Review Game Klondike Adventures




Nama: Klondike Adventures
Genre: Adventures
Developer: Vizor Apps LTD
Rate: 7+

 

Deskripsi



 Secara singkat game ini menuliskan ‘Build your farm and city in the wild’ pada laman awal tentang mereka. Dalam game ini kita ditugaskan untuk membangun station kita dengan mengeksplorasi lokasi-lokasi lain di peta. Ada 11 chapter peta yang harus kita jelajahi untuk bisa menyelesaikan game ini.

Cerita game ini sebenarnya kita bersama Kate dan Paul harus menjelajah alam liar Alaska. Dalam penjelajahan ini kita mencari sumber daya alam yang dibutuhkan untuk membangun station atau kota kita. Contohnya seperti membangun lahan pertanian, rumah-rumah pekerja, pabrik, bengkel besi, susu, bakery dan lain sebagainya.

Gameplay


My station
Saat pertama kali memainkan game ini kita dihadapkan dengan station kita yang masih belum terjamah. Station kita masih ditumbuhi pepohonan, bongkahan-bongkahan es, bebatuan, dan rumput liar. Tugas kita adalah membersihkan area milik kita untuk bisa membangun kota kita dengan baik.

Saat membersihkan lokasi milik kita, pohon yang kita tebang maupun bongkahan es yang kita bersihkan akan berubah menjadi investasi sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut akan berguna untuk kita membangun kota. Namun tantangan yang kita miliki cukup berat jika kita tidak sabar memainkan game ini karena keterbatasan energi yang kita miliki.

Energi sendiri selalu kita butuhkan untuk menebang pohon, mencabut rumput, maupun menambang. Energi akan bertambah sendiri setiap 1,5 menit dan slot energi bertambah setiap kali kita naik level. Aktivitas yang tidak memerlukan energi sepertinya hanya saat memanen hasil pertanian kita.

Untuk membangun rumah, lahan pertanian, serta berbagai pabrik kita harus membeli dengan koin. Koin ini didapatkan dari kita berjualan barang-barang yang sudah kita hasilkan. Pada level awal kita hanya bisa menjual barang dari pesanan di darat. Namun pada level yang lebih tinggi kita bisa juga menjual barang melalui kapal di pelabuhan. 


Di setiap station atau pulau di peta, selain mencari sumber daya alam kita juga akan diberikan berbagai misi. Dalam setiap misinya ada cerita yang menarik untuk diikuti. Jadi mainkan game ini dengan santai sambil menikmati setiap ceritanya.

Mungkin bagi beberapa orang, game ini akan terasa lambat karena batasan energi yang bisa dipakai. Bagi pengembang konsep ini digunakan agar para pemain membeli tambahan energi dan item untuk bisa terus melanjutkan permainan. Namun bagi saya yang pemain game biasa, justru konsep seperti ini bisa saya gunakan untuk tidak kecanduan bermain game.

Yang membuat game ini terasa lambat juga karena untuk membangun kota dibutuhkan banyak bahan serta banyak tahap. Menurut saya tidak masalah karena setelah kita memiliki semua bangunan kita bisa fokus ke cerita di dalam game. Namun yang disayangkan adalah game ini belum memiliki pilihan Bahasa Indonesia.

Pilihan Bahasa


Game ini juga mengadakan event setiap ada perayaan hari-hari besar. Selama saya memainkan game ini, Klondike Adventures membuat event natal dan tahun baru, tahun baru China, valentine, dan sekarang sedang berlangsung event St. Patrick. Selama event  ini ada kompetisi serta hadiah yang bisa kita dapatkan sesuai peringkat kita. 
St. Patrick Festival


Dalam kesempatan berikutnya akan saya tuliskan tentang tips bermain game KlondikeAdventures bagi pemula. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar, terima kasih.


Post a comment

1 Comments