Review: Nyobain LINE Bank Yang Punya Kartu Debit Lucu

 


 

Hai-hai... Tulisan kali ini lahir karena jujur saja saya terbawa arus tren yang sedang ramai. Yak dari judulnya ini akan membahan tentang LINE Bank By Hana Bank. Karena, akhirnya saya nyobain bikin yang ternyata prosesnya gampang banget. Ya siapa yang tidak tergoda sama benda-benda lucu, kan?

 

Jadi saya akan menuliskan mengenai LINE Bank yang tentunya berdasarkan pengalaman dan pendapat saya sebagai orang awam. Selamat membaca!

 

LINE Bank By Hana Bank

 


LINE yang kita kenal sebagai aplikasi pesan instan akhirnya resmi meluncurkan layanan bank digital di Indonesia pada 10 Juni 2021 lalu. Sebelum-sebelumnya saya sudah mbatin banget kapan LINE akan meluncurkan layanan ini seperti aplikasi pesan instan yang berwarna kuning? Ternyata sebelum diluncurkan di Indonesia, layanan LINE Bank ini sudah terlebih dahulu hadir di Thailand dan Taiwan.

 

LINE Bank di Indonesia merupakan layanan perbankan digital asing pertama yang merupakan kolaborasi antara bank dengan perusahaan teknologi raksasa. Layanan ini juga adalah hasil dari LINE Financial Asia yang mengakuisisi 20 persen kepemilikan Bank Hana melalui Perjanjian Penyertaan Modal. Hana Bank tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan peserta penjamin (LPS).

 

Saat saya kepo soal LINE Bank ini banyak dari portal berita yang menuliskan judul bahwa layanan bank digital ini akan menarik paran gen Z. Padahal kalau kata saya sih berdasarkan pengalaman hidup, berbagai generasi akan tertarik untuk mencoba layanan ini. Alasan pertama sudah pasti seperti alasan saya, yaitu kartu debitnya lucu banget dengan karakter LINE Friends seperti Brown, Cony, dan Sally.

 

Cara Daftar dan Membuka Rekening LINE Bank

 


LINE Bank yang merupakan layanan bank digital jadi pastinya teman-teman langsung saja menuju Play Store atau App Store untuk mendownlod aplikasi LINE Bank by Hana Bank. Jika sudah mendownload aplikasinya, silakan simak langkah-langkah berikut:

 

  • Siapkan data diri seperti KTP atau passport
  • Buka aplikasi LINE Bank dan izinkan akses yang dibutuhkan oleh aplikasi
  • Pilih mulai/start LINE Bank
  • Jika punya ID LINE bisa disambungkan, jika tidak bisa pilih skip saja. Jadi tidak harus memiliki ID LINE untuk membuat rekening LINE Bank. Fungsi menyambungkan dengan ID LINE adalah untuk mendapatkan notifikasi dari LINE untuk setiap aktivitas di layanan bank digital ini
  • Setelah itu masukkan nomor ponsel yang aktif dan masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS
  • Kemudian teman-teman akan diminta untuk memfoto e-KTP dan berfoto selfie sambil memegang e-KTP, lalu kirimkan. Selanjutnya cek NIK kalian, isikan data-data yang diperlukan pada kolom pendaftaran dengan benar.
  • Baca syarat dan ketentuan LINE Bank lalu pilih setuju
  • Selanjutnya teman-teman akan diminta mengisi tanda tangan dan membuat pin traksaksi LINE Bank
  • Kemudian lakukan verifikasi dengan petugas LINE Bank melalui video call

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas maka akun LINE Bank teman-teman sudah bisa dipakai.

 

Layanan LINE Bank By Hana Bank

 

Setelah pendaftaran kita berhasil diverifikasi, kita bisa menikmati layanan-layanan yang diberikan oleh LINE Bank. Berikut beberapa layanan tersebut:

 

Savings

 


Nasabah bisa membuka rekening penyimpanan di akun yang didaftarkan dengan memberi nama sesuai keinginan. LINE Bank memberikan layanan savings ini untuk memungkinkan kita memiliki hingga 8 sub-rekening di dalam satu akun. Misalnya saja kita ingin membuat rekening untuk jajan, tagihan, tabungan dan lain sebagainya. Jadi dana yang kita miliki tidak akan tercampur.

Dengan fitur yang memungkinkan kita membuat sub-rekening juga bisa sebagai antisipasi keamanan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran data atau kehilangan saldo. Hal tersebut semoga saja tidak pernah terjadi. Karena, seperti yang sudah saya sebutkan di atas Hana Bank sudah terdaftar dan diawasi OJK serta menjadi peserta penjamin (LPS).

 

Debit Card

 


Debit card atau kartu debit dari LINE Bank ini datang bersama fitur savings. Sub-rekening yang telah kita buat tadi masing-masing dapat dikaitkan dengan kartu debit tersendiri. Jadi, satu sub-rekening satu kartu debit. Namun layanan kartu debit LINE Bank saat ini hanya sebatas fisik belum bisa untuk kartu debit online, padahal di Thailand sudah memiliki fitur tersebut.

