Wednesday, 24 December 2014

10 Lokasi yang Bisa Kamu Kunjungi di Surabaya

Kota Surabaya sudah menjadi kota yang super sibuk dengan kegiatan perdagangan dan jasanya sejak masa kolonial hingga sekarang. Namun dengan kesibukannya itu bukan berarti kita tidak bisa sejenak bersantai atau bahkan berwisata di kota ini. Tidak hanya pengunjung atau yang sedang memiliki keperluan bisnis, bagi orang Surabaya sendiri terkadang bingung memilih tempat untuk bersantai atau berjalan-jalan. Berikut tempat-tempat yang bisa anda jadikan referensi jika ingin menikmati Kota Surabaya.
  1. Tugu Pahlawan
    Tugu Pahlawan selain memiliki sebuah tugu sebgai daya tarik juga memiliki museum yg terletak di bawah tanah, Museum 10 November. Benda-benda yang dipamerkan tentu saja adalah yang berkaitan dengan perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan. Ada pula diorama statis yang menggambarkan keadaan saat itu, rekaman pidato suara asli Bung Tomo, dan kita juga bisa menonton film jaman perjuangan. Berkunjung ke Tugu Pahlawan tentunya bisa menambah semangat nasionalisme kita. Jika ingin menikmati area tamannya saja tidak dikenakan biaya retribusi masuk, namun untuk masuk ke museum dikenakan biaya lima ribu rupiah perorang dan untuk anak-anak gratis. 
    Tugu Pahlawan
    Foto Oleh: D. Indah Nurma
  2. Sunrise di Kenjeran
    Banyak yang beranggapan tidak ada sisi menarik dari pantai yang punya air laut senada dengan milo. Tapi jangan salah di THP kenjeran atau biasanya disebut Kenjeran lama menjadi tujuan utama bagi pencari  sunrise. Datanglah saat menjelang matahari terbit dengan membawa kamera dijamin anda akan terpukau. Selain itu angin yang sepoi-sepoi dan suara deburan ombak cukup membuat suasana hati damai saat berkunjung. 
    Sunrise di Pantai Kenjeran
    Foto Oleh: D. Indah Nurma
  3. Kawasan Ampel
    Berkunjung ke kawasan Ampel ini banyak sekali yang bisa kita lakukan. Karena kawasan Kampung Arab ini sudah ada jauh sebelum masa kemerdekaan, kita bisa berwisata sejarah, mengetahui keseharian masyarakat di sana dan mengagumi bangunan-bangunan tuanya. Bagi yang ingin berziarah ke makam Sunan Ampel sah-sah saja dilakukan sebagai bentuk terima kasih telah membawa Islam di Tanah Jawa khususnya Surabaya. Selain itu bisa juga wisata belanja suvenir khas Timur Tengah. Setelah puas berjalan-jalan boleh ditutup dengan wisata kuliner khas Timur Tengah yang banyak disuguhkan oleh restoran-restoran di Kawasan Ampel.
    Wisata Belanja di Ampe Suci
    Foto Oleh: D. Indah Nurma
  4. House of Sampoerna
    House of Sampoerna ini adalah museum mengenai rokok. Oleh karena itu anak-anak dibawah umur dilarang masuk tanpa dampingan orang tuanya. Di dalamnya ada museum, galeri seni, dan cafe. Museumnya sendiri menyajikan hal-hal mengenai sejarah rokok dan yang berkaitan dengan rokok. Di lantai dua ada workshop dimana kita bisa menyaksikan orang-orang melinting rokok dengab super cepat. Galeri seninya sendiri merupakan galeri tempat para seniman menunjukkan karyanya. Satu lagi yang menarik dari tempat ini, yaitu mereka menyediakan fasilitas keliling kota tua Surabaya dengan bus yang bernama Surabaya Heritage Track. Untuk menikmatinya saya sarankan reservasi dulu karena tiketnya cepat sekali penuh. 
