Cara Dan Syarat Daftar Haji Surabaya 2021

 


 

Bismillahirrahmanirrahim..

Teman-teman saya kali ini akan membagikan informasi mengenai cara dan sayarat daftar haji di Surabaya pada tahun 2021 ini. Tadinya tulisan ini mau saya publish berdasarkan pengalaman tahun lalu tapi kemarin alhamdulillah saya dapat pengalaman lagi yang ternyata masih sama, hehe.. Yang berbeda mungkin hanya tentang bank tempat kita membayar setoran awal saja.

 

Sebelum mendatar haji ada baiknya teman-teman mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu sebagai persayaratan pendaftaran. Yang saya tuliskan nanti berdasarkan pengalaman di Kota Surabaya. Mungkin untuk kota lain bisa ada yang sama atau berbeda. Kalau berbeda juga biasanya tidak akan berbeda jauh. Yuk persiapkan berkas-berkas berikut.

 

Syarat-syarat

 

  1. Fotokopi Kartu Keluarga 3 lembar
  2.  Fotokopi akta kelahiran dan atau ijazah 3 lembar. Pastikan nama Ayah anda di akta kelahiran dan ijazah memiliki nama yang sama. Artinya tidak ada kesalahan pengetikan atau bahkan keliru dalam pengetikan nama. Kalau berbeda atau salah, segera minta perbaikan terlebih dahulu.
  3. Fotokopi KTP ukuran 100% sebanyak 5 lembar.
  4. Foto ukuran 3x4 (80% wajah) dengan background putih 17 lembar.
  5. Foto ukuran 4x6 (80% wajah) dengan background putih 6 lembar.
  6. Fotokopi buku tabungan (nanti setelah dari bank).

 

Berkas-berkas di atas juga dibawa yang aslinya sewaktu melakukan pendaftaran haji. Kalau sudah siap semua berkasnya, kita tinggal pergi ke bank dan Kantor Kementerian Agama. Kalau tahun lalu kita bisa melakukan pembukaan rekening haji dan penyetoran awal di bank BNI Syariah, Mandiri Syariah, atau BRI Syariah. Tapi sekarang tiga bank tersebut sudah merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

 

Cara Mendaftar Haji Surabaya 2021

 

1. Datang ke BSI. Bisa yang dekat dengan rumah ataupun yang dekat dengan Kantor Kementerian Agama. Saran saya agar teman-teman datang sebelum bank buka agar bisa dapat antrean pertama karena akan sangat lama, paling tidak satu jam untuk proses di sini.

2. Bilang untuk buka rekening haji sekaligus melakukan setoran awal agar bisa langsung dapat nomor porsi.

3. Nanti kita akan dibantu oleh CS untuk pengecekan berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan pendaftaran haji.

4. Setelah itu nanti CS akan mengarahkan kita menyetor ke rekening kita sebanyak 25 Juta rupiah untuk langsung dibayarkan sebagai setoran awal ke Kementerian Agama.

 5. Setelah disetorkan, silakan minta tolong CS untuk memfotokopi buku tabungan dengan posisi bagian setoran awal kita dilipat ke atas sampai bisa jadi satu dengan tulisan nama dan nomor rekening di buku tabungan kita.

 6. Dari BSI nanti kita akan mendapatkan Tanda Bukti Setoran Awal beberapa lembar. Masing-masing nanti diberikan ke Kantor Kementerian Agama dan untuk calon jamaah haji.

 7. Di bank nanti kita akan dibantu CS untuk merapikan berkas yang saya tuliskan di atas untuk diserahkan ke Kantor Kementerian Agama.

 8. Setelah selesai proses di bank, untuk warga Surabaya bisa langsung ke Kantor Kementerian Agama di Jl. Mesjid Agung Tim. No.4, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60234. 

Kantor Pelayanan Terpadu Kemenag Surabaya

 

 9. Di sana nanti kita akan diminta mengisi formulir pendaftaran haji dan menyerahkan berkas persyaratan. Setelah itu nanti kita akan dipanggil untuk foto dan perekaman sidik jari. Dan setelahnya kita akan mendapatkan Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). 

Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH)

 

 10. Sebelum meninggalkan lokasi sebaiknya kita cek terlebih dahulu nama, alamat, tanggal lahir dan semua data diri yang tertulis di SPPH sudah benar. Kalau ada yang salah, silakan langsung minta untuk pembetulan. Kalau sudah betul nanti kita akan mendapatkan nomor porsi.

Setelah mendapatkan SPPH dan nomor porsi, alhamdulillah berarti serangkaian proses pendaftaran haji kita sudah selesai. Jangan lupa menabung lagi untuk pelunasan ketika keberangkatan kita nanti.

 

Sebagai informasi, di Kota Surabaya daftar antreannya mencapai 31 tahun. Semoga yang sudah mendaftar diberikan kesehatan dan panjang umur agar bisa berangkat ibadah haji nanti. Dan yang belum semoga lekas dimampukan secara lahir batin untuk bisa mendaftar haji.

Post a Comment

0 Comments