 

Salah satu yang menjadi unggulan LINE Bank adalah desain kartu debit fisiknya. Kartu debitnya memiliki desain unik bening di bagian bawah dan terdapat karakter LINE Friends. Saya yakin banyak nasabah yang berbondong-bondong untuk mendaftar adalah agar bisa punya kartu debit LINE Bank yang lucu.

 


Desain kartu debit LINE Bank ada empat yaitu Brown visa dengan kartu warna merah agak oranye, Brown GPN dengan kartu berwarna biru, Cony visa dengan kartu berwarna pink, dan Sally visa dengan kartu berwarna kuning. Saya sendiri memilih kartu visa berwarna pink dengan karakter cony di bagian bawah yang berwarna bening. Bagian depan kartu juga tampak depan wajah Cony dan bagian belakangnya adalah punggung Cony. Gemas dan lucu bukan kartu debit LINE Bank by Hana Bank ini?

 

Deposito

 

Layanan selanjutnya yang dimiliki oleh LINE Bank adalah Deposito yang memungkinkan kita bisa memiliki 10 deposito dalam satu akun. Masing-masing deposito dengan dana minimum 1 juta rupiah hingga maksimal 1 milyar rupiah.

 

Jangka waktu penempatan deposito LINE Bank adalah 1-12 bulan dengan bunga 4,5% p.a. (per 18 Juni 2021). Yang  menarik adalah jika kita mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, tidak terdapat penalti dan kita mendapatkan bunga sesuai perhitungan dana yang kita tempatkan.

 Baca juga: PRUXSuperM We Do Virtual Concert & Fan Meet

Pengalaman Pengguna Terhadap LINE Bank by Hana Bank

 

Tampilan Aplikasi

 


Saya mendaftar LINE Bank pada tanggal 16 Juni 2021 dan menurut saya prosesnya sangat mudah dan cepat. Prosesnya mudah karena tampilan aplikasi  LINE Bank sangat simpel dan mudah dimengerti. Jika kalian pernah atau terbiasa menggunakan LINE sebagai aplikasi pesan instan, maka kalian akan mengerti karena mirip.

 

Pada bagian bawah terdapat 4 tab, yaitu Accounts, Timeline, Discover, dan more.  Pada bagian Accounts merupakan bagian yang menginformasikan pada kita mengenai seluruh sub-rekening pada akun kita. Di sini juga kita bisa melakukan transaksi seperti transfer, top up pulsa atau data, dan pembayaran tagihan. Dalam masing-masing sub-rekening terdapat link untuk menuju informasi kartu debit kita.

 

Tab timeline memungkinkan kita untuk melihat seluruh histori transaksi yang pernah kita lakukan. Tab discover memberikan kita berbagai macam informasi menganai seluruh fitur dan layanan yang dimiliki oleh LINE Bank. Yang terakhir adalah tab more yang berisi mengenai informasi akun kita, pengaturan, tanya jawab, fitur penarikan dana di ATM tanpa kartu, hingga fitur Call Hana.

 

Selain itu yang saya sukai dari sistem password dan pin di aplikasi LINE Bank adalah tampilan keyboard-nya. Tampilan keyboard angka dan alfabetnya tidak seperti pada umumnya yang saya sendiri kadang bingung tapi bikin lebih hati-hati juga saat membuka aplikasinya. Lalu untuk keamanan saat masuk aplikasi LINE Bank juga sudah bisa menggunakan finger print.

 

Kecepatan Proses

 

Pengalaman saya dalam proses pendaftaran sampai verifikasi video call sangat cepat. Beberapa orang yang sebelumnya mengulas tahap ini tidak begitu baik karena harus lama mengantre (video cal) seperti di bank biasa. Saya sendiri alhamdulillah sewaktu pencet tombol verifikasi langsung terhubung dengan petugas LINE Bank. Video call juga cukup sebentar untuk memastikan bahwa kita dan e-KTP yang didaftarkan adalah orang yang sama dan diberi sedikit pertanyaan seperti yang sudah kita isikan pada data informasi pribadi sebelumnya.

 

Setelah itu kita bisa memeriksa bahwa LINE Bank kita siap untuk digunakan.

 

Status Debit Card

Selanjutnya adalah mengajukan pencetakan kartu debit dari sub-rekening yang telah saya buat. Saya mengajukan satu saja untuk pencetakan. Pengajuan pencetakan kartu debit pertama tidak dikenakan biaya alias free. Namun jika ingin mengajukan pencetakan kembali dikenakan biaya sebesar 50.000 rupiah. Saat mencetak perhatikan alamat pengiriman kartu sudah betul atau belum. Kita bisa melihat status kartu debit yang kita ajukan, mulai dari diterima, dicetak sampai dikirim. Dalam proses ini saya butuh waktu satu minggu sampai kartu debit saya terima.

