi setelah belajar dan banyak membaca, hal tersebut terkait dengan pemenuhan kebutuhan hidrasi sehat kita. Saat kulit kita kering (tidak terhidrasi dengan baik) cenderung saat tidur, kulit kita akan memproduksi minyak berlebih dan ketika bangun tidur akan terlihat berminyak serta kusam.

Baca Juga:  Katakan Tidak Pada Penuaan Dini Dengan Black Jam

Permasalahan kulit wajah seperti yang saya alami ini hanya sebagian kecil dari dampak pemenuhan hidrasi sehat bagi tubuh kita. Kemarin (30/09/2019) bertempat di Hotel JW Marriott Surabaya, saya mengikuti acara Hidration Talk bersama Danone-AQUA dan para pakar untuk mengetahui manfaat Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sebagai hidrasi sehat.

Air Dalam Tubuh

Tubuh manusia tersusun dari sektar 50-60% air dan berbagai organ seperti ginjal, otak, dan otot skitar 70-80% tersusun dari air. Melihat besarnya angka ini saja bisa kita bayangkan seberapa besar kebutuhan tubuh kita atas air. Padahal air sendiri sering terlupakan perannya sebagai bagian dari zat gizi makro.  

Tumpeng Gizi Seimbang diolah oleh Kementerian Kesehatan
 Agar tidak semakin terlupakan, sejak tahun 2013 Kementerian Kesehatan memasukkan Air dalam AKG (Angka Kebutuhan Gizi) untuk orang Indonesia. dr. Nurul Ratna Manikam, M.Gizi, Sp.GK yang merupakan Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, “Dalam rekomendasi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan di Tumpeng Gizi Seimbang, terlihat bahwa selain memenuhi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, kita juga harus memenuhi kebutuhan air dengan rekomendasi 8 gelas sehari.”

Meskipun begitu kebutuhan air minum pada orang dewasa, anak-anak, dan orang tua berbeda. Pada orang dewasa kebutuhan air harian antara 1,8 hingga 2 liter per hari, pada ibu hamil ditambah 300ML, pada ibu menyusui ditambah 700ml setiap hari, dan untuk anak usia 4-12 tahun sekitar 1,2 liter/hari.    

Fungsi Air Bagi Tubuh

Setelah tahu bahwa sebagian besar tubuh kita ini terdiri dari air, jadi terbayang kan apa jadinya jika kita kekurangan air?

Lebih lanjut lagi dr. Nurul Ratna Manikam, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, “Minum air yang cukup sangat penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energy dan sisa metabolism. Dengan demikian, air membantu tubuh menggunakan nutrisi secara lebih efektif.”

Benar saja jika air memang harus masuk ke dalam Tumpeng Gizi Seimbang  karena sejalan dengan yang dikatakan dr. Nurul, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa maksimal diserap jika tubuh kita kekurangan air alias dehidrasi.

Kekurangan hidrasi sehat ini bisa menunjukkan tanda-tanda maupun tidak. atau ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh menyebabkan beberapa dampak kesehatan tubuh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dampak Kurangnya Hidrasi Sehat

·         Dampak jangka pendek

Dampak jangka pendek dehidrasi atau kekurangan hidrasi sehat bagi manusia bisa mengganggu fungsi kognitif dan mood. Jadi kalau sedang mengalami mood tidak baik, coba periksa lagi karena mungkin kita sedang dehidrasi.

Tanda lain dari dampak dehidrasi jangka pendek adalah kita mudah cemas, konsentrasi menurun, daya ingat visual sesaat menurun, serta mudah mengantuk dan lelah. Jadi dehidrasi bisa menipu kita dengan tanda-tanda seperti kelelahan padahal yang kita butuhkan hanyalan memenuhi kebutuhan harian air kita.

Kalau kamu tiba-tiba lelah dan hilang mood seperti ini  cepat-cepat minum air

·         Dampak jangka panjang


Sedangkan dampak jangka panjang dari dehidrasi lebih mengerikan lagi. Bukan lagi seperti tanda-tanda lelah tapi sudah menjadi penyakit seperti batu ginjal, ginjal kronis, infeksi saluran kemih, hingga kegemukan. Nah ini, bagi yang punya masalah kegemukan mungkin bisa dicek apakah sudah minum air dengan baik setiap harinya?