    House of Sampoerna
    Foto Milik: D. Indah Nurma
  5. Monumen Kapal Selam: Kapal selam yang terdampar di tengah kota ini selalu menarik perhatian. Nama kapal selam ini adalah KRI Pasopati yang pernah turut serta dalam tugas pembebasan Irian Barat. Di dalamnya tentu saja kita bisa melihat bagian-bagian kapal selam seperti ruang mesin, torpedo, tempat tidur awak kapal, ruangan kapten, sampai kamar mandi. Bahkan foto-foto Kapten dan awak kapal juga tersusun rapi di dalamnya. Di bagian luar baru-baru ini dilengkapi dengan fasiliyas kolam renang anak-anak. Di ruang audio visualnya terdapat film mengenai tugas kapal selam ini di masa dahulu. 
    Monumen Kapal Selam
    Foto Oleh: D. Indah Nurma
  6. Ekowisata Mangrove Wonorejo
    Ekowisata Mangrove di Wonorejo sepertinya tidak main-main dalam menunjukkan keseriusannya sebagai tempat wisata. Karena saat ini semakin memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Saat berkunjung ke sana tentunya kita bisa berjalan di antara hutan mangrove. Tapi hati-hati terhadap barang-barang anda karena monyet penghuni hutan mangrove ini gesit dan suka menggoda.
    Ekowisata Mangrove Wonorejo
    Foto Oleh:Surabaya bagus
  7. Jembatan Suramadu
    Jembatan yang menjadi penghubung Surabaya dan Madura di sisi Bangkalan ini menjadi salah satu ikon Jawa Timur. Sayang sekali jika berkunjung ke Surabaya tapi tidak berfoto dengan latar belakang jembatan yang megah ini. Untuk berfoto dengan latar belakang jembatan ini bisa dilakukan di kaki jembatan sisi Surabaya. Jika ingin merasakan sensasi membelah Selat Madura bisa menyebrangi dengan membayar 3 ribu rupiah untuk sepeda motor dan tiga puluh ribu rupiah untuk mobil sekali menyeberang.
    Jembatan Suramadu dari sisi Surabaya
    Foto Oleh: D. Indah Nurma
  8. Kebun Binatang Surabaya
    Kebun Binatang ini dahulu pernah menjadi yang terlengkap se-Asia dan baru-baru ini konflik dan kematian koleksi satwa juga terdengar semakin meluas. Namun dibalik semua itu Kebun Binatang Surabaya (KBS) tetap layak sebagai tujuan wisata. Selain memiliki koleksi satwa, KBS juga menjadi ruang terbuka hijau yang luas tanpa perkerasan di Surabaya. Terbayang kan jika mengunjungi KBS, kita tidak hanya bisa melihat-lihat koleksi satwanya tapi juga bisa menghirup udara segar di tengah padatnya Kota Surabaya. Selain itu di bagian luar juga terdapat ikon Kota Surabaya yang menjadi andalan para wisatawan jika berkunjung di kota ini.
    Kebun Binatang Surabaya
    Sumber: Wikipedia
  9. Taman Bungkul
    Taman Bungkul ini sebenarnya diambil dari nama Mbah Bungkul, yaitu seorang tokoh penyebar Agama Islam yang makamnya terletak di belakang taman ini. Pemerintah Kota Surabaya kemudian membangun fasilitas umum untuk masyarakat bersosialisasi seperti yang kita lihat saat ini. Di hari minggu kawasan taman ini dipadati oleh orang-orang yang mengikuti kegiatan car free day. Kita juga bisa berwisata kuliner khas Surabaya di hari minggu karena banyak pedagang makanan seperti Semanggi Suroboyo dan jajanan khas lainnya.
    Taman Bungkul
    Sumber: http://www.es5press.com/
  10. Surabaya Carnival Night Market (SCNM)
    Pada pertengahan tahun 2014, pariwisata Surabaya diwarnai dengan hadirnya theme park baru bernuansa pasar malam. Meskipun bernuansa pasar`malam tidak berarti seperti yang sering kita jumpai. Selain wahana permainan juga terdapat museum-museum yang menunjukkan ciri khas Kota Surabaya. Surabaya Carnival Night Market yang terletak di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo ini buka mulai sore hingga malam hari. 
    Wahana Permainan di SCNM
    Sumber: Facebook SCNM
Itulah tempat-tempat yang mungkin bisa jadi pilihan saat berkunjung ke Surabaya. Tentunya masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi di Surabaya selain yang saya sebutkan di atas. Jadi apakah kalian pernah mengunjunginya atau pernah mengunjungi tempat menarik lain di saat di Surabaya?