Menurut saya proses pengirimannya cukup cepat dan aman karena ditangani sendiri oleh pihak LINE Bank. Jadi saya tidak akan protes jika waktunya sampai satu minggu. Apalagi tidak ada biaya tambahan untuk pengiriman kartu debit kita.

 

Kekurangan dari LINE Bank untuk proses cetak dan kirim kartu debit adalah hanya sebatas Pulau Jawa saja. Di luar itu jika teman-teman mengajukan pembuatan kartu debit LINE Bank, teman-teman bisa mengambil sendiri kartunya di cabang Hana Bank terdekat.

 

Transfer, Top Up Pulsa/Data, dan Tagihan

 


Sejauh ini yang saya coba baru fitur top up pulsa dan yang lainnya adalah transfer ke rekening LINE Bank saya sendiri melalui rekening bank lain. Untuk top up pulsa masuknya cepat dan saat itu juga setelah menyelesaikan pembayaran. Sayangnya untuk fitur beli pulsa ini masih sangat terbatas, yaitu hanya Indosat, Telkomsel, XL, dan Axis. Pilihan nominal top up pulsa adalah 25.000, 50.000, dan 100.000. Pembayaran tagihan juga baru sebatas listrik PLN dan tagihan telepon pascabayar. Transferan saya dari rekening bank lain ke rekening LINE Bank saya juga cepat.

Yang saya suka dari layanan ini adalah tidak terdapat biaya admin bulanan untuk pembukaan sub-rekening. Selain itu tidak ada biaya tambahan untuk transfer ke rekening bank lain. Penarikan dana melalui ATM Bank Hana, ALTO, Prima, dan Bersama juga gratis.

Semoga selanjutnya bisa lebih banyak lagi opsi untuk fitur pembelian pulsa/data dan pembayaran tagihan.

 

Promo Cashback LINE Bank by Hana Bank

 


Saat ini sedang berlangsung promo cashback sebesar 150.000 rupiah dari LINE Bank yang berlangsung dari 10 Juni hingga 31 Agustus 2021. Sayarat untuk mendapatkan promo ini sebagai berikut:

  • Program promosi ini hanya berlaku bagi pengguna baru LINE Bank
  • Nasabah melakukan penempatan dana sebesar 500.000 rupiah selambat-lambatnya 7 hari sejak pembukaan rekening
  • Nasabah melakukan transaksi pembayaran tagihan (bill payment) melalui aplikasi LINE Bank by Hana Bank selambat-lambatnya 7 hari sejak pembukaan rekening
  • Memiliki saldo rata-rata harian minimum 500.000 rupiah sampai cashback dikreditkan ke rekening tabungan LINE Bank
  • Hadiah cashback 150.000 rupiah dikreditkan ke rekening nasabah maksumum 17 hari sejak pembukaan rekening

 

Pengalaman Promo Cashback

 

Saya mencoba menempatkan saldo di atas 500.000 sebelum 7 hari sejak pembukaan rekening. Lalu saya melakukan top up pulsa sebesar 25.000 melalui aplikasi LINE Bank. Berdasarkan persyaratan yang saya tulis sebelumnya tidak ada minimal nominal transaksi, jadi saya mencoba untuk beli pulsa dengan nominal terkecil.

Saya kira saya salah membaca persyaratan untuk mendapatkan cashback yang tertulis hanya pembayaran tagihan bukan pembelian pulsa. Saya sudah ikhlas kalau tidak dapat promo ini, setidaknya saya tahu bahwa cepat juga melakukan pembelian pulsa melalui LINE Bank. Tapi keesokan harinya saya mendapatkan notifikasi dari LINE Bank jika nominal 150.000 sudah dikreditkan di rekening tabungan saya.

 


Saran saya untuk teman-teman yang ingin membuka rekening LINE Bank by Hana Bank bisa lakukan sebelum tanggal 31 Agustus 2021 agar sama-sama bisa menikmati promo cashback 150.000. Selain promo tersebut juga terdapat promo lain berupa diskon untuk pembayaran Shopee, Tokopedia, Blibli, JD.ID, Indomaret, Alfamart, dan voucher Dana. Untuk syarat dan ketentuan promo lain yang berlaku bisa langsung menuju situs LINE Bank by Hana Bank.

 

Sekian untuk ulasan singkat mengenai LINE Bank by Hana Bank berdasarkan pengalaman saya sendiri. Semoga ke depannya LINE Bank by Hana Bank menambahkan banyak fitur dan layanan lain yang memungkinkan kita untuk lebih banyak pilihan bertraksaksi di dalam dan luar negeri, baik itu melalui aplikasi LINE Bank maupun yang nanti terhubungan di dalam aplikasi layanan pesan instan LINE.

 

 

Post a Comment

3 Comments