Seperti yang disebutkan dr. Nurul sebelumnya bahwa air dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Jika tidak dipenuhi dengan baik bisa mengganggu keseimbangan metabolisme. Dan kebanyakan kasus kegemukan adalah akibat dari tidak seimbangnya proses metabolisme tubuh jadi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa dicerna dengan baik.

Hubungan Antara Memenuhi Hidrasi Sehat Dengan Kecantikan

Iluustrasi
image source: Femina.in

Salah satu dampak dehidrasi yang disebutkan dr. Nurul adalah berkurangnya elastisitas kuli. Pada kulit tubuh bisa dideteksi dengan kulit terasa kering dan jika dicubit memerlukan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk semula. Kondisi seperti ini biasanya tidak akan teratasi hanya dengan rajin mengoleskan lotion.

Berlaku juga untuk kondisi pada kulit wajah. Seperti yang saya rasakan dulu saat bangun tidur dengan kondisi kilang minyak tapi saat siang hari malah menjadi kering. Kulit yang kering biasanya diikuti oleh make up yang tidak bisa menempel dengan baik di wajah kita. Hasilnya wajah jadi terlihat lebih kusam.

Zaman sekarang pasti para wanita langsung bingung dan browsing tentang skincare apa saja yang bisa mengatasi kondisi kulit wajahnya tersebut. Kebanyakan dari kita lupa bahwa perawatan kulit dan tubuh dari luar dengan menggunakan skincare saja tidak cukup. Karena permasalahan utamanya adalah ada pada dari dalam tubuh, sepele yaitu dehidrasi.

Jadi Girls, sebelum tergiur perawatan ini itu, coba kita tengok apakah kita sudah minum cukup air setiap harinya? Selanjutnya saya akan bahas macam-macam air kemasan yang biasa kita temui dan konsumsi di Indonesia.

Jenis-Jenis Air Minum Dalam Kemasan Di Indonesia


Salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh adalah Ait Minum Dalam Kemasan (AMDK). Di Indonesia ada beberapa jenis yang ternyata punya manfaat berbeda serta beberapa mitos dan faktanya. Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp.GK yang merupakan Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) membantuk memaparkan jenis AMDK di Indonesia.
Ada 4 jenis air minum dalam kemasan yang dipasarkan di Indonesia yang dibahas dalam acara Hidration Talk  kali ini, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen, dan air alkali (pH tinggi). Secara sekilas keempat air minum dalam kemasan ini memiliki tampilan yang sama. Namun ternyata memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Air mineral merupakan AMDK yang paling mudah ditemui di Indonesia. Disebut air mineral karena mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai yang diatur dalam SNI.

Di dalam air  mineral terkandung natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh. Masing-masing mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh, seperti natrium untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, kalium  untuk sistem saraf dan otot, zinc untuk pembentukan sel dan enzim, florida mencegah karies gigi, dan silica untuk membantu memperkokoh jaringan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menjelaskan jika mengonsumsi air yang tidak mengandung mineral dapat meningkatkan resiko osteoporosis, hipertensi, serangan jantung, dan hipotoroid. Dr. dr. Diana Sunardi, M. Gizi, Sp.GK menjelaskan, “Selain manfaat tercukupinya kebutuhan hidrasi, untuk jenis air demineral, air degan pH tinggi, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan kajian ilmiah leboh lanjut untuk mengetahui bahwa jenis-jenis air tesebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain.”
Mitos dan fakta AMDK di Indonesia diolah oleh IHWG


Air minum dalam kemasan yang layak dikonsumsi harus memenuhi persyaratan seperti botol kemasan bersih, label dan tanggal kedaluwarsa yang jelas, serta memiliki kode produksi pada bagian tutup dan botolnya. Selain itu air yang layak untuk dikonsumsi harus tidak berwarna, tidak berasa, tidak memiliki bau tertentu, dan tidak mengandung bahan berbahaya.

 Di akhir acara dr. Tria Rosemiarti selaku Hydration Science Director PT. Tirta Investama ( Danone-AQUA) menjelaskan bahwa Danone-AQUA terus berkomitmen dengan pihak seperti IHWG dan Universitas Indonesia. Serta beberapa universitas lain di Indonesia untuk bisa terus memberikan edukasi dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia.

Post a comment

0 